Homemade Healthy Baby Food: Masak Sehat Penuh Cinta

ayulazu

Judul Buku: Homemade Healthy Baby Food: Masak Sehat Penuh Cinta
No. ISBN: 9797806375
Penulis: Melina Adhi, dkk
Penerbit: PandaMedia
Jumlah halaman: 136 halaman
Harga: Rp 71.500,-

Sejak Rayyan berusia 4 bulan, saya mulai melakukan persiapan untuk memberikan makanan pendamping. Salah satunya belanja buku tentang MPASI. Saya sempat bingung memilih buku yang mana, inginnya sih semua buku tentang MPASI ini saya borong saja. Akhirnya saya putuskan untuk membeli 3 buku, salah satunya berjudul Homemade Healthy Baby Food: Masak Sehat Penuh Cinta.

Hal pertama yang menarik perhatian saya dari buku ini adalah covernya yang cantik. Suka deh buku dengan cover warna-warna pastel gitu. Bagaimana dengan isinya? Pada cover buku ini ada penjelasan juga tentang garis besar isi buku: ada panduan pemberian makanan pendamping susu dari WHO, tahapan dan jadwal pemberian makanan pendamping, tips dan trik informatif tentang makanan pendamping berdasarkan pengalaman serta resep-resep makanan pendamping sesuai tahapan makan bayi dan batita.

Setiap halaman dalam buku ini menggunakan kertas soft. Buku ini juga dilengkapi ilustrasi berwarna. Secara fisik, menarik sekali untuk dibaca. Pada bagian panduan makanan pendamping dari WHO juga dilengkapi poin penting panduan MPASI yang diperbaharui pada 2010, termasuk perbedaan panduan terbaru ini dibandingkan dengan panduan sebelumnya.

Bagian kedua mengulas tentang tahapan dan jadwal pemberian MPASI. Di sini ditampilkan juga pendapat Pak Wied Harry tentang pemilihan buah segar sebagai makanan pertama bayi. Jadi tidak ragu lagi untuk memilih buah segar sebagai makanan pertama untuk Rayyan.

Bagian-bagian selanjutnya dalam buku ini berisi kisah para ibu dalam usahanya menyiapkan makanan sehat buatan sendiri untuk anak-anaknya. Totalnya ada enam ibu yang berbagi kisah. Bagi saya yang tinggal jauh dari keluarga besar dan tanpa asisten rumah tangga, kisah-kisah semacam ini berguna sekali sebagai penyemangat untuk terus berusaha memberikan makanan terbaik untuk Rayyan. Terlebih lagi, saya merasa tidak jago masak. Dengan membaca kisah-kisah seperti ini, kepercayaan diri untuk memasak jadi bertambah. Ya, saya tidak sendirian! Bagusnya lagi, para ibu ini juga berbagi tips agar pembuatan MPASI terasa lebih ringan dan menyenangkan, jadi pembaca tidak perlu stres lagi.

Setiap pergantian kisah diselipi dengan info-info menarik seputar makanan pendamping dan resep-resepnya. Beberapa info menarik yang dijelaskan dalam buku ini antara lain:
• Mengapa sebaiknya menghindari gula garam untuk bayi kurang dari setahun?
• Bahan makanan dari tepung, amankah?
• Bahan makanan yang dapat membantu balita tidur nyenyak
• Cemilan yang aman dan baik untuk bayi
• Cara tradisional untuk mengempukkan daging

Kekurangan dari buku ini adalah tidak dilengkapi dengan daftar isi, sehingga kurang memudahkan pembaca. Tapi secara keseluruhan saya merasa buku ini berguna sekali buat saya.

8 Comments

  1. ZataLigouw
    Zata Ligouw June 15, 2014 at 7:38 am

    makasih review bukunya ayuuu, pasti bermanfaat buat mama2 yang butuh :)

  2. rainiw
    Aini Hanafiah June 16, 2014 at 10:17 pm

    wah berguna sekali ni reviewnya untuk mama2 yang anaknya baru mulai mpasi. tfs yaa Ayu :D

  3. ayulazu
    ayulazu June 18, 2014 at 12:26 pm

    senang bisa berbagi :)

  4. Emak Corby
    Ika Rahma June 18, 2014 at 6:57 pm

    di buku ini ada tulisanku ehehehe

  5. ghaniya althaf
    ghaniya althaf June 21, 2014 at 8:44 pm

    makasih reviewnya,mdh2an gak susah nyari nie buku…

  6. santi_modo
    santi_modo July 17, 2014 at 3:53 am

    Langsung pengen beli jadinya….:)

  7. lhina
    lhina July 17, 2014 at 11:14 am

    Slam knal mb”….
    Mb” saya pengen punya buku nya…tapi di gramedia sini gx da…gmna saya bisa mndpatkn buku nya…?????

  8. fransiskaestiutami
    fransiskaestiutami August 7, 2014 at 10:43 am

    waaa nyari ahhhh…

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.