Gurame Woku Belanga

eka

Salah satu lauk kesukaan keluarga di rumah adalah ikan woku belanga. Biasanya saya menggunakan ikan mas atau paha ayam. Kali ini saya menggunakan ikan gurame, salah satu ikan kesukaan Dante. Saya menggunakan ikan gurame karena dagingnya tebal dan durinya sedikit dan besar-besar, jadi tidak khawatir Enzo dan Dante tersedak duri saat memakannya.

Bahan:

  • 1 kg ikan gurame
  • 1 ruas jahe ditumbuk halus
  • 1 buah jeruk nipis
  • 1 batang daun bawang
  • 2 batang serai dimemarkan
  • 5 lembar daun jeruk
  • 5 lembar daun salam
  • 10 lembar daun kemangi
  • 1 butir tomat (potong-potong)
  • 2 siung bawang merah (goreng)
  • 250 cc air matang dingin
  • 5 sendok makan minyak untuk menumis
  • Merica, Garam, & Gula secukupnya

Bumbu, dihaluskan:

  • 2 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 1 ruas jahe
  • 1 ruas kunyit
  • 3 butir kemiri

Cara membuat:

  1. Bersihkan ikan, kemudian lumuri dengan jahe halus dan air jeruk nipis, diamkan sebentar sambil menyiapkan bumbu
  2. Goreng irisan bawang merah, tiriskan.
  3. Tumis bumbu halus sampai wangi, kemudian masukkan daun bawang, serai, daun jeruk, dan daun salam, aduk hingga wangi.
  4. Masukkan air, tunggu hingga panas dan wangi, lalu masukkan potongan ikan, aduk sebentar kemudian tutup.
  5. Balik potongan ikan agar matangnya rata, masukkan daun kemangi dan taburi bawang goreng, merica, garam, dan gula secukupnya, cicipi.
  6. Setelah matang, matikan api, siap untuk disajikan.


Catatan:

  • Bisa ditambah cabai rawit (saya tidak menggunakan cabai karena untuk dikonsumsi anak-anak).
  • Karena tidak menggunakan cabai rawit, saya menggunakan tomat agar warnanya menarik.
  • Biasanya ikan gurame disajikan dalam bentuk utuh, tapi saya memotongnya kecil-kecil agar muat di dalam wajan.
  • Karena anak-anak menyukai kuah ikan woku, maka saya tidak memasaknya hingga kuahnya mengering.

Selamat mencoba!

11 Comments

  1. LuchiaChendana
    Luchia Chendana June 7, 2013 at 10:06 am

    kelihatan sangat menggoda sekali…TFS mama…langsung ingin dieksekusi :)

  2. eka
    Eka Wulandari Gobel June 7, 2013 at 12:26 pm

    Yuk, sila dicoba ya mama. Mudah koq, semoga suka :)

  3. Kira Kara
    Bunda Wiwit June 7, 2013 at 1:42 pm

    asiiikk.. akhirnya punya resep yang beda buat masak ikan. TFS Teh Eka.. *ketjup*

  4. ch3rryblossom
    ch3rryblossom June 7, 2013 at 3:20 pm

    makasih mama eka udah bagi2 resep, btw kl diganti ayam bisa ga ya? kira2 brapa lama ya masaknya? makasih ^^

  5. jity
    christy natalie June 7, 2013 at 5:13 pm

    Waahh mom, orng manado y?
    Woku belanga rasanya mantapss lho mamas, krn kaya rempah2..silakan dicoba..

  6. ninit
    ninit yunita June 7, 2013 at 7:12 pm

    nyam nyam nyam… liat fotonya langsung lapeeer! kebayang tuh pake nasi panas pasti enaaak banged :)

    makasih mama eka udah berbagi resepnya.

  7. LuchiaChendana
    Luchia Chendana June 10, 2013 at 8:48 am

    ehmmmm…lapor,,,sudah dicoba hari sabtu kemarin dan anak saya suka, hehehehe TFS ya moms >.<

  8. eka
    Eka Wulandari Gobel June 10, 2013 at 11:08 am

    ch3rryblossom, bisa diganti ayam..tapi biar lebih cepat masak, ayamnya paha atau sayap yg dagingnya lunak. masaknya lebih lama drpd masak ikan.

  9. eka
    Eka Wulandari Gobel June 10, 2013 at 11:11 am

    christy natalie, iyaa ibu dari manado. jadi di rumah masakannya yg gini2 aja :) bener banget kaya rempah, enak deh.

    teh ninit, yuuk enak banget pake nasi panas teh…jadi lapeerr… :p

    Luchia Chendana, aww..senangnyaaa.. :) iya sih anak-anak memang suka..

  10. crey
    Chrisye Wenas June 10, 2013 at 5:57 pm

    ahhhh, mauu dong ka dimasakin ini hehehe… yummyyy bangettt :))

  11. Bunda MedinaMecca
    Bunda MedinaMecca June 13, 2013 at 10:33 am

    Kemarin aku ngintip resep ini, tapi ikannya aku ganti tuna. Enaak, kuahnya segeer krn kaya rempah n pake tomat jadi ga trll asam buat anak2. Trims resepnya mama Eka..

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.