Jellyfish Costume

mamanyanaya

Di sekolah anak pertama saya, Naya, setiap tahun ajaran pasti diadakan pentas sosiodrama. Temanya selalu berganti. Kali ini, tema untuk kelas TK B (kelasnya Naya) adalah binatang laut. Dengan semangatnya Naya menyampaikan bahwa untuk sosiodrama kali ini kostumnya tidak boleh beli dan ia mau kostumnya dibuat bersama saya.

Tentu saja saya langsung bingung!

Kami berdua pun googling dan mencari ide untuk kostumnya. Syaratnya harus mudah dibuat dan bahannya mudah didapat. Kami pun memutuskan untuk membuat kostum ubur-ubur.

Alat dan bahan:

  • Topi
  • Rok tutu yang sudah tidak terpakai, atau bisa membuat sendiri no-sew tutu dari potongan kain tulle yang diikat ke tali elastik
  • Kain chiffon
  • Bubble wrap
  • Pita
  • Stapler

Cara membuat:

1. Potong kain chiffon berbentuk lingkaran dengan ukuran diameternya dua kali panjang tutu  dan 1x diameter topi.
2. Jahit potongan kain chiffon tersebut di sekelilingnya, lalu satukan dengan pinggiran rok tutu.
3. Isi dalamnya dengan bubblewrap sampai menggembung membentuk kubah.

Tutu yang sudah diberi chiffon & bubble wrap, dipasangkan ke topi

4. Pasangkan bagian pinggang rok tutu ke sekeliling topi.
5. Potong-potong bubble wrap dengan ukuran 4 x 60 cm sebanyak 10-12 buah, begitu juga dengan pita-pitanya.
6. Pasang pita berselang-seling dengan bubblewrap ke sekeliling rok tutu. Agar mudah, saya tempel menggunakan staples saja.

Naya & kostum Jellyfish buatan kami

16 Comments

  1. ninit
    ninit yunita December 16, 2014 at 7:27 am

    wiiiid!
    sumpah keren banget loh itu topi jellyfish-nya! naya pasti bangga banget deh pake ini ke sekolah… apalagi bikin berdua sama mama-nya! kereeen wid!

  2. ZataLigouw
    Zata Ligouw December 16, 2014 at 7:45 am

    Aaa mamanya Naya kreatif banget sihh, kerenn..

  3. ipeh
    Musdalifa Anas December 16, 2014 at 7:51 am

    Wiiiid, keren banget naya pakai topi ubur2. Ternyata gak susah ya, pengen nyoba jadinya munpung ada tutu bekas di lemari gak pernah kepakai lagi. Tfs ya wid
    Btw Naya udah gedee :)

  4. Kira Kara
    Bunda Wiwit December 16, 2014 at 9:38 am

    wow! Widi, kreatif sekali! Itu topi ubur-uburnya keren banget! Bisa jadi inspirasi untuk pesta kostum yaaa..! TFS

  5. eka
    Eka Wulandari Gobel December 16, 2014 at 11:59 am

    wiwid, keren bangeet! kreatif deh, setelah kue & masakan, sekarang kostum! naya pasti happy dan bangga banget pake topi buatan mama yg serba bisa ini :)

  6. Shinta_daniel
    Shinta Daniel December 16, 2014 at 2:05 pm

    Waaaah topi jellyfishnya asliik kereeeen…. lucuuuk mirip kayak jellyfish beneran…

  7. siska.knoch
    Siska Knoch December 16, 2014 at 3:27 pm

    Ngeliat foto awalnya ga kebayang kayak apa, eh bgtu uda jadi epic banget!!
    keren wit!!!

  8. rainiw
    Aini Hanafiah December 16, 2014 at 4:54 pm

    Aslik ini keren banget kostumnya Naya! ;D iya juga ya, pakai topi tinggal pluk dipasang. Keren banget lah pokoknya. Tfs yaa Wit :D

  9. mamanyanaya
    Widi Utami December 16, 2014 at 5:46 pm

    Teh ninit:: alhamdulillah sesuai ama bayangan & keinginan anaknya ini
    Zata: hehehe ini diy yg menurut gw paling gampang & sesuai ama kemampuan prakarya gw yg paspasan

  10. mamanyanaya
    Widi Utami December 16, 2014 at 5:51 pm

    Ipeh: yuk coba dibikin… Iya ya Naya keliatan gede, terakhir ketemu waktu nonton JJF dulu ya?
    Wiwit: hai,nama kita sama

  11. mamanyanaya
    Widi Utami December 16, 2014 at 5:53 pm

    Wiwit: makasih yaa :)
    Teh Eka: ini bakat teh, bakat kepepet

  12. mamanyanaya
    Widi Utami December 16, 2014 at 5:54 pm

    Shinta: diliat2 emang mirip earnie & bearnie, jamaican jellyfish yg ada di the shark tale ya?

  13. mamanyanaya
    Widi Utami December 16, 2014 at 5:55 pm

    Siska: mamaci mommyluv… Yuk coba bikin…

  14. mamanyanaya
    Widi Utami December 16, 2014 at 5:56 pm

    Aini: iya, kalo pake topi, bikinnya gampang, tinggal dipasangin ke topi. Anaknya juga gampang lepas-pakenya. Yuk coba bikin, tambahin glow stick/bando yg ada LEDnya biar bisa glowing jellyfishnya

  15. cindy
    cindy vania December 16, 2014 at 7:24 pm

    mbsk wiwiiid kreatif banget sih! keren lho jadinya :D
    Naya happy banget ya pasti bisa bikin kostum berdua sama mama :)

  16. gabriella
    Gabriella Felicia December 17, 2014 at 1:19 pm

    Wiwit, ini keren banget! Pasti Naya bangga banget pas pakainya ke sekolah deh…

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.