Es Leci Segar

neng chika

Berawal dari mencoba menu minuman baru di restoran dekat rumah, ternyata suami dan anak saya Raka (3 tahun 2 bulan) suka sekali sama minuman ini. Daripada bolak-balik ke restoran hanya untuk beli minuman favorit, akhirnya saya iseng-iseng mencoba membuatnya di rumah dengan sedikit modifikasi.

Silakan dicoba, mudah sekali lho…

Bahan-bahan :

  • 1 bungkus jeli rasa leci (saya pakai Nutrijel)
  • 500 ml air
  • 5 botol susu probiotik kemasan (saya pakai Yakult), kalau suka rasa yang lebih asam bisa diganti dengan 2 botol  yoghurt rasa leci (saya pakai Cimory).
  • 1 kaleng buah leci dan airnya
  • Air putih matang dan es batu secukupnya

Cara Membuat:

  • Masak jeli rasa leci dan 500 ml air sampai matang, kemudian dinginkan dan potong dadu kecil-kecil. Saya membuat jelinya tanpa gula, soalnya nanti ada rasa manis juga dari air buah leci dan susu probiotik atau yoghurt.
  • Campur dan aduk dalam wadah ukuran sedang: jeli rasa leci yang sudah dipotong dadu kecil, 5 botol yakult atau 2 botol cimory rasa leci, 1 kaleng  buah leci + airnya.
  • Pada saat menuangkan buah leci kaleng dan airnya, masukan terlebih dahulu buah lecinya saja. Setelah itu masukkan airnya sedikit demi sedikit secukupnya sambil diaduk dan cicipi rasanya sesuai selera.
  • Tambahkan es batu secukupnya.
  • Kalau rasanya masih terlalu pekat, bisa menambahkan air matang sedikit demi sedikit sampai rasanya sesuai selera.
  • Lebih segar lagi kalau dimasukkan kulkas dulu sebelum disajikan.

Jeli juga bisa diganti dengan nata de coco, masukkan semua dengan airnya.

Untuk 5 gelas ukuran sedang.

Selamat mencoba…

26 Comments

  1. ninit
    ninit yunita December 7, 2012 at 6:03 am

    ihhh langsung pengen!
    kebayang segeeer banget. TFS resepnya yaa neng chika…

  2. neena_ardyanti
    neena December 7, 2012 at 8:11 am

    leci kesukaanku nih,ntar di rumah nyobain ah.. TFS mom.. :)

  3. ipeh
    Musdalifa Anas December 7, 2012 at 8:30 am

    Fav-in ah. Bikinnya mudah, patut dicobain. Sama dengan mama Neena, suka sama leci.

  4. siska.knoch
    Siska Knoch December 7, 2012 at 10:25 am

    Panas-panas baca ini langsung terpanggil bikin. syukur besok weekend bisa nyempetin blanja bahan2nya dulu.. tsf neng chika *rrr.. brasa ngomong ama diri sendiri* hihihi #abaikan

  5. daffiki
    -FIKi- December 7, 2012 at 10:25 am

    Siskaaaaa….ngilerrrr jadinyah…
    yuk pas klo kumpul2 dibuat nih resepnyah *weekend ini mau coba aaahhh*
    makasih ya buuuu :*

  6. neng chika
    Siska Kusumadewi December 7, 2012 at 10:33 am

    @ninit yunita :
    Abis lari minum ini seger banget deh Teh :)

    @neena :
    Yuukk bikin, gampang banget deh :)

    @Musdalifa Anas :
    Hayok Peh dicoba, bikin nagih deh heuheuheu

  7. neng chika
    Siska Kusumadewi December 7, 2012 at 10:49 am

    @Siska Knoch :
    Hihihihi.. btw es putri gandapura-nya chika juga favorit banget lho dirumah :)

    @-FIKi- :
    Hayok dicoba Fik, next playdate jadi menu wajib yaaa :p

  8. putrism
    Putri SM December 7, 2012 at 12:09 pm

    Seger banget kayanya *ngiler* :)
    Makasi resepnya mbaaak.. mau coba bikin jg ah ;)

  9. ifa
    ifa December 7, 2012 at 1:14 pm

    wah jd pengenn segerrr niann.. pas kbtln juga ada bahan” lainnya tinggal nitip beli leci pas suami pulang.. horee :D tfs y mom

  10. eka
    Eka Wulandari Gobel December 7, 2012 at 10:32 pm

    baca resep ini sengaja malem2, biar gak ngiler. ternyataaa..tetep ngiler! :D
    cara bikinnya mudah bange, TFS siska!

