Tetap Tenang Ketika HPL Lewat

41 Minggu? Biasanya kebanyakan ibu saat hamil tidak banyak melewati hari perkiraan lahir (HPL), sebelum menjelang HPL sudah melahirkan buah hati tercintanya. Namun pastinya ada juga ibu yang masa kehamilannya sampai melewati HPL. Lalu bagaimana jika kehamilan selalu lewat dari HPL? Apakah langsung memilih operasi caesar atau tetap tenang menunggu proses lahiran alami?

Kalau yang saya alami ketika sudah lewat HPL, saat menunggu kontraksi alami selalu ada rasa khawatir. Jadi bertanya-tanya, kapan bayi di dalam kandungan akan lahir? Apalagi suara kompak dari sekitar yang menanyakan "Kapan lahiran?", terdengar seperti alarm yang disetel berulang kali. Jadi setiap waktu terasa bagai jam pasir yang bergerak cepat dan menegangkan.

(image credit: www.pexels.com)

Seperti yang saya alami menjelang kelahiran anak ketiga. Sebenarnya dari anak pertama hingga ketiga, saya selalu memiliki riwayat HPL lewat. Jika anak pertama dan kedua HPL-nya terlewat dalam kurun waktu satu minggu, di kehamilan ketiga HPL telah memasuki minggu kedua. Cemas dan degdegan pastinya, tetapi harus berpikir positif dan tenang agar dapat melahirkan dengan bahagia.

Berikut beberapa tips yang Urban mama dapat lakukan ketika HPL lewat:

  • Tetap jaga kesehatan Urban mama dengan istirahat yang cukup dan konsumsi makanan yang bergizi baik.
  • Olahraga teratur setiap hari, bisa jalan kaki santai di pagi hari, ikut senam ibu hamil, gaya olahraga jongkok, bersih-bersih rumah, dan melatih pernapasan.
  • Mungkin ada juga dokter atau bidan yang menyarankan untuk makan buah kurma dan minyak zaitun. Makanan tersebut bisa menjadi salah satu alternatif untuk memperlancar proses lahiran, selain menyiapkan tenaga untuk proses kelahiran nanti.
  • Selalu pantau gerakan bayi, apakah aktif atau diam saja?
  • Tetap rutin periksa ke dokter kandungan atau bidan.
  • Sudah menyiapkan tas keperluan bersalin untuk sewaktu-waktu dibawa ke rumah sakit. Hanya karena HPL lewat, bukan berarti tidak bersiap-siap kan?

Yang paling penting, yakini bahwa buah hati akan terlahir dengan ketetapanNya. Dengan bersabar dan menyambut kehadiran si buah hati dengan bahagia dan penuh syukur akan membuat Urban mama lebih tenang memasuki fase-fase awal menjadi seorang ibu.

4 Comments

  1. avatar
    ninit yunita May 10, 2017 11:07 am

    memang yaaa masa-masa menunggu kelahiran itu selalu bikin deg-degan, apalagi kalau yang udah lewat HPL... tapi ya itu kuncinya seperti yang mama Erna bilang di atas :)
    TFS yaaa mama Erna... semoga urban Mama yang HPLnya lebih dari yang biasa, bisa mengikuti tips dari mama Erna.

    1. avatar
      Ernawati Lilys May 11, 2017 5:49 am

      Sama-sama Mba Ninit , iya pengalaman saya ketiga anakku lahir semua lewat HPL. Alhamdulillah lahir normal dan sehat, selamat. Semoga para mom juga bersabar menanti buah hatinya lahir.

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  2. avatar
    Cindy Vania May 10, 2017 9:42 am

    Thanks untuk sharingnya ya mba Erna.
    Aku dari anak pertama sampai ketiga, nggak ngalamin HPL lewat. Jadi kadang bingung kalau ditanyain sama temen dan sodara yang lagi H2C menanti gelombang cinta dari bayinya.

    Ijin share ya mbaa..

    1. avatar
      Ernawati Lilys May 11, 2017 5:50 am

      Silahkan di share mom,semoga bermanfaat untuk para mom yang menanti buah hatinya yg telah lewat HPL

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.