French Onion Soup

French onion soup. Hmmm, kalau pakai embel-embel 'french', terdengar seperti makanan fancy yang susah dibuat ya?

Ternyata tidak sama sekali! Apalagi hidangan ini dibuat pakai alat masak kesayangan para mama semua. Ya, mari kita ucapkan bersama-sama: slow cooker. French onion soup ini bahan-bahannya sederhana, saking sederhananya, sempat saya tidak percaya kalau sup seenak ini dapat dibuat dari kaldu sapi dan bawang. Tetapi setelah membuatnya sendiri, ternyata memang betulan enak. Untuk menghasilkan tumisan bawang yang enak buat sup, kuncinya adalah memasak cacahan bawang bombay sampai cukup layu, harum, dan warnanya kecoklatan caramelized.

Bahan-bahan:

  • 4 sdm mentega
  • 1 sdm minyak zaitun
  • 3 buah bawang bombay ukuran besar, iris halus
  • 100 ml air matang
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdm parsley iris halus
  • 1 cup jamur kancing/champignon iris
  • 1 liter air kaldu sapi atau ayam
  • Garam, lada, dan gula sesuai selera
  • 1/2 sdt bubuk thyme kering
  • 1 sdm tepung maizena + 3 sdm air dingin
  • Roti baguette, potong menyerong
  • Keju lembaran jenis 'quick melt'

Cara membuat:

1. Nyalakan slow cooker, pasang pada teraan panasĀ high. Masukkan irisan bawang bombay ke dalam slow cooker. Pada wajan terpisah, lelehkan mentega bersama minyak zaitun. Angkat, tuang semua ke atas irisan bawang bombay. Aduk rata lalu tutup slow cooker, diamkan selama 30 menit jangan dibuka-buka.

2. Setelah 30 menit, aduk irisan bawang lalu tutup kembali dan masak kembali selama 15 menit, tutupnya jangan dibuka-buka. Lakukan dua sampai tiga kali setiap 15 menit. Saat mengaduk bawang, beri sedikit air kalau bawang mulai lengket di dasar slow cooker. Amati jangan sampai bawangnya terlalu kecoklatan atau gosong.

3. Kalau bawang sudah cukup layu dan harum, masukkan cincangan bawang putih, peterseli serta jamur. Aduk rata, tutup dan diamkan selama 5 menit.

4. Masukkan air kaldu dan daun thyme. Aduk, tutup dan masak kembali selama 15 menit. Beri garam, gula dan bubuk lada sesuai selera. Kalau ingin sup yang agak kental: aduk 1 sdm tepung maizena dengan 3 sdm air dingin, tuangkan ke dalam sup dan aduk rata sampai sup mengental.

5. Siapkan 4 atau 5 mangkuk keramik tahan panas, tata dalam loyang panggang. Panaskan oven pada suhu 180'C.Potong roti baguette menyerong, kira-kira setebal 2 cm.

6. Matikan slow cooker, tuang sup ke dalam masing-masing mangkuk. Letakkan sepotong roti baguette di permukaan sup, beri taburan keju dan sedikit cincangan daun peterseli. Panggang sup selama 15 menit atau sampai roti agak garing keemasan dan keju sudah meleleh.

7. Sajikan sup selagi hangat.


Kalau lihat tahapan memasaknya, memang, french onion soup ini bukan hidangan sup 'cemplung-langsung jadi'. Tetapi bagi Urban mama yang penasaran ingin membuat hidangan unik a la restoran menggunakan slow cooker, resep sup ini dapat menjadi salah satu ide. Selamat mencoba, Urban mama!

5 Comments

  1. avatar
    hanana fajar October 3, 2016 8:22 am

    pagi-pagi liat ini jadi laper hiks hehe... tfs mama Aini:)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Siska Knoch October 2, 2016 9:57 pm

    Aiii,,,, resep dan fotonya selalu bikin ngilerrrrr :D

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Eka Gobel October 2, 2016 9:25 pm

    Aduuuh aiii..jadi lapeeerrr...mau coba buat ah

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    zata ligouw October 1, 2016 9:46 am

    awww enak banget keliatannya Aii.., mauuu..

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Cindy Vania October 1, 2016 8:22 am

    Kok kayaknya enak banget sih teh Aiii?
    Tapi aku ga punya slowcooker, huhuhu.. kalo bikinnya lama, mending nunggu dikirim sama teh Aini aja deh :P

    1. avatar

      As .