Homemade Creamy Caramel Candy

Setelah lima tahun berada di daycare, setiap hari bermain dengan teman-teman yang sama-sama tumbuh menjadi anak-anak yang sebentar lagi akan melanjutkan sekolah ke Primary School, Naia akhirnya harus mengucapkan salam perpisahan. Ajaran baru sekolah di Singapur dimulai dari bulan Januari sampai Desember, jadi bulan ini selain saling bertukar hadiah untuk Christmas, Naia juga saling bertukar hadiah dengan teman-temannya yang akan sekolah ke SD yang berbeda. Walaupun teman dekat Naia juga akan masuk ke SD yang sama dengan Naia, tapi mereka akan beda kelas. Berbeda dengan ketika TK di daycare, yang sudah seperti keluarga, seharian saling bermain dan melakukan kegiatan bersama, di SD nanti tentunya suasana akan berbeda.

Jadi ketika sekolah Naia mengadakan Farewell Picnic untuk teman-teman sekelasnya, Naia ingin memberikan kenang-kenangan. Tadinya ingin membuat barang yang bisa dipakai sampai nanti, tapi karena keterbatasan waktu dan alat yang diperlukan, akhirnya Naia ingin memberikan sesuatu yang bisa dibikin sendiri olehnya, walaupun cuma sekedar candy.

Jadi akhirnya diputuskan untuk membuat creamy caramel candy yang dibungkus cantik dan Naia menuliskan pesan untuk teman-temannya di setiap box mini yang berisikan candy tersebut.

Cara membuatnya mudah sekali. Saya membiarkan Naia berkreasi sendiri sesuai kemauannya dan hanya menyediakan perlengkapan seperti pita dan kertas serta bungkus foil bergambar-gambar lucu.

Pertama, Naia membuat creamy caramel candy dengan bahan-bahan yang sangat simpel:


  • 1 cup mentega

  • 1 cup corn syrup

  • 1/2 - 1 cup gula

  • 1 kaleng susu kental manis


Untuk membuatnya, aduk mentega, gula dan corn syrup sampai mengental dan mendidih, sambil terus diaduk. Biarkan mendidih selama 4 menit, lalu matikan api.

Masukkan susu kental manis sambil terus diaduk, lalu nyalakan api kecil sambil diaduk. Biarkan sampai temperatur mencapai 114 derajat Celcius (gunakan candy thermometer) atau sampai cairan mengental dan sudah tidak pecah.

Angkat, masukkan ke dalam cetakan berukuran 20 x 20cm. Dinginkan. Setelah dingin, bisa juga dimasukkan ke dalam kulkas sampai benar-benar mengeras lalu potong-potong bentuk dadu.

Potong parchment paper atau kertas minyak dan bungkus caramel yang sudah dipotong dadu. Lalu bungkus kembali dengan foil bergambar kartun, atau warna warni sesuka Mama atau si kecil.

Masukkan ke kotak mini, hiasi dengan pita atau kertas warna-warni dan sticker. Voila, cantik untuk diberikan sebagai hadiah natal atau personalized gift untuk dinikmati.

18 Comments

  1. avatar
    PinK_VatrA January 3, 2015 7:35 am

    Woww, keren idenya! Nanti mau bikin ah untuk isi goodie bag ultah Oliver. Udah gampang, murah, sehat lagi!

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    zata ligouw January 3, 2015 6:40 am

    Shin, nyari candy thermometer di mana? di ace gitu ada nggak ya?

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    novia bunda azka December 27, 2014 7:56 am

    Wah ngilerrr kakak naia...nanti azka cb bikin ah sm bunda

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    shinta lestari December 26, 2014 9:58 am

    wiwit: waahh padahal kemaren naia bawa loh pas ke bandung, tapi karena cuma sisa dikit jadi dia hanya bikin 2 box buat dikasih ke oma dan aina pas ketemu di airport. bikin ajaa, wit, gampang banget!

    ella: iya gampang, selamat mencoba!

    chika: amiinn! :)

    cindy: iyaa, naia itu anaknya ga suka makan permen ato yang manis2, sejak ada neishia, dia anaknya sweet tooth banget. jadi bikin permen deh daripada dia beli permen yang bikin gigi rusak.

    aini: nanti cobain yaa sama alma, pasti jadinya lebih keren!

    hanana: makasih, simple banget sih sebenernya tp krn ngajak naia ikutan bikin jadi dia merasa lebih fulfilled ngasihnya.

    netta: thank youu! cobain yuk!

    adlia: soalnya itu yang paling gampang dan bisa jadi dalam beberapa jam aja, bikin yang lain2nya butuh waktu dan ga sempet bikinnya hihi

    mbokne naura: hmm.. mestinya di indonesia lebih banyak yang lucu2 deh. kalo gak, bisa pake bungkus kado lucu2 ato kertas krep kok.

    ninit: amiinn.. mudah2an yaa :) takutnya malah ga boleh dimakan sama orang tuanya karena candy, jadi gue sampe tulisin ingredientnya di kartu ucapannya naia, supaya anaknya dibolehin makan.

    mirmayf: aww, makasih tanteee! *cium*

    eka: haha iyaa.. kemaren ngasih ke thalia, dia langsung ga mau brenti makan..

    mik3dy: makasih

    sienna22: cobain bikin yuk! thanks ya

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Sienna22 December 24, 2014 11:42 am

    Ngileeerrr liatnya ^^ Good job Naia & mama!

    1. avatar

      As .