Gita Jayanti

The Urban Mama
Gita Jayanti (26thn), Internal Auditor in Oil & Gas Company, married to Zulner M. Nouraddine (30thn), Graphic Designer, Hotel Management. They have a cute son, Raka Narendra (1thn).

Ketika memasuki usia 20 tahun, diam-diam saya menyimpan segala artikel yang berhubungan dengan pernikahan. Saya tahu siapa saja desainer kebaya pengantin, berapa biaya dekorasi, katering apa yang menjadi favorit, kapasitas gedung resepsi hingga dimana tempat memesan undangan dan membeli souvenir pernikahan. Saya sampai memiliki “wedding planner list” yang intinya merencanakan pernikahan idaman dari list A-Z. Target saya simple, saya harus menikah sebelum atau maksimal hingga saya berusia 25 tahun.

Have I lost my mind? usia saya kan masih muda, mestinya saya fokus terhadap karir dan bukan urusan rumah tangga. Menikah itu kan gak gratis, pasti ada biaya yang harus dikeluarkan dan jumlahnya juga tidak sedikit. Belum lagi, ketika berumah tangga, terkadang uang bisa menjadi sumber masalah. Namun, saya ingin seperti Ibu, beliau menikah diusia 21 tahun dan melahirkan saya setahun kemudian. Sekarang, jika kami jalan berdua, orang-orang malah mengira saya ini adiknya. Walaupun saya baru saja lulus kuliah dan mulai bekerja di perusahaan asing, saya tetap dengan target semula karena bagi saya rezeki itu sudah ada yang mengatur.

Menginjak usia 24 tahun, koleksi “wedding list” sudah lengkap, mulai dari artikel tentang model kebaya Anne Avantie hingga dekorasi pelaminan ala Maroko. Saya jadi tahu tentang segala jenis bunga dekorasi sampai menjadi anggota pasif di salah satu milis yang membahas tentang pernikahan. Lalu apa yang kurang? Belum ada calon pengantin pria yang menemani saya berdiri di pelaminan. Yup, mendadak saya seperti tokoh yang diperankan oleh Katherine Heigl di film “27 Dresses”, memimpikan pernikahan, rajin jadi “bridesmaid” hanya saja belum bertemu “Romeo”. Saya memang dekat dengan seorang pria, tapi hubungan kami tidak pernah serius, hanya sebatas teman tanpa status. Deadline saya tinggal setahun lagi dan yang saya punya untuk memenuhi target saya hanya si “wedding list”. Akhirnya setelah sholat istikharah, saya menyudahi hubungan tanpa status yang berjalan cukup lama, saya pikir jika memang Allah mengizinkan target saya terpenuhi, maka dia akan menunjukkan jalan bagi saya. Manusia hanya bisa berencana sementara selebihnya pasrah dan berdoa.

Sebulan setelah putus dari hubungan tanpa status, saya dipertemukan dengan seorang pria oleh teman. Kami memiliki ketertarikan yang sama, mulai dari musik hingga film. Dengannya, saya lebih santai dan sejenak lupa dengan target konyol itu, tanpa malu dan takut dianggap aneh, saya menceritakan tentang “wedding list”. Diapun hanya tertawa dan tidak menghakimi saya dengan pemikiran macam-macam. Deadline saya tinggal 1 tahun lagi, tapi jika saya tidak berhasil memenuhi, ya sudah saya rela, toh mungkin Allah memberikan jalan lain bagi saya.

Our Pre-Wedding photoshoot.

Di usia 4 bulan hubungan kami, pria yang berprofesi sebagai graphic designer/musisi ini malah mengajak saya menikah. Saya panik bukan main. Bagaimana tidak, kami baru mengenal selama 4 bulan, dan dengan profesinya sebagai “seniman”, apakah kedua orang tua saya merestui begitu saja? Ternyata, Allah Maha Baik, kedua orang tua saya memberikan restu dan kami menikah 3 bulan kemudian.

Siapa yang mengira, di saat saya melupakan target dan deadline konyol itu, saya dipertemukan dengan jodoh. Dan mendadak, “wedding list” hasil koleksi selama hampir 4 tahun itu menjadi sahabat terbaik. Ketika merencanakan akad nikah dan resepsi, saya memilih gedung, desainer kebaya hingga desain undangan berdasarkan panduan “wedding list” tersebut. Siapa yang akan menyangka, ternyata pada akhirnya “wedding list” itu berguna juga.

Resmi berkenalan di bulan December 2008, menikah di bulan Agustus 2009. Dan ya, saya menikah di usia 24 tahun.

Mission Accomplished!

Ibu dan adik di pernikahan saya.

