Kapan Sebaiknya Anak dibawa ke Dokter Gigi?

The Urban Mama
Have question for our experts ?
Feel free to ask them here!

 

drg. Nila Alya Moechtar

Pendidikan: FKG di Universitas Indonesia, PPDGS IKGA UI, Hospital Management MM Unpad.

Managing Director & GP Dentist The Smile Center.

Q:  Dok, anak saya umur 4 tahun, belum pernah ke dokter gigi. Sebaiknya kapan ya anak dibawa ke dokter gigi? Terima kasih.
– Pertanyaan dari Ninit Yunita

A:  Dear Mama Ninit, terima kasih atas pertanyaannya.

Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan informasi, tingkat kepedulian orang tua terhadap kesehatan anaknya pun meningkat, akhir – akhir ini sudah semakin banyak orang tua datang ke dokter gigi membawa anaknya di usia dini, tidak seperti saat kita kecil dulu sering dikatakan “kenapa harus dirawat, gigi sulung kan nanti juga akan digantikan gigi tetap”, kini gigi sulung sudah lebih mendapatkan ‘tempat’ di hati orang tua. Namun sayangnya, walau datang di usia dini, kebanyakan datang sudah dengan masalah, misalnya orang tua datang karena gigi anaknya mulai kecoklatan, atau bahkan anak sudah sering sulit makan atau menolak disikat giginya.

The Academy of General Dentistry (AGD) and the American Dental Association (ADA) menyarankan orang tua membawa anaknya ke dokter gigi 6 bulan setelah anak tumbuh gigi sulung pertama, biasanya pada usia 1 tahun dan 18 bulan. Pada kunjungan tersebut, dokter gigi akan lebih banyak berbincang – bincang dengan orang tua, membekali orang tua dengan pengetahuan mengenai nutrisi, tumbuh kembang anak khususnya gigi dan mulutnya.

Gangguan kesehatan gigi anak yang paling sering terjadi adalah kerusakan jaringan keras gigi yang disebut Karies atau sering kali disebut gigi berlubang, gigi gripis, dll. Kunjungan dini ke dokter gigi terutama bermanfaat bagi anak anak yang minum susu formula dan ASI, jus yang mengandung asam karena kelainan dapat ditemukan dari tahap awal dan menghindarkan kerusakan lebih jauh yang dapat mengganggu tumbuh kembang anak secara keseluruhan dan akan menjadi lebih mahal dan berkepanjangan bila diatasi setelah keadaan menjadi lebih lanjut.

Selain itu, dengan memperkenalkan anak ke dokter gigi dan lingkungan tempat praktik dokter gigi beserta alat dan orang orang yang terlibat dalam kunjungannya, rasa was was sang buah hati bisa berkurang pada kunjungan rutin berikutnya. Alangkah baiknya, bila anak datang ke dokter gigi sebelum ada keluhan, agar kunjungan menjadi lebih efektif dan terasa menyenangkan baik bagi anak maupun orang tua.

Remember, “Prevention is better than cure”.

if you have question to our resident doctor, please don’t hesitate to send it to us.

*model: Karinadya.

dok,anak saya yg kedua lahir dgn operasi caesar karena terlilit usus dgn bb 1,85 dan panjang 42cm.2 hr setelah lahir jaundice dan di sinar satu sesi.umur 6 bulan saya periksakan dan tes macam2 dr BERA,THT,usg jantung,ct scan head,tulang,tes kromosom dan TORCH.kromosom dll bgs tp tes TORCH menunjukkan kalau rubella IgG positif 20,7.dan dr spesialis tulang mengatakan kalo anak saya pasti kena cerebral palsy tp yg mild.skg anak saya sudah berumur 13 bln..blm bs duduk sendiri,kalo didudukkan kadang jatuh ke belakang atau nyungsep ke depan,blm bs merangkak.br saja bs berdiri sendiri dengan berpegangan tp juga cuma kadang2 dan blm terlalu kuat.pinggulnya lemah sekali klo diberdirikan badannya pasti cenderung ke depan tp  pinggulny tdk bs lurus.saya pernah baca klo bayi dengan berat lahir rendah dan kuning pasti ada resiko CP lebih besar.bulan depan saya mau cek up lg ke singapura untuk second opinion.mohon saran dan pendapat dokter..terima kasih banyak

13 Comments

  1. superpippo
    Astrid Lim June 2, 2010 at 7:52 am

    wah, baru tahu kalau anak bisa dibawa ke dokter gigi di usia dini…supaya lebih friendly juga kali ya buat mereka…thanks infonya ya dok =)

  2. herliana85
    June 2, 2010 at 8:06 am

    terima kasih dok atas sarannya. Harus ingat.. 6 bulan setelah tumbuh gigi sulung..

  3. dindai
    Dini Setyowati June 2, 2010 at 9:19 am

    Reena udah lewat 6 bln dari tumbuh gigi dan belum pernah ke dokter gigi juga. huhuhu
    Terima kasih ya Dok sudah mengingatkan. dalam waktu dekat pasti saya ajak ke dr.gigi.

  4. eka
    Eka Wulandari Gobel June 2, 2010 at 9:26 am

    Aah..baru tau kalo umur 1thn udah bs dibawa ke dr.gigi.
    Udah telanjur gigi enzo kuning2 kerendem susu :-(
    Enzo blm bisa kumur2 siih..ditelen melulu airnya..
    Tfs, dok..

  5. weendee
    Windy June 2, 2010 at 9:40 am

    Waaww ada drg alya..alhamdulillah chise belum terlambat banget utk akhirnya mau ke drg. Proses yg panjang, tapi ga ada kata terlambat, yuk mama ke drg :)

  6. herliana85
    June 2, 2010 at 10:45 am

    Mau tanya juga nih dok:
    1.kalau untuk anak balita sebaiknya pada usia berapa diharuskan gosok gigi?

    2. untuk pasta gigi yanga aman itu yang seperti apa, karena kebiasan anak suka menelan apa yang telah masuk ke dalam mulut?

    3. jenis vitamin apa yang cocok buat pertumbuhan gigi si kecil?

  7. sLesTa
    shinta lestari June 2, 2010 at 11:11 am

    wah berarti ini yang ngutang ke dokter gigi bukan cuma anaknya doang nih di kasus gue.. mamanya juga overdue banget belom bikin appt ke dokter gigi udah lama. hmm… oke lah, mari cari dokter gigi … :P

    thanks yah dok!

  8. weendee
    Windy June 2, 2010 at 11:30 am

    sismedia24 : ke thread sikat gigi yukk, lengkap ngobrolnya :)

  9. YSee
    Yesi Yulia R./Wisesa June 2, 2010 at 11:42 am

    dr alya..rasya dah bikin appointment 2 kali nih tp dr alya lg sakit:(

  10. ninit
    ninit yunita June 2, 2010 at 1:38 pm

    drg alya, terima kasih ya atas penjelasannya :) semangaaat ngajak alde ke dokter gigi.

  11. June 2, 2010 at 3:09 pm

    aduh, sama nih, aina masih ngutang ke dokter gigi… moga2 blum terlambat…

  12. otty
    Pangastuti Sri Handayani June 2, 2010 at 5:13 pm

    Tadinya gue pikir anak diajak ke dokter gigi pas umur 3 taunan gitu, ternyata ga ya? Oya, gigi sulung itu gigi susu bukan sih? Berarti bisa ya bentar lagi ngajak Nara ke dokter gigi :)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.