Going to Mecca

rainiw

Judul: Going to Mecca (hardcover)
Karangan: Na’ima B. Robert (penulis) & Valentina Cavallini (ilustrator)
Penerbit: Frances Lincoln Children’s Book (2012)
Bahasa: Inggris
Usia: 5-11 tahun
ISBN: 978-1847801531

 

Going to Mecca berkisah tentang sebuah keluarga yang melakukan perjalanan ibadah haji. Dalam buku ini, haji digambarkan sebagai ‘a journey of patience‘ dan ‘the journey of a lifetime‘ bagi umat muslim. Semua dituturkan secara indah dengan kalimat-kalimat sederhana yang dibuat seperti bersajak.

Saya dan suami membacakan buku ini kepada Alma untuk mulai mengenalkan seperti apa ibadah haji yang menjadi rukun islam kelima dan apa kisah yang berada di balik perayaan Idul Adha. Saat membaca bukunya, beberapa kali Alma bertanya tentang bangunan hitam yang berada di tengah kerumunan orang (dan kamipun mengulang cerita tentang Ka’bah), atau mengapa semua orang dalam bukunya mengenakan baju putih-putih tetapi wajah, warna kulit serta kondisi tubuhnya berbeda-beda (dalam buku ini para jamaah haji digambarkan hampir semua berpakaian putih-putih namun dengan warna kulit berragam serta beberapa digambarkan didorong dengan kursi roda, menggambarkan mereka datang dari berbagai tempat, suku bangsa serta dengan berbagai kondisi).

Selain penuturan ceritanya yang sederhana namun indah, saya menyukai ilustrasinya yang penuh warna dan unik dibuat dari tempelan kolase. Dengan singkat dikisahkan pula sa’i antara Safaa dan Marwah yang awalnya dilakukan Siti Hajar (istri nabi Ibrahim A.S), kala itu berlari-lari mencari sumber air di tengah padang pasir untuk anaknya, Ismail A.S, yang menangis kehausan. Perayaan idul adha dengan memberikan hewan kurban sendiri hanya dijelaskan sekilas sebagai ‘…the sacrifice that will feed the poor‘, namun tidak mengurangi makna cerita dalam buku yang lebih menggambarkan tentang ritual ibadah haji.

Buku ini memang bukan berupa panduan manasik haji untuk anak-anak yang dilengkapi kumpulan do’a, tetapi menurut saya, untuk ukuran buku cerita anak-anak cukup simpel namun menyeluruh menceritakan tahapan ibadah haji dari mulai mengenakan ihram di miqat sampai dengan tawaf wada’. Bagi Urban mama dan papa yang sedang mencari buku cerita sederhana untuk mengenalkan ibadah haji kepada anak-anak, saya merekomendasikan buku ini. Adapun bukunya bisa ditemukan di amazon.com ($13.86), bookdepository.com, dan abebooks.com.

7 Comments

  1. ZataLigouw
    Zata Ligouw October 5, 2014 at 9:55 am

    ahh gambarnya pun indah ya Ai..

    bagus kayaknya. Makasih review-nya yaa..

  2. ninit
    ninit yunita October 5, 2014 at 1:36 pm

    suka banget sama ilustrasinya… cerita yang simple memang pas buat pemahaman anak2 ya. ntar mau order ah via bookdepository :)

    thanks ai! selamat hari raya yaaa…

  3. ipeh
    Musdalifa Anas October 6, 2014 at 9:17 am

    Bukunya bagus. Udah lama gak mampir ke toko buku, semoga ada buku serupa tentang perjalanan haji versi indonesia di sini. Tfs ya ai

  4. eka
    Eka Wulandari Gobel October 7, 2014 at 8:33 am

    bagus banget ya ai, isi bukunya. ilustrasinya juga bagus, warna warni. selain menarik buat anak-anak,orangtua yg bacain juga seneng ya bacanya :)
    asyik ya ai, di sana banyak buku-buku bagus.

  5. thalia
    thalia kamarga October 8, 2014 at 10:41 am

    gambarnya lucu bangeeet!!

  6. mamadino
    Angie Renata October 8, 2014 at 1:21 pm

    Gambarnyaaa!
    Bener Ai, aku kadang suka susah jelasin apa itu haji, umrah sm anip. Soalnya kebanyakan liat dari sisi praktek ibadahnya hehe. Seru ya jelasin dari banyak sisi lain kaya warna kulit & sejarahnya…pengen ih. TFS ya Ai :)

  7. siska.knoch
    Siska Knoch October 11, 2014 at 10:26 am

    gamabrnya bagus dan lucuuu….
    pas bgt minggu depan Miguel ada latihan manasik haji di TKnya, pengen bgt buku ini.
    sayang ga ada di Gramedia ya :(
    btw tfs aiii :) *masukin list buku*

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.