Saat ini usia pernikahan menginjak 2 tahun, setiap hari yang saya lalui dengan suami bak berpetualang ala Pirates of Carribean, seru dan menyenangkan  yang seringkali dihiasi dengan argumentasi antara kami.

Tidak lama setelah menikmati bulan madu, saya hamil. Sungguh, nikmat yang luar biasa. Berbeda dengan target menikah dulu, saya tidak pernah berencana memiliki anak begitu cepat, namun  Allah memang Maha Pengasih, sekarang di usia 26 tahun, saya sudah memiliki keluarga kecil.

Apa kabarnya dengan “wedding list”? Saya masih menyimpannya, bagi saya “wedding list” tadi sudah seperti silent partner, mengingatkan saya tentang bagaimana saya pernah berencana dan justru ketika saya pasrah terhadap rencana tersebut, Sang Pencipta malah mewujudkannya. Terkadang, ada baiknya kita berserah diri terhadap segala rencana yang telah dibuat.

Suatu hari nanti, “wedding list” itu akan saya wariskan kepada adik, saudara hingga teman-teman dekat yang membutuhkan. Atau malah saya buka saja ya jasa wedding planner dengan “wedding list” tadi sebagai panduan? Patut dijadikan pertimbangan sepertinya. ;)

30 Comments

  1. Lilik
    Lilik June 1, 2011 at 7:34 am

    selalu salut ama yg mutusin nikah muda ;)
    tfs Gita, mudah2an kelg-nya bahagia selalu yaa …
    sun sayang buat si ganteng Raka :)

    1. rockinraka
      Gita Jayanti June 11, 2011 at 11:45 pm

      amiiiiin…thanks mbak, sun balik dari raka :D

  2. momlicious
    Junita June 1, 2011 at 8:14 am

    seneng bacanya, bukan hanya karena ceritanya happy ending aja(mission accomplished) but also spiritual lesson from your journey. I am also a believer that happiness is a journey, not a destination:)

  3. crey
    Chrisye Wenas June 1, 2011 at 8:17 am

    Hi Gita, salam kenal ya *shake hand*
    Salah satu contoh “dreams do happen” dan “be careful what you wish for” yaaa :))
    seneng baca ceritanya dan pre-wednya keren! ketemu nih kayanya di JRL tahun ini hahaha…
    Kiss2 buat Raka yang ganteng :*

    1. rockinraka
      Gita Jayanti June 12, 2011 at 12:57 am

      hi mba’..salam kenal jg

      Luckily, mimpi & harapannya berjalan dengan lancar dan dapat restu dari yang Diatas , hehe

      horee, mari bersua di JRL kita..klo nyari aku, cari yang pake kaos AC/DC aja yaah :D

  4. dekania
    Dewi Kania June 1, 2011 at 9:21 am

    Hi Gita, salah kenal..
    Baca cerita ini ky flashback ceritaku dgn suami. Cerita bahkan kronologis cerita koq bisa miriiiip ya. Aku dari dulu pingin nikah muda, max umur 25 (tapi bedanya aku ga punya wedding list :))
    Aku skrg jg 26 tahun, suamiku umur 30, dan aku menikah bln Juli 2009 dgn suamiku yg baru kukenal bln Nov 2008. (nah lho beda sebulan doang !:D)
    Sampe skrg masih suka berasa amazing dgn keputusan kita menikah dgn waktu perkenalan yg singkat, tapi sampai skrg jg tidak pernah berhenti bersyukur atas jalan yg diberikan Allah kpd kita. Skrg alhamdulillah aku diberikan kepercayaan seorang putri, Talita yg membuatku selalu belajar, belajar dan bersyukur.

    1. d1andra7
      diandra June 3, 2011 at 10:08 am

      dekaaaaan!!!!!!!!! apa kabaaar????? ya ampun, tnyata gtu toh crta cinta lo, baru tau nya dsni :p sun bt Talita ya dr abang Ben :*

      ps : maap numpang nyapa tmen lama xixi

      1. dekania
        Dewi Kania June 3, 2011 at 3:38 pm

        Waw mommy Ben !! udah jadi emak2 aja ya kita !!
        Happy 2nd birthday buat abang Ben ganteng & happy …th buat mommy nya ya… (isi sendiri biar tetep merasa muda) xixixi…
        *maap jg numpang bales nyapa tmn disini*

    2. rockinraka
      Gita Jayanti June 12, 2011 at 1:09 am

      hoola Mamanya Talita,

      aku sama suami jg masih suka heran sendiri soal masa pdkt kita yang kilat ibarat naik bus pantura..sampai keputusan kita berdua buat menikah

      mungkin memang jalan yang dikasih Allah demikian ya, hehe

      sekarang walaupun udh nikah & punya anak, aku sama suami rasanya kaya’ masih pacaran (maklum, buat nebus masa pacaran kita yang singkat, hehe)

  5. elfrida
    elfrida June 1, 2011 at 3:58 pm

    mbk…boleh dibagi gag wedding listnya???

