Ibu Hamil Jangan Takut Naik Commuter Line

Banyak orang sangsi melihat ibu hamil menggunakan Commuter Line dalam perjalanan menuju dan kembali dari tempat kerja. Banyak pula yang meragukan kenyamanan ibu hamil ber-Commuter Line saat jam padat, lantas memilih menggunakan kendaraan pribadi beroda dua yang tingkat risikonya lebih tinggi untuk ibu hamil.


 

Seperti yang kita ketahui, PT.KAI menyediakan tempat duduk prioritas di setiap gerbong Commuter Line yang disiapkan khusus bagi yang membutuhkan, salah satunya adalah ibu hamil. Namun kenyataannya tidak mudah bagi ibu hamil untuk mendapatkan tempat duduk prioritas. Belakangan ini menurut saya rasa empati terhadap sesama mulai memudar, sehingga kadang ibu hamil memilih diam dan pasrah berdiri hingga tempat tujuan. Kadang ada beberapa penumpang memilih diam atau pura-pura tidur dan enggan memberikan tempat duduknya ketika melihat ibu hamil yang sedang kebingungan mencari tempat duduk. Walau tidak semua penumpang bersikap seperti itu, karena tidak sedikit penumpang yang berperan aktif meminta penumpang lain yang tidak dalam kategori prioritas untuk memberikan tempat duduk prioritas pada ibu hamil.

Ada beberapa hal yang saya terapkan saat bepergian dengan Commuter Line selama kehamilan saya sekarang ini. Berikut beberapa tips yang hendak saya bagi untuk mama hamil:

1. Nyamankan Diri Sendiri

Sebelum melakukan perjalanan menggunakan Commuter Line, sebaiknya nyamankan diri sendiri seperti berpakaian nyaman, memakai alas kaki yang nyaman dan membawa tas yang praktisMama sebaiknya membawa air minum, kipas, ear phone, dan essential oil agar rileks sepanjang perjalanan.

2. Berangkat Lebih Awal

Saat akan menggunakan Commuter Line, sebaiknya berangkat lebih awal menuju stasiun terdekat sehingga mama bisa memilih Commuter Line mana yang lebih lengang yang akan ditumpangi.

3. Tempat Duduk Prioritas

Seperti yang mama ketahui, tempat duduk prioritas terdapat di ujung setiap gerbong Commuter Line, maka saat menunggu Commuter Line, cari posisi di mana pintu gerbong terdekat tempat duduk prioritas akan berhenti di depan mama.

4. Halo... Saya hamil lho.

Bagi mama yang usia kandungannya masih terbilang muda, tidak jarang penumpang lain tidak mengetahui jika mama sedang hamil. Sebaiknya proaktif menginformasikannya dengan sopan jika urban mama sedang hamil. Biasanya saya akan memegang perut sambil mengatakan "Ada yang tidak hamil? Maaf saya sedang hamil," sehingga penumpang yang tidak berhak di tempat duduk priortitas dapat berdiri untuk memberikan tempat duduknya pada mama.

5. Ibu Hamil Beretika

Tidak jarang ibu hamil memilih masuk melalui pintu gerbong mana saja saat Commuter Line berhenti. Jika urban mama mendapat tempat duduk yang bukan tempat duduk prioritas, jangan lupa mengucapkan terima kasih pada penumpang yang telah memberikan tempat duduk. Sering kali saya melihat ibu hamil yang telah diberikan tempat duduk oleh penumpang lain lebih memilih diam dan duduk tanpa mengucapkan terima kasih, padahal sudah ada orang baik yang merelakan tempat duduknya untuk mama yang sedang hamil.

6. Bersiap Turun di Stasiun Tujuan

Saat hendak turun di stasiun tujuan, persiapkan diri satu stasiun sebelum stasiun tujuan. Dengan ini jika gerbong cukup padat, urban mama tidak perlu terburu-buru dan dapat berjalan pelan menuju pintu keluar gerbong Commuter Line.

7. Dukungan dan Kemauan

Untuk mama yang akan menggunakan Commuter Line, sangat diperlukan dukungan penuh dari pasangan atau orang terdekat supaya kemauan semakin kuat untuk siap menggunakan jasa transportasi Commuter Line.

Semoga tips ini berguna bagi urban mama yang sedang hamil dan mempertimbangkan untuk berangkat kerja menggunakan kereta Commuter Line.

17 Comments

  1. avatar
    Ayu Utami September 23, 2016 4:52 pm

    Ralat, Maksudnya hamil muda ya mama Dewi, maaf typo sangking semangatnya membahas ibu hamil naik Commuter Line hihihi...

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Ayu Utami September 23, 2016 11:13 am

    iya Mama Dewi, harus sering didukung ibu hamil muda dan disemangati jangan malu minta tempat duduk prioritas saat sedang hamil muda, karena ibu hamil kuda sangat memerlukan tempat duduk prooritas

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Dewi Ratih Purnama September 23, 2016 10:09 am

    Mama Ayu tipsnya oke banget... Yang nomor 4 setuju ni, pasti banyak dialami ibu yang masih hamil muda... semoga para bumil makin nyaman dengan CL

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Ayu Utami September 22, 2016 8:31 am

    Sama - sama Mama Eka, sesama ibu hamil harus berbagi tips hihihi...

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Eka Gobel September 22, 2016 8:10 am

    Tfs tips nya ayu! Berguna banget nih pastinya utk urban mama yang sedang hamil yg biasa menggunakan CL!

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.