Ikan Kakap Kuah Asam

eka
Sejak kecil, saya sudah menyukai ikan. Almarhumah Ibu bilang bahwa zodiak saya adalah Pisces berlambang ikan, makanan pintar. Supaya jadi anak pintar, saya tersugesti untuk menyukai ikan. Lagi pula ikan memang menjadi menu sehari-hari di Manado, yang mana ikan lautnya segar-segar dan lezat sekali.
Salah satu menu kesukaan saya dan keluarga adalah ikan kuah asam. Selain rasanya segar, cara memasaknya juga cepat dan mudah tinggal cemplung-cemplung. Biasanya dulu Ibu menggunakan ikan tude atau kakap merah untuk ikan kuah asam. Menurut saya, ikan tude lebih lezat sedangkan ikan kakap merah warnanya lebih menarik.

Kali ini saya menggunakan ikan kakap putih, karena tidak mendapatkan ikan tude dan kakap merah. Tidak masalah, ikan kakap rasanya lezat dan dagingnya tebal, tulangnya pun jarang-jarang serta besar-besar jadi aman dikonsumsi oleh anak-anak. Untuk lebih amannya, bisa menggunakan ikan kakap yang sudah dibuang durinya. Saya tidak menggunakan fillet karena kurang percaya diri memasaknya, takut hancur.
Bahan-bahan:
Ikan kakap atau Tude, potong dua bagian
Jeruk  dan garam, untuk melumuri ikan
Air untuk merebus ikan
Bumbu:
2 batang serai, memarkan
1 cm jahe, memarkan/iris tebal
1 cm lengkuas, memarkan/ iris tebal
3 lbr daun jeruk, remas
1 lbr daun pandan, remas
1/2 sdt garam
1 sdt merica
10 buah cabai rawit merah (sesuai selera)
2 sdm air jeruk nipis
1 genggam daun kemangi
3 buah cabai merah
5 buah bawang merah, iris
2 siung bawang putih, iris
3 buah tomat, potong-potong
Cara memasak:
  1. Bersihkan ikan kakap dengan air mengalir, buang isi perut dan sisiknya, potong jadi dua. Lumuri ikan kakap dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan selama 10 menit.
  2. Rebus air, masukkan serai, jahe, lengkuas, daun jeruk, daun pandan, garam dan merica, masak sampai mendidih.
  3. Masukkan ikan kakap, bawang merah, bawang putih, cabai merah, masak sebentar hingga ikan lunak dan wangi.
  4. Masukkan potongan tomat, air jeruk nipis, daun kemangi dan cabai rawit merah, aduk rata, masak sebentar, angkat, dan siap disajikan.
Catatan:
  • Untuk ikan kuah asam, lebih lezat jika menggunakan ikan laut. Biasanya ikan tude, kakap merah, kakap putih atau ikan bandeng.
  • Bumbu-bumbu seperti cabai dan tomat bisa disesuaikan dengan warna ikan agar lebih menarik.
  • Saya menggunakan cabai merah dan tomat merah untuk mengimbangi warna ikan kakap putih yang cenderung pucat.
  • Karena anak-anak menyukai kuah asam, maka cabai saya biarkan utuh tidak diiris agar rasanya tidak terlalu pedas.

9 Comments

  1. hananafajar
    hanana fajar March 28, 2014 at 8:15 am

    wahh…nyummyyy banget iniii…makasiiii mommy eka buat resepnya:*

  2. drost
    drost March 28, 2014 at 10:32 am

    Wah….resep yg amat yahudd! trims mama eka. Kita juga suka olahan ikan tapi yg berkuah gitu!

  3. yulia handayani
    yulia handayani March 28, 2014 at 10:45 am

    Wah makasih Mba Eka resepnya. Ikan favorite keluarga juga, tiap hari ada aja menu ikan. Baik yang di bakar, kukus,
    goreng, gulai. Resep ini harus & harus di coba.

  4. Kira Kara
    Bunda Wiwit March 28, 2014 at 11:35 am

    siang-siang, panas-panas, baca resep kuah asam.. duuuhhh… jadi ileran deeh.. segeeerr benerr.. Aku mau teh Eka. Simple nih, tinggal cemplung-cemplung. Wiwit banget masaknya, gak pake ribet. hihi… *Catet resepnya*

  5. eka
    Eka Wulandari Gobel March 29, 2014 at 9:00 pm

    hanana: terima kasih kembali, semoga suka ya :)
    drost: toss! di sini juga olahan2 yang berkuah favorit keluarga.
    yulia: share juga dong, resep ikan-ikannya!
    wiwit: toss juga wit! sama nih masaknya gak pake ribet :D

  6. gabriella
    Gabriella Felicia March 30, 2014 at 9:31 pm

    Senangnya dapet ide baru untuk mengolah ikan. Tampak enak dan segar, yang terpenting juga sehat karena gak perlu goreng-goreng.

  7. rainiw
    Aini Hanafiah April 1, 2014 at 2:39 am

    Ekaa… lapor: udah coba bikin dan suka! enak bangeett :D jadi ingat jaman di Ambon makan papeda pakai ikan kuah asam kyk ini. krn kemarin gak nemu sagu, akhirnya makannya pake bubur beras hehe

  8. chaca annisa
    chaca annisa April 4, 2014 at 10:47 am

    waaa mama ekaa… senangnyaa dapet ide resep yang enyak seperti ini… makasiy yaa :)

  9. poppylangsing
    poppylangsing January 13, 2015 at 10:36 am

    Terima kasih resepnya mama Eka, ini makanan favorite keluarga kami, hanya selalu makan di luar, karena nggak tahu cara masaknya .., sekarang sdh tahu dh …

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.