    1. rockinraka
      Gita Jayanti June 12, 2011 at 12:24 am

      boleh banget…masih ada koq, aku jg tetep ikutan jadi anggota pasif/aktif “milis wedding” itu, hahaha..

  6. PiNkmomma
    PiNkmomma June 1, 2011 at 11:28 pm

    Hi Gita, salam kenal :)
    Iya Mama nya masih muda dan cantik banget :)

    1. rockinraka
      Gita Jayanti June 12, 2011 at 1:11 am

      halo salam kenal jg

      alhamdulillah, si mama pasti ge’er nih klo dikasih tau :D

  7. ninit
    ninit yunita June 2, 2011 at 7:36 am

    git!
    itu foto pre-wed-nya keren ih! haha ac dc & metallica berpelukan.

    1. rockinraka
      Gita Jayanti June 12, 2011 at 1:11 am

      iya mba’ , saya sama suami anak metal ceritanya :D

  8. princess analyze
    princess analyze June 2, 2011 at 9:10 am

    saat ini cm segelintir cewe yg berani nikah muda, gw salah satunya, nikah umur 23 tahun masih kuliah pula… swami baru ajah lulus sarjana alias job seeker. alhamdulillah skarang udah mapan ekonomi n anak baru 2 msh mau nambah hehe… gud luck mbak gita…

    1. rockinraka
      Gita Jayanti June 12, 2011 at 12:23 am

      yup, beda sama jaman dulu yah, skrg mikirnya ngumpulin materi dulu baru nikah, aku jg sempet begitu, tapi kalo nunggu ngumpulin ini dan itu, mau nunggu sampai kapan?? manusia kan ga’ pernah ada puasnya.. :D

      akhirnya, go with the flow, rezeki kan udh ada yang ngatur bukan? hehe

  9. d1andra7
    diandra June 3, 2011 at 10:07 am

    WOW!!!! salut sama smua org yg brani nikah muda…. gw pun dulu nikah muda 24th dgn suami yg baru aja ultah ke-23 ;p

    mdh2n keluarga kecil nya sll dlimpahi berkah yaaaa, amiiiin!!! stuju ama teh ninit, suka bgt ama prewed pic nya

    ps : kayanya mcem familiar d ama nama n muka nya, jgn2 tmen skolah dulu ato smpt ktmu di event oil& gas ya , anyway, salam kenal!!! *shakehand

    1. rockinraka
      Gita Jayanti June 12, 2011 at 1:17 am

      hi diandra *shake hand

      amiiiiiiiin..rupanya yang nikah muda banyak jg yaaw, buat gengnya aja apa?? hehe

      nah lho, jangan2 kita pernah ketemuan dimana gitu ya :D

  10. eka
    Eka Wulandari Gobel June 4, 2011 at 10:16 pm

    gita,
    Lucu gt prewed photo nya…
    kyk lg nyari koin yg ilang :)

    Sama git, dulu punya cita2 nikah muda. Umur 23 malah targetnya. Dan sama2 punya wedding planner list, gara2 sering ikutan ngurus2in nikahannya kakak2, sepupu & sahabat deket.
    Senengnya, wedding planner listnya itu kompakan dengan maunya ibu. Jd pas nikah, tinggal contreng2 aja, ga pake ribet :)

    Dan bener git, ga punya pasangan bukan berarti ga perlu bikin wedding planner list. krn pas waktunya tiba, semuanya jd klop :)

    Ooh yaaa..jd inget. Wkt temenku mau nikah, gw ikutan pilih2 desain undangan. Lalu, gw & temen gw jatuh cinta sama 1 contoh undangan yg sederhana. Kita saat itu gak kenal sama pasangan yg photonya ada di undangan itu.
    Dan tau nggaaak.. Itu undangan nikahnya Ninit Yunita & Adhitya Mulya :)
    Bisa ya, kayak gt.. :)

    1. rockinraka
      Gita Jayanti June 12, 2011 at 12:46 am

      haha..dari jaman foto pre-wed sampai udh punya anak satu, koinnya belum ketemu2 jg nih mba’

      ternyata ga’ cuma aku seorang yah yang punya
      “buku sakti”, mba’ eka jg punya list yang sama yaah?? toss dulu kita :D

      awal ngumpulin artikel2 wedding, aku suka ketawa sendiri, konyol banget kalau dipikir2, punya pacar aja gak, tapi koq ya mikirnya udh beberapa langkah kedepan ..what the heck, wedding materials are my weakness, alhasil terciptalah wedding list dan seperti mba’ eka bilang list itu jadi penyelamat ketika saat yang dinanti2 tiba..hehe

