Jakarta Flona 2014

yurista warouw

Dalam rangka mengajak jalan-jalan Oma yang baru datang dari Surabaya, kami mencari tujuan wisata lokal di Jakarta saja. Saat itu ada seminggu hari kerja yang dipenuhi oleh hari libur berselang-seling, tanggung sekali kalau dipakai ke luar kota karena kami tidak bisa mengambil cuti. Kebetulan menjelang ulang tahun ibukota Jakarta yang ke-487, dekat kantor saya di Lapangan Banteng sedang diselenggarakan pameran koleksi flora dan fauna (Flona) 2014.

Flona 2014 resmi dibuka 23 Mei 2014 lalu oleh wakil gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahya Purnama alias Pak Ahok. Flona 2014 akan berlangsung dari tanggal 23 Mei sampai 22 Juni 2014, buka dari pukul 08.00 WIB sampai 18.00 WIB setiap harinya. Untuk mengunjungi Flona kita tidak dipungut biaya masuk.

29 Mei lalu kami mengunjungi Flona 2014. Karena hari libur, bisa dibayangkan betapa padat dan macetnya jalanan di sekitaran Lapangan Banteng karena banyak mobil parkir di pinggir jalan. Parkir di sepanjang Jalan Wahidin itu kemarin bayar Rp5.000,- untuk beberapa jam, sebenarnya saya kurang tahu berapa tarif parkirnya. Sesampainya di Flona 2014 saat siang bolong, cuaca pastinya terasa panas bukan main. Kalau urban mama hendak mengunjungi Flona 2014, siap-siap bawa payung saja dan lebih enak kalau berangkat pagi dari rumah. Kalau hendak ke sana saat sore, mungkin paling enak sekitar pukul empat sore saat cuaca mulai teduh.

Saat kemarin tiba di lokasi Flona 2014, Aiko tertidur sehingga kami taruh dulu di stroller sementara kami bawa jalan-jalan berkeliling melihat koleksi tumbuhan dan foto-foto sambil menunggu Aiko bangun. Setelah bangun, Aiko mau turun berjalan-jalan dan terlihat senang sekali melihat koleksi bunga-bunga tetapi paling suka saat melihat koleksi hewan-hewan.

Di dalam area pameran Flona 2014 maupun di luar banyak ditemui penjual makanan dan minuman. Kalau di dalam area Flona 2014, untuk membeli makanan dan minuman harus beli voucher terlebih dahulu. Makanan dan minuman di luar area pameran dijual oleh pedagang kaki lima, seperti biasa. Dalam area pameran disediakan pula fasilitas toilet umum, hanya saja saya kurang tahu kondisinya. Tambahan lagi, di sana juga ada playground anak-anak seperti rumah balon dengan seluncuran besar, outbond mini serta becak mini. Untuk fasilitas bermain lainnya adalah fasilitas yang sudah ada di lapangan banteng seperti batu refleksi dan arena bermainnya Lapangan Banteng. Walaupun seadanya, tetapi ternyata cukup menghibur anak-anak pengunjung.

Akhirnya meski harus berpanas-panas tetapi kami senang sudah mengunjungi pameran Flona 2014, apalagi Aiko yang senang sekali melihat berbagai koleksi flora dan fauna disana. Terima kasih kepada Pemkot DKI Jakarta selaku penyelenggara pameran Flona 2014, bagus sekali sebagai sarana edukasi untuk mengenalkan kepada anak-anak berbagai varietas tumbuhan dan hewan-hewan yang boleh diperjualbelikan. Kami berharap semoga di tahun-tahun ke depan penyelenggaraannya akan lebih baik dan lebih teratur lagi.

7 Comments

  1. ZataLigouw
    Zata Ligouw June 19, 2014 at 7:21 am

    Eh baru tau ada pameran flora dan fauna di Jkt.., thanks infonya ya Yur..

    Wahhh keliatan banget Aiko senang sekali melihat hewan2 yang ada di sana :D

  2. ClodiStore
    Nuri Rahayu June 19, 2014 at 11:40 am

    sudah kesana juga. Anak anak pada suka

  3. Frita a.k.a Rahma
    Frita a.k.a Rahma June 20, 2014 at 8:00 am

    Acara ini setiap tahun ada, tapi mo kesana mesti belum sempat.

  4. yurista warouw
    yurista warouw June 20, 2014 at 8:59 am

    Iya Mba Zata Ligouw…sama-sama :) Mba Nuri Rahayu..Seru ya di sana buat anak2 dan kita2 yang suka bunga..hehe :) Mba Frita.. iya mba tiap tahun ada.. mirip2 juga kok konsep tiap tahunnya.. :)

  5. Anggie
    Anggie June 21, 2014 at 8:54 am

    Asiiik jg kl rutin diadakan tiap tahun…. Kl di sini biasanya ada di soropadan, rutin tiap tahun pasti diadain… Bs beli jenis tanaman hias dan bibit-bibit tanaman buat di rumah..

  6. Mrs. Kiki
    Etta Novretta June 25, 2014 at 11:10 am

    Ah Aiko manis banget senyumnyaaa…seneng bgt ya Nak liat hewan & bunga warna-warni. Kmrn blm sempet kesana euy, cm denger2 aja dari cerita mamak-mamak….

  7. yurista warouw
    yurista warouw June 25, 2014 at 2:41 pm

    Mba Angie.. iya mba.. asik yaa ;) Mba Etta.. terimakasih :)Tahun depan kalau sempat mampir aja mba.. :) asik buat anak-anak kecil :D

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.