  11. neng chika
    Siska Kusumadewi December 10, 2012 at 12:40 pm

    @Putri SM :
    Yuukk dicoba, gampang banget deh :)

    @asri syarifah :
    bisa tambahin selasih juga kalo suka biar ‘rame’:D

    @Eka Wulandari Gobel :
    Hihihihi iyaaa beneran gampang banget :)

  12. mabhy24
    sarikembang December 10, 2012 at 1:52 pm

    Kyknya tauu deh restorannya yg pnya menu ini hihihi
    Soalny aku doyan jg pas nyobain,tp kmrn buatnya cm yakult+pepaya hahhaa adanya cm itu doank dikulkas ;p
    Eniwey makasih mba resepnya segera dicoba :D

  13. neng chika
    Siska Kusumadewi December 11, 2012 at 9:47 am

    @sarikembang :
    Hihihi..
    Pake apel atau pear juga enak kok :D

  14. nov afni
    sinta khairunnisa December 11, 2012 at 10:08 am

    huwaa..kayanya enaakk..makasi ya resepnya :)

  15. miss.rareni
    rare December 13, 2012 at 3:11 pm

    waah.. keqnya saya tau nih di resto mana. suka juga soalnya hihihi.. makasih mom resepnya :)

  16. mamashita
    Shita Utomo December 14, 2012 at 9:57 am

    *glek… kayanya enak bangett!

  17. neng chika
    Siska Kusumadewi December 14, 2012 at 3:03 pm

    @sinta khairunnisa :
    hai hai :) sama2
    yukkk dicoba :)

    @rare :
    Hihihihi seger banget yaaa..

    @Shita Utomo :
    Iyaaaa emang enak banget kok :)

  18. siska.knoch
    Siska Knoch December 14, 2012 at 11:27 pm

    Akhirya hari ini bikin, tadinya mau nunggu besok weekend.. tp denger mr. hubby kejebak macet berjam-jam lgs ngeluarin bahan2nya, dan.. alhamdulillah laku keraaasss hihi

    resepna betulan gampang ini bu ibu… sekali lg tfs ya chik!

  19. neng chika
    Siska Kusumadewi December 16, 2012 at 4:47 pm

    @Siska Knoch :
    Hihihihi
    Btw tadi dirumah juga nyobain modifikasi lain pake peach + aloe vera + selasih, yummmm segerrrr :)

  20. ruuzuly
    Ruliyani Nuzuly December 17, 2012 at 9:43 am

    Wuihhh asiiiik ada resep iniiii..
    Ini same banget sama salah satu minuman favoriteku di pi**a h**
    TFS ya mbaaakk ;)

  21. yenintand5
    yenintand5 December 17, 2012 at 9:56 am

    udah di cobain. enaak, segernya pas banget. tfs :)

  22. neng chika
    Siska Kusumadewi December 17, 2012 at 11:32 am

    @Ruliyani Nuzuly :
    Hihihi tossss :)

    @yenintand5 :
    yeayyy :)
    nagih ya segernya hehehe..

  23. intan rosemarry
    intan kagaffi December 17, 2012 at 4:40 pm

    ijin copas, mau tak coba dirumah buat si Hubby yang suka Leci :)

  24. almostabum
    citra kusumaninghati April 5, 2013 at 1:57 pm

    @siska, makasih yaaa..jd keinget pas ke Pi***H*t ada menu stipe ini smpt mikir, gimanaaa cara bikinnya. eee, tyt uda diposting di sini, asiiik..makasiiih lagiii

  25. neng chika
    Siska Kusumadewi April 5, 2013 at 2:21 pm

    @Intan :
    Silahkaannn :) Tosss suamiku juga banget leci hehehe..

    @Citra :
    Hehehehe.. selamat mencoba yaa :)

  26. Mir
    Marlin June 23, 2013 at 8:03 pm

    tadi pagi baru nyoba bikin… sueger ya…, aku pake yoghurt C*mory, cuma selain agar2 aku tambahin lidah buaya juga… maknyuuzz… TSF yaa

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.