Grhatama Pustaka, Perpustakaan Daerah yang Ramah Anak

Di Jogja ada dua perpustakaan milik pemerintah yang saya tahu memiliki area khusus anak, yaitu Perpustakaan Kota Yogyakarta dan Ghratama Pustaka. Yang saya sebut terakhir merupakan perpustakaan daerah yang menempati gedung baru dan memiliki area khusus anak yang lengkap: area baca, area bermain, dan area dolanan anak (saya tidak terlalu yakin karena saat itu ruangannya terkunci). Pertama kali ke Grhatama, perpus anaknya belum dibuka. Setelah beberapa waktu mengagendakan kembali, akhirnya saya dan keluarga berkesempatan ke sana beberapa waktu lalu.

Nah, saat masuk ke dalam ruang perpustakaan anak, kita akan diminta mengisi buku tamu. Petugas bagian pendaftaran sempat berkomentar, mengapa bayi saya tidak diajak ke ruang bermain saja. Saya tidak tahu ruangan tersebut, jadi saya ajak Argi dan kakaknya. Tas saya titipkan di sebelah meja pendaftaran, namun hanya diletakkan saja di lantai. Ada juga tas kain bernomor, yang kemudian saya tahu bahwa itu adalah tas alas kaki.

Untungnya ada beberapa seri ensiklopedinya ada yang bertema dinosaurus. Kami pun membaca-baca sekitar setengah jam hingga tidak ada lagi buku dinosaurus yang tersisa. Argi ternyata sudah dibawa ayah keluar ruangan karena bosan. Si bungsu memang lebih suka bermain di luar. Setelah selesai, kami pun ke luar menyusul Ayah dan Argi ke ruang bermain. Namun sandal kami hilang! Ternyata, jika alas kaki kita tidak dibawa masuk ruangan (dan dimasukkan ke tas yang tersedia), maka bersiaplah menemukannya di kotak pembuangan alas kaki! Saya akui, ide ini bagus sekali untuk membuat pengunjung disiplin menaati peraturan, dan tentu saja mencegah area depan pintu penuh alas kaki berserakan.

We spent like half an hour here. Ayah masih bisa sambil buka-buka hp (soalnya tidak ada yang minta dibacakan buku atau digendong). Saya masih bisa foto-foto sambil mengawasi anak-anak. Suasana yang sepi pun masih memungkinkan saya menyusui di dalam ruangan dengan mengambil sudut yang aman. Setelah sesi selesai, tiba saatnya saya mengunjungi lantai atas untuk melihat koleksi perpustakaan umum.

Secara umum, saya bersyukur kedua anak saya senang dengan kunjungan ini. Looking forward for the next visit. Semoga buku bacaannya bertambah ya! 

 

14 Comments

  1. avatar
    Nurohmah Kurniatun January 9, 2018 7:19 pm

    Wah, seru sekali. Saya baru berniat berkunjung ke sana, belum jadi2. Bikin tambah mupeng.

    1. avatar
      adhisti rahadi January 11, 2018 2:42 pm

      Ayo Mbak, diagendakan :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  2. avatar
    dieta hadi January 8, 2018 7:11 pm

    wah seru yaaa perpusnya bagus dan rapi banget.

    1. avatar
      adhisti rahadi January 11, 2018 2:42 pm

      Betul Mama Dieta :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  3. avatar
    ninit yunita January 8, 2018 11:12 am

    woww keren banget ini perpustakaan di jogja! menyenangkan ada area bermain buat anak-anak. semoga menginspirasi kota-kota lain nih untuk punya perpus yang keren seperti ini.

    1. avatar
      adhisti rahadi January 11, 2018 2:44 pm

      Iya Teh, area bermainnya bisa bikin betah anak yang usianya lebih muda..jadi kakak adik happy semua :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  4. avatar
    Eka Gobel January 8, 2018 10:26 am

    Lucu ya perpustakaannya. Senang deh mulai banyak perpustakaan bagus di daerah2. Semoga kebersihan ketertibannya terjaga dan koleksi bukunya makin banyak dan bagus. Tfs disty!

    1. avatar
      adhisti rahadi January 11, 2018 4:10 pm

      Aamiin...sama2 Mbak!

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  5. avatar
    hanana fajar January 8, 2018 10:13 am

    perpusnya bikin mupeng deh!

    1. avatar
      adhisti rahadi January 11, 2018 4:11 pm

      Bagus ya Ma :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.