Finger Painting Is Fun!

Bingung mencari aktivitas untuk si kecil? Mengapa tidak mencoba finger painting? Kegiatan ini bisa dilakukan oleh anak-anak mulai usia 1 tahun ke atas, serta bagus untuk motorik dan mengasah kemampuan si kecil mengenal warna. Kebetulan, Ara (22 bulan) sedang senang menggambar dan bermain warna, jadi kegiatan finger painting bisa menjadi alternatif yang menyenangkan untuk dicoba. Sebenarnya, ini bukan kali pertama Ara bermain finger painting, beberapa kali Ara mencobanya di childcare dan senang sekali, sekarang waktunya membuat finger painting di rumah.

Untuk aktivitas ini, bahan-bahan yang dibutuhkan sangatlah mudah, kegiatannya juga bisa dilakukan kapan saja, tapi sebaiknya dilakukan di luar ruangan agar lantai atau karpet tidak menjadi korban dan juga mudah untuk mengeringkan hasil finger painting. Berikut peralatan yang perlu disiapkan sebelum bermain finger painting:


  1. Cat air, sebaiknya yang washable, dan nontoxic

  2. Alas plastik, untuk menghindari cat air tumpah dan mengotori lantai

  3. Alas baju, seperti ponco khusus melukis, Ara tidak pakai karena tidak punya.

  4. Kertas atau media yang ingin dilukis

  5. Wadah untuk tempat cat air

  6. Tisu atau kain lap


Jika semua peralatan sudah tersedia, sebaiknya si kecil juga dalam keadaan kenyang dan tidak mengantuk agar kegiatan melukis tetap menyenangkan. Selanjutnya, biarkan si kecil berkreasi, baik menggunakan kuas ataupun jari-jari mungilnya. Jangan lupa, abadikan momen-momen kreatif si kecil dan pajang hasil karyanya di rumah.

"Look at me. Look at me. Look at me NOW. It is fun to have fun. But you have to know how." 
- Dr. Seuss, The Cat in The Hat -

Related Tags : ,,

4 Comments

  1. avatar
    dianik@ March 8, 2013 4:08 pm

    ada saran merk apa cat airnya?

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Rina Putri February 22, 2013 8:29 pm

    hihihih seru! Sigi gak suka nih finger painting, kayanya kesel ada cat nempel di tangannya, jadi hrs pk medium kuas, spon, kapas atau apapun. Mau dicobain lagi ah, siapa tau sekarang udah mau :D

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    marni uli saragih February 20, 2013 4:27 pm

    asyiiik.. py inspirasi maianan baru yg harus dicoba ma quin nih :)

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Seruni Sri Rahayu February 20, 2013 8:40 am

    Waaaaah iya banget mom, anakku Adam (3y, 10m) dari umur 1,5 tahun sukaaaaaa banget sama finger painting...awalnya sih dia geli megang cat nya tapi lama2 justru ketagihan....iya bener katanya finger painting ini bisa sekalian melatih motorik halus anak...jadi biarin deh belepotan sebentar, yang penting anaknya senang :)

    1. avatar

      As .