Ide Pesta Ulang Tahun di Rumah

I was very excited to be the Birthday Party Organizer to my lovely Anasya.

Seperti ibu-ibu pada umumnya, saya berusaha menekan budget untuk segala pengeluaran, apalagi untuk syukuran ulang tahun, bagi anak-anak yang penting adalah perhatiannya. Kami memilih untuk mengadakan acara di rumah, tentunya tidak perlu bayar bukan? Dana yang tersedia bisa dimanfaatkan untuk sewa mainan yang disesuaikan dengan ruang yang ada di dalam atau di luar rumah.

Kami memilih Spongebob untuk tema ulang tahun ke-3 Anasya karena ia tidak bisa lepas dari boneka Spongebob-nya terutama pada waktu tidur.

Hal pertama yang saya pikirkan adalah Menu, kemudian Permainan dan Setting tempat, serta terakhir masalah Teknis.

Menu harus simpel tidak perlu set meja, kami pilih homemade beef burger dan spaghetti serta bento untuk anak-anak, almond pudding, ice pop, dan fruit satay. Menu tambahan sebagai syarat mutlak dari neneknya Nasya adalah nasi tumpeng (yang satu ini bukan homemade).  Untuk goodie bags berburu di Asemka untuk tasnya dan peralatan tulis bertema Sponge Bob dan kemudian saya lengkapi dengan berbagai makanan kecil dan susu kotak. Acara dibuat sesantai mungkin sehingga perangkat makan pun serba disposable, tidak perlu cuci-cuci sesudah acara, tinggal buang!

Permainan berdasarkan pengalaman, Nasya atau teman sebayanya paling suka main Perosotan, jadi langsung saya kontak tempat sewa mainan langganan untuk menyewa perosotan, playhouse serta meja dan kursi kecil. Sebaiknya sudah menghubungi tempat sewa mainan sejak jauh-jauh hari. Saya tidak menyediakan susunan acara atau pertunjukan apaun, saya membiarkan anak-anak untuk mengeksplorasi segala yang disediakan di rumah. Kemudian saya sediakan pula kolam renang kecil yang dijadikan kolam pancing ikan, dan anak-anak sangat penasaran dengan permainan yang satu ini.  Bagi anak-anak yang tipenya kalem pasti suka area piknik yang saya siapkan di halaman.

Setting tempat yang standar saja, di garasi! Saya menyewa kursi dan meja katering untuk area orang dewasa dan saya menyiapkan snack/sweets corner di teras rumah. Untuk hiasan, saya memesan balon aneka tokoh kartun yang nantinya bisa dibawa pulang teman-teman Nasya sebagai suvenir.

Saya sempat kesulitan menemukan kostum yang pas untuk acara ini, karena Spongebob sebenarnya sudah tidak trend lagi, sama sulitnya dengan mencari pernak pernik Barney. Tapi saya tidak kehilangan akal, saya membeli kaos tema Spongebob, model seperti tank top dan ukurannya pun untuk anak usia 5-7 tahun, kemudian saya modifikasi dengan menjahitkan kain tile di bagian leher dan pinggul sehingga jadilah model Tutu Spongebob.

Puncak acara diisi dengan memukul Pinata. Pinata banyak dijual di tempat alat-alat pesta, tetapi harganya buat saya sangat fantastis, sekitar Rp200.000-300.000,-. Saya membuatnya sendiri dari paper bag bekas.

Ide ini bisa disederhanakan lagi atau dikembangkan lagi, tergantung waktu dan budget yang kita punya.

Untuk acara putri saya ini persiapannya cukup lama karena saya bekerja, jadi untuk membuat segala pernak pernik tentunya harus disempatkan disela-sela kesibukan saya. Belum lagi, Nasya selalu ingin ikutan, tetapi semua itu jauh lebih bermakna untuk saya dan keluarga.

Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi yaa buat moms semua, tanpa pesta pun, anak akan selalu mengenang perhatian dari ibunya.

11 Comments

  1. avatar
    Lea July 20, 2013 10:06 pm

    Mba mau donk di sharing tempat oenyewaan nya, tq ya...
    Seru banget pesta nya mom

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    sweety lim June 25, 2013 4:27 pm

    wah terpana melihat idenya home party yang seru gitu. Mau dinfo buat sewa playgroundnya juga dong :)

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    erma anindyari May 29, 2013 7:12 pm

    Mom Yana, thanks info nya. Iya, jarang kiat kemasan kayak gitu di Jakarta. Thank you yaaaa -xoxo-

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Yana Saphira May 29, 2013 2:56 pm

    Hi mom Erma, saya belinya di toko kue Ny.Liem di Bandung, kebetulan aja waktu itu, tapi stoknya tinggal segitu2nya, pas saya mau beli lagi sudah tdk ada lagi, cari di bbrp tmp di jkt juga blm ketemu yang persis spt itu. Coba ke pasar mayestik di basement deh, byk skali kemasan bento disitu mom.

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    erma anindyari May 29, 2013 9:52 am

    Mom Yana,

    Ide nya menarik, TFS yaaaa....
    Boleh tau beli box karton untuk makanannya dimana?

    Thank youuuu

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.