  11. fifi wicaksono
    fifi wicaksono June 6, 2011 at 7:38 pm

    salutttt banget,,,
    smoga jd keluarga sakinah mawaddah wa rohmah yaaa,, :) *qiqiqii spt ucapan selamat d wedding card* :D
    sun sayang utk raka ganteng yaakk,,
    anyway,, prewed photo keyennn bangettt euyy,,

    1. rockinraka
      Gita Jayanti June 12, 2011 at 12:29 am

      amiiiin, thanks yah buat ucapan selamat ala wedding card nya mba’ fifi… :D

      sun balik dari Raka niiih,hehe

  12. qiqi
    Rizky Kurniani June 9, 2011 at 2:56 pm

    Salam kenal Git..
    ternyata ada jg yg punya pengalaman sama, tp bedanya gw ga punya wedding list.
    ngayal pengen merit di usia 24 tp ga punya calon trus sambil bcanda suka bilang mau nyebar undangan yg nama mempelai pria nya dikosongin. hihi..
    gw jg setelah nyelesain hubungan tanpa status terus akhirnya ketemu ama suami dah lgsng nikah 11 bulan kemudian.
    oke, moga keluarga kecilnya selalu bahagia y.

  13. mamaronald
    Karina Lenzun June 10, 2011 at 3:16 pm

    waduh,, aku malah nikah di usia 21 taun.. :)
    terlalu muda mungkin kata orang..
    tapi dengan suamiku yg sudah berusia 34 tahun saat kami menikah 29 Januari 2010 lalu,, aku rasa tidak akan jd masalah.. :)
    dan terbukti benar..
    5 bulan setelah menikah,, aku positif dinyatakan hamil..
    bulan februari tahun ini,, ronald -jagoan kecilku- lahir..
    aku pun akhirnya sdh memiliki keluarga kecil d usiaku yg akan menginjak 23 tahun di bulan november 2011 nanti..
    keputusan yg tidak mudah utk menikah d usia muda,,
    tp aku tlah menjalaninya dan aku sama sekali tidak menyesal.. :)

    1. rockinraka
      Gita Jayanti June 12, 2011 at 12:16 am

      waaaw Mamanya Ronald, saluuut!!
      lbh muda daripada aku dong nikahnya :D

      age doesn’t matter!! hehe, banyak yang pesimis sama orang-orang yg nikah di usia muda, dianggap masih labil dan belum “mature” kadang malah dikira nikahnya krn “Kecelakaan”, tapi usia kan gak jadi jaminan apakah suatu pernikahan bisa langgeng atau gak’, yang penting komitmen dari masing-masing pasangan

      serunya lagi begitu si kecil dewasa, jarak mama sama anaknya ga’ beda jauh, bisa dikirain ade’ kakak deh kalo jalan ke mall.. :)

  14. isyana
    isyana natalia June 10, 2011 at 4:50 pm

    haloo gita..
    gw kenal nourie dikit, sama sama orang padang haha.. gw suka banget liat prewednya dulu.. lucu..
    oh gini toh background ceritanya, tambah lucu lagi. cukup bernyali besar berumah tangga usia muda ya. i guess itu namanya soulmate ya. semoga semakin seru buat keluarga kecilnya.
    salam buat nourie ya.. salam kenal buat raka.

  15. siska.knoch
    Siska Knoch June 15, 2011 at 4:08 pm

    Suka baca ceritanyaa,,, *nyenengin* sukses terus sama keluarga kecilnya yaaa :)

  16. mamarumi
    Zara Zestya June 19, 2011 at 1:05 am

    Baru ngeh kalo mbak Gita ini Gita-nya Norie pas liat fotonya hihihi… baru tau juga kalo ‘background story’-nya kayak gini. salam kenal ya :) Salam juga buat Norie dan Raka :D

    - dimas, zara, rumi -

  17. AyuToda
    AyuToda September 28, 2011 at 2:54 pm

    Ternyata bukan saya saja yang berkeinginan menikah di usia muda :)hehe

    Alhamdulillah setelah mengumpulkan keberanian serta mendapat calon pasangan yang diridhoi oleh ibu saya,,,saya menikah diusia 21 tahun (padahal belum lulus kuliah) :D … dan sekarang saya menikmati menjadi ibu muda :D …*wah jd curcol,,,

    Oia, salam kenal Mbak Gita … :)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.