Fasilitas Nursery Room di Tempat Kerja

eksinads

20120608-212927.jpg

Menurut saya, keberhasilan seorang ibu bekerja memberikan ASI perah ke bayi mencakup 3 hal: atasan yang pengertian dan mendukung, fasilitas kantor yg memadai, dan support group ibu menyusui di kantor. Alhamdulillah saya memiliki ketiganya. Such a luxury… Sekarang saya mau cerita tentang fasilitas nursery room di kantor saya yang digunakan ibu-ibu menyusui sebagai tempat untuk pumping ASIP.

20120608-212954.jpg20120608-213009.jpg

Nursery room ini terletak di lantai 6 tempat saya bekerja di sebuah gedung di daerah Mega Kuningan. Ruangan ini dilengkapi dengan 6 bilik pumping, 1 sofa nyaman, meja kecil, dan lemari es yang hanya boleh diisi oleh ASIP. Enam bilik pumping mungkin sepertinya sedikit, namun karena jadwal pumping yang berbeda, jarang sekali sampai penuh dan tidak dapat tempat untuk pumping. Rush hour untuk pumping biasanya sebelum makan siang dan sebelum jam pulang kantor.

20120608-213023.jpg

Di dalam bilik pumping disediakan kursi, meja kecil, tempat sampah, dan colokan listrik. Semua bilik ini dilengkapi tirai sehingga kegiatan pumping terasa nyaman & privasi terjaga. Karena tidak disediakan tisu, maka semua BuSui bergiliran untuk membeli tisu untuk digunakan bersama.

20120608-213030.jpg

Yang paling seru kalau kebetulan jadwal pumping bersamaan dan semua bilik penuh! Langsung ramai saling berbagi cerita tentang pengalaman ASIP, MPASI, cerita anak masing-masing yang lucu atau berbagi berita yang sedang hangat. Hal ini yang membuat saya senantiasa senang saat pumping, belum lagi dukungan BuSui lain yang menyemangati bahwa pasti bisa ASIX. Insya Allah…

Saat ini usia Alika masih 3 bulan 3 minggu. Mudah-mudahan dengan segala fasilitas yang tersedia, saya bisa memberikan ASIX kepada Alika & lanjut ASIP sampai 1 atau 2 tahun.

17 Comments

  1. nanad
    swastikha nadia June 24, 2012 at 12:34 pm

    wuiihh….kereeenn banget kantornyaa!!
    ngiri beraatt,kapan ya bisa kerja di kantor yg punya fasilitas ky gitu..
    sukses yaa perjuangan kasi asi-nya smg bisa smpe 2th..
    semangaaattt… :D

  2. otty
    Pangastuti Sri Handayani June 24, 2012 at 4:43 pm

    Bagus ya tempat pumpingnya :) Suka ngiri kalo liat yang kayak gini, di kantor gue ga ada (baru pindah lokasi kantor). Di lokasi kantor yang lama ada ruangan mompa dan lumayan banyak temennya jadi kalo kebetulan mompa bareng bisa cerita2 dan ga ngantuk. Seminggu terakhir baru masuk kerja di lokasi baru, mompa sendirian dan suka ngantuk hehe…

  3. eksinads
    Eksi Nadiasti June 24, 2012 at 4:53 pm

    @nadia iyaa alhamduillah nyaman bangeeet… Tp ini sebenernya baru 1 tahun sih umur ruangnnya hehehehe :-)
    @otty iyaa ini sebenernya baru setahun, dulunya sih di 1 ruangan kecil trus dikasih tirai jadi rame-rame disituu :-D

  4. bundanayasmin
    ika fitriana June 24, 2012 at 6:08 pm

    kereeen bgd…bersih private..nyamaan…seneng y klo kantor ngedukung bgd asix….dulu wktu msh ngantor di surabaya ada nursery room kecil..klo lagi pumping barengan seru saling cerita dan kasih semangat saat hasil pumping lagi menurun gara2 stress kerjaan..sekarang dah sebulan balik ke palu..di kantor belum ada nursery room..alhasil tiap mo mompa mesti muter2 cari ruangan…moga bisa punya nursery room kereen gitu..#ngarep…

  5. jasminetea
    Sinta Kurniawan June 24, 2012 at 7:54 pm

    saya pumping di toilet, mari bantu doa rame2, supaya owner mau buatkan nursery room

  6. siska.knoch
    Siska Knoch June 25, 2012 at 12:07 am

    wow….! nyaman dan bersih banget, lucky you mama :)
    waktu dulu masih kerja dan belum punya miguel ibu2 yg lagi pumping suka milih tempat di mushola karena ga ada tempat lain yg nyaman. ikut happy liatnya :)

  7. f1gurl
    Riga Saleh June 25, 2012 at 9:22 am

    Halo Eksi!
    Mau cerita sedikit aja nih, sebelum ada ruangan ini, “Ruang menyusui” di kantor kita itu gudang Facility Mgt yang ditaroin kulkas, 2 kursi dan 1 rak kecil. Ada tirai, tapi karena isi ruangan seringnya di atas 2 org, gak pernah dipakai tirainya.
    Kalau kursi penuh, minjem step ladder-nya OB buat dijadiin tempat duduk. Bisa sampe 6 orang lho, berjubel dalem gudang itu. Beberapa kali malah ada uang memerah sambil berdiri krn gak muat utk masukin kursi lagi. Jadi ruangan baru ini betul2 kemajuan buat semua Busui di kantor kita.

    BTW, ruangan ini belum ada 1 tahun. Mompa di kantor sampe Lebaran 2011, ruangan ini belum ada. Alhamdulillah, sekarang ruangannya udah bagus. Tunggu gue bergabung kembali yaaaa :)

  8. mamaarza
    Esni Wijayanti June 25, 2012 at 10:12 am

    waaaah eksinads, ok banget kantornya nyediain tempat pumping yang bagus, bersih dan nyaman :) thumbs up bgt deh
    ngiri banget deh, udah sampe 2 periode nyusuin di kantor skrg tetep blm dibikinin ruangan untuk pumping. Alhamdulillah masih bisa pumping di cubicle sambil ditutupin nursing apron, ngga harus pumping di toilet.
    semangaaaat :)

  9. sLesTa
    shinta lestari June 25, 2012 at 10:44 am

    kereenn.. seneng deh kalo ada perusahaan yang care ttg ini. sebenernya kan ini mendukung produktivity juga, karena ibu-ibu menyusui yang bekerja jadi lebih tenang bekerja karena bisa mompa kapan aja, karena udah disiapin tempatnya.

    alhamdulillah di kantor gue pun juga sama, disediain mother’s room begini, lengkap fasilitasnya. walopun kalo mompa gue ga pernah ketemu ibu2 yang lain sih hihi.. jadi ga pernah cerita2 seru ttg anak deh.

  10. ernanrea
    ernanrea June 25, 2012 at 12:33 pm

    kereeeennnnn…..

    salut banget buat manajemennya yg care sama kebutuhan sensitif karyawan wanita

    mudah2an di kantorku juga bisa menyusul ya, tapi gag terlalu berharap banyak, karena 80% karyawannya pria, hehehe….

    ikut seneng ^^

  11. eksinads
    Eksi Nadiasti June 25, 2012 at 4:13 pm

    @bundanayasmin semoga ya di tempat baru ada nursery room yang memadai. Seneng banget yaaa kalaua da yg menyemangatii :-)
    @jasminetea amiin amiin… Berdoa, dimulai ;-)
    @siska iyaaa, alhamdulillah beruntung. Pas mulai mompa, pas udah bagus nursery room-nya :-) hehehe
    @Riga ditunggu, mba riga :D hehehe
    @shinta waah sama2 ada ya nursery room, kalau ada temen cerita jadi seruu bangettt… Maklum anak pertama jd belum berpengalaman :-D
    @ernanrea hihihi alhamdulillah… Semoga di kantormu juga diadakan ya, meski cewe nya dikit :P hihihi

  12. Kira Kara
    Bunda Wiwit June 25, 2012 at 4:30 pm

    sangaaattt kereeeennnn.. Kapan coba gedung perkantoran di surabaya ada fasilitas kayak gini??? *melamun*

  13. Honey Josep
    Honey Josep June 25, 2012 at 5:09 pm

    kantor-nya keren!

    andai semua kantor begini ya, pasti ibu- ibu bekerja makin semangat pompa asi :)

  14. prastawa
    Nita Prastawaningrum June 26, 2012 at 6:01 am

    ya ampun eksi serunyaaaa…ada lowongan ga di kantor lo?? #loh?? LOL

  15. Ayudya
    Ayudya Brahmanti June 27, 2012 at 11:31 am

    ngiriii banget ngeliatnya….hehehhehe….
    alhamdulillah sekarang udah banyak banget perusahaan yg udah mulai care dan kasih fasilitas untuk para busui…
    tapi kayanya yg menjamur banget untuk fasilitas nursing roomnya baru kantor2 di Jakarta yak…?? di Surabaya kayanya masi jaraaanngg banget..semoga segera menyusul bersama dengan kota2 dan daerah2 d Indonesia lainnya :)

    btw kalo aku slm kurang lebih 3 minggu ini (balik kerja stlh abis masa cuti) pumping di toilet…pernah sekali nyoba di musholla tapi malah gak tenang dan hasil pumping kurang maksimal…jadi mencoba mencari tempat lain yg lebih tidak ramai dan akhirnya toilet lah pilihan satu2nya…heheheh…
    pastinya kurang higienis tapi that’s the only place…gimana lagi…bismillaaahh semoga bermanfaat dan bikin Luna tambah sehat saat minum hasil pumpingnya… :)

  16. desy wulansari
    Desy Wulansari June 27, 2012 at 2:25 pm

    Wah sangat iri sekaliiii..di kantor saya mompa di mushala, kalo lagi rame kudu pinjem meeting room. Lagipula cuma saya sendiri ibu menyusui, jadi gak ada teman berbagi, pengen join ke kantor Eksi..hehe dimana sih?

  17. eksinads
    Eksi Nadiasti June 27, 2012 at 6:08 pm

    @kira kara & @ayudya amiin amiiin… Semoga kantor di surabaya segera menyediakan nursing room yaa… Mom @ayudya, semoga Luna sehaaat yaaa… :-)
    @Mom Honey iyaaa semangaaat bangeeet… Bikin happy terus…
    @nits haiyaaah, bukannya situ enaaak, kantor udah kaya milik sendiri :-p hahahaa
    @mama polic mmhhh kasih tau gak ya :-p ahhaah operator telco bendera biru :-D

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.