It's Fun, It's Fitness, It's Zumba!

Marsha Maria An interior designer who works at home. She loves fashion and enjoy styling her baby girl and lives in Jakarta.

Berat badan merupakan salah satu masalah yang kerap dihadapi banyak orang, khususnya kaum wanita setelah melahirkan. Berat badan yang melonjak dengan mudahnya saat hamil ternyata tidak hilang begitu saja setelah melahirkan. Dibutuhkan upaya khusus untuk mendapatkan kembali tubuh yang ideal, diantaranya adalah dengan menjaga pola makan dan berolahraga. Namun untuk sebagian orang seringkali mengalami kesulitan untuk menjalani kegiatan berolahrga, dengan alasan tidak ada waktu dan membosankan.

Bukan hanya sekadar untuk menurunkan berat badan, berolahraga mempunyai peranan yang sangat penting untuk menjaga kondisi dan kebugaran tubuh. Ibaratkan tubuh kita sebagai mesin, jika tidak pernah digerakkan maka lambat laun pasti akan rusak karena tidak terlatih untuk bergerak/bekerja. Demikian pula dengan tubuh kita, dengan berolahraga tidak hanya otot-otot yang terlatih namun sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh pun menjadi lancar sehingga metabolisme tubuh kita menjadi optimal. Hasilnya tubuh terasa segar dan bugar.

Olahraga ada banyak pilihannya, jangan dengan mendengar kata olahraga kita langsung memikirkan cabang-cabang olahraga yang berat seperti basket, sepakbola, lari, dll. Kita juga harus menyesuaikan jenis olahraga pilihan kita dengan kemampuan kita. Untuk yang paling mudah misalnya jalan keliling komplek tiap pagi atau sore hari. Bagi kita yang menyukai olahraga yang tenang, yoga bisa jadi pilihan.

image credit: @zataligouw

Dalam kesempatan ini saya ingin berbagi satu jenis olahraga yang sedang saya geluti belakangan ini yaitu Zumba. Apa sih Zumba itu? Zumba adalah senam kebugaran yang menggabungkan unsur tarian dan aerobic yang dilakukan dengan iringan musik, biasanya musik latin. Porsi gerakan olahraga zumba ini adalah  70% tarian dan 30% fitness. Bisa dibayangkan betapa menyenangkannya jenis olahraga yang satu ini kan? Bagi saya yang menyukai musik dan tari, olahraga ini merupakan pilihan yang paling tepat.

Koreografi di dalam zumba mencakup gerakan tari salsa, samba, merengue, mambo dan bahkan hip-hop. Tidak perlu khawatir anda tidak bisa menari atau tidak bisa mengikuti gerakannya secara sempurna. Dalam olahraga Zumba yang penting adalah fun and enjoy the music! Bergoyang saja mengikuti irama, lama-lama pasti bisa karena terbiasa.

Lalu apa saja manfaat dari olahraga Zumba ini?

  • Program Diet : Gerakan Zumba yang enerjik dapat membakar sekitar 400 - 500 kalori selama 1 sesi / 1 jam
  • Membentuk Tubuh : Perpaduan gerakan Zumba yang berfokus pada area perut dan kaki tentu saja akan membuat bagian-bagian tersebut menjadi lebih kencang
  • Awet Muda : Zumba membuat seluruh tubuh kita bergerak yang menyebabkan jantung berdetak lebih cepat dan peredaran darah menjadi lebih lancar. Hal ini membuat imunitas tubuh meningkat dan merangsang hormon endorfin dalam tubuh kita sehingga berpengaruh pada suasana hati dan membuat kita lebih bahagia. Antioksidan dalam tubuh pun bertambah dan membuat kita jadi lebih awet muda.
  • Anti Stress : Zumba membuat kita lebih happy karena alur tarian yang mengikuti lagu upbeat yang menyenangkan. Dengan demikian tubuh kita akan bergoyang tanpa merasa terbebani dengan olahraga ini. Gerakan Zumba yang menyenangkan membuat kita melupakan masalah sejenak dan berfokus pada Zumba.
  • Bersosialisasi : Zumba merupakan olahraga yang dilakukan secara bersama-sama, hal ini membuat kita jadi lebih aktif bersosialisasi dan bertemu dengan teman baru.
  • Pikiran Tajam : Rangkaian gerakan Zumba membuat kita berusaha mengingat tahap demi tahap untuk mempraktikannya, sehingga tidak hanya otot dan tubuh tapi pikiran kita pun ikut terasah.

Nah, bagi Urban Mama yang enggan melakukan olahraga yang terlalu serius dan lebih menikmati olahraga bersama-sama dalam grup, Zumba bisa jadi salah satu pilihan. Selain itu Zumba juga bisa dilakukan oleh anak-anak loh. Satu poin lebih lagi dari olahraga ini, kita sebagai ibu juga bisa berolahraga bersama dengan anak kita. Selain tubuh jadi bugar, kita juga bisa mempunyai quality time lebih bersama anak-anak kita.

8 Comments

  1. avatar
    Cindy Vania February 18, 2017 8:52 am

    Aku belom pernah zumbaaaa!
    ajakin aku plis :D

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Eka Gobel February 17, 2017 8:24 pm

    Seru banget chaa... iya seneng yaa kalo zumba tuh seruuu!

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    ninit yunita February 17, 2017 7:34 am

    chaaa... ampyuuuun deh zumba. ngos-ngosan beraaat! :D baru coba sekali sih. tapi emang fun banget yaaa berasa dugem sehat :D

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Agatha Nuri Prasanti February 16, 2017 2:18 pm

    Bener banget nih Cha, udah dapet peringatan keras dari badan seminggu ini sakit macem2 gak udah2. Kayaknya sih emang harus olahraga dan aku suka banget zumba! Fun banget ya musik dan gerakannya. Yuk deh semoga #TUMMeTime ada kelas zumba gitu :D

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Shinta Daniel February 16, 2017 10:55 am

    Thanks remindernya, duh emang berasa banget kalau nggak olahraga badan rontok. Cuss, kapan TUM bikin acara zumba bersama... ikuuuut...

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.