Kaus Huruf Pertama Nama Anak

Luluk Maslachah

Daripada dibiarkan polos, lagipula anak jadi bisa belajar bentuk huruf pertama namanya. Ayo kita coba sama-sama…

1. Siapkan kaus polos sesuai ukuran anak.

2. Buatlah pola di atas kertas polos atau karton bekas, bentuk sesuai bentuk huruf yang diinginkan. Sehingga hasilnya seperti pada gambar.

3. Jiplak potongan huruf yang sudah dicetak pada kain bermotif dan diteruskan dengan meletakkan potongan huruf kain bermotif di atas kain viselin.

4. Setrika kain bermotif yang sudah dipotong di atas viselin.

5. Jahit Kain Motif berbentuk huruf tersebut pada bagian depan kaos polos dengan teknik tusuk feston perca.

6. Inilah hasilnya kaus polos si kecil sudah ada hiasan huruf pertama nama si kecil dari kain bermotif.

Keren saat dipakai sekaligus bisa mengajak anak mengenali huruf pertama namanya sendiri.

Selamat mencoba dan berkreasi!

21 Comments

  1. hary
    hary augustina August 3, 2012 at 8:31 am

    mbak. kain viselinnya ikutan di jahit ya?
    untuk mencegah agar kain bentuk huruf tidak berumbai atau lucut benangnya gimana mbak?

    1. Kira Kara
      Bunda Wiwit August 3, 2012 at 12:06 pm

      penasaran juga sama pertanyaan ini?
      @Thalia: binggi, gimana ya caranya?

      1. Luluk Maslachah
        Luluk Maslachah August 3, 2012 at 3:21 pm

        @ Thalia : sudah terjawab spt pertanyaan Bunda sri yah.. :-