Homemade Natural Anti-Aging Recipe

Beberapa minggu lalu, saya bercermin dan melihat garis halus mulai muncul di wajah. Reaksi pertama, Kaget! Usia belum menginjak kepala tiga, tapi kenapa gejala kerutan sudah mulai tampak? Tidak lama kemudian, saya membuka laptop dan mencari-cari krim anti aging paling ampuh. Tebak, apa yang saya temukan: tak lain tak bukan adalah fakta bahwa produk perawatan anti aging itu mahal sekali.

Karena itu, saya beralih mencari resep perawatan wajah anti penuaan, yang bahan-bahannya bisa ditemukan di dapur. Mudah, murah, minim efek samping, dan tentunya bisa diracik sendiri di rumah.

Bahan-bahan pilihan saya:



  • Pisang (menyehatkan dan meremajakan kulit karena mengandung elemen penting seperti potassium, zat besi, kalsium dan vitamin C)

  • Yoghurt (melembutkan tekstur kulit dan mengencangkan kulit)

  • Madu (mengandung antioksidan sekaligus melembapkan kulit)

  • Extra virgin olive oil (membantu menguatkan jaringan kolagen kulit dan membuat kulit lebih elastis)

  • Lemon/jeruk nipis (kaya vitamin C yang membantu menyegarkan dan mencerahkan kulit)

  • Oatmeal (efektif menyerap dan mengikat kotoran di wajah)

  • Gula pasir (membantu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori yang tersumbat)


Facial wash

1 sdt oatmeal
½ sdt madu
3 sdt air

Campurkan semua bahan hingga merata. Sisihkan. Basahi wajah dengan air hangat. Usapkan facial wash merata di kulit wajah. Pijat-pijat sedikit. Bilas hingga bersih.

Facial scrub

1 sdt extra virgin olive oil
1 sdt madu
1 sdm gula
1 sdt perasan jeruk nipis/lemon

Campur semua bahan. Aduk rata. Lapiskan pada wajah yang bersih dan kering. Gosok perlahan dan lembut dengan tangan. Bilas dengan air hangat. Keringkan menggunakan handuk/waslap dengan cara di tap-tap perlahan. Lakukan 1 kali/minggu.

Masker

Resep #1

½ buah pisang (hancurkan)
1 sdt yoghurt
2 sdt madu

Campurkan semua bahan. Aduk rata. Aplikasikan pada wajah yang bersih dan kering. Diamkan hingga 20 menit. Bilas dengan air hangat hingga bersih. Keringkan dengan waslap/handuk. Lakukan 1-2kali/minggu.

Resep #2

½ buah pisang/alpukat (hancurkan)
1 sdm oatmeal

Masukkan oat sedikit demi sedikit ke dalam adonan pisang sambil diaduk rata. Lalu aplikasikan pada wajah. Diamkan hingga 20 menit. Bilas dengan air hangat hingga residu hilang dan wajah bersih. Keringkan dengan waslap/handuk. Lakukan 1-2 kali/minggu.

 

Toner

1 sdt jeruk nipis atau lemon
3 sdt air
2 tetes madu

Campur semua bahan. Aduk rata. Tuangkan pada kapas/tisu bersih. Usapkan pada wajah.

 

 

 

 

 

 

Moisturizer

1 tetes extra virgin olive oil
1 tetes madu

Campur semua bahan. Aduk rata. Tuangkan pada telapak tangan yang bersih. Usapkan pada wajah. Ratakan.

 

 

 

 

 

 

 

Cepat dan hemat bukan. Namun perlu diingat, resep-resep di atas hasilnya tidak serta merta ampuh ya, Mama. Ada syarat dan ketentuan berlaku. Apa saja syarat dan ketentuannya?

1. Rajin dan telaten.
Penting untuk digarisbawahi, bahwa hasil yang kita dapat tidak cepat dan seketika. Butuh ketelatenan dan kesabaran. Nikmati saja prosesnya.

2. Konsumsi buah, sayur dan kacang-kacangan.
Apa pun skin care yang kita pakai, hasilnya akan efektif bila diimbangi dengan diet makanan bergizi, kaya vitamin dan cukup mineral penting. Semuanya banyak terkadung dalam sayur, buah, dan kacang-kacangan.

3. Olahraga teratur.
Olahraga teratur, dapat secara langsung membantu proses antipenuaan. Olahraga teratur merangsang tubuh memproduksi hormon pertumbuhan (growth hormone) yang dapat melawan proses penuaan dan membuat sel-sel termasuk kulit menjadi lebih muda. Pada saat olahraga kita dapat meningkatkan lean body mass, menurunkan kadar lemak tubuh, meningkatkan kepadatan kulit maupun tulang, bahkan juga meningkatkan kekebalan tubuh terhadap peyakit.

4. Konsumsi cukup air putih.
Sama seperti bagian tubuh yang lain, sel-sel kulit juga perlu air untuk membantu membuang ‘sampah’. Air juga mengembalikan kelembapan kulit yang hilang ketika udara ekstra panas atau kering. Apapun jenis kulit kita, berminyak, kering atau kombinasi, minum cukup air dapat membantu kita terlihat lebih muda, tampak sehat dan lebih bercahaya.

5. Senyum
Saya mengerti, menjadi istri sekaligus ibu yang baik itu banyak PR-nya. Mengurus suami, anak, keuangan, gizi, rumah, dll. Tapi bukan berarti harus cemberut sepanjang hari, kan. Senyumlah Mama. Tersenyum mampu membantu menenangkan pikiran dan menghambat penuaan. Kalaupun garis halus di kulit tidak memudar, setidaknya kebiasaan untuk selalu tersenyum membuat garis-garis itu membentuk ekspresi cantik di wajah.

At 20, you have none of lines, but by 50 your typical expression will have carved itself into your forehead and around your eyes and mouth. Smile and your facial wrinkles will have a friendlier feel.

"Nature gives you the face you have at twenty; it is up to you to merit the face you have at fifty." Coco Chanel

Good luck, urban mama!


14 Comments

  1. avatar
    loewei February 7, 2014 7:27 am

    Thankk u for sharing

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Cindy Vania November 20, 2013 7:42 am

    waah Indaaah keren banget iih.. *bookmark*
    TFS yaa :)

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    viavia November 19, 2013 2:38 am

    Wah, lengkap ya... thanks for sharing...

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    indah nildha November 18, 2013 11:32 am

    Terimakasih hanana
    Dicoba yah.... Sempga berhasil.... :)

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    hanana fajar November 18, 2013 11:27 am

    wah mba Indah, keren banget niiih infonya.. hemat, praktis, dan gampang banget ya mba buatnya:)

    1. avatar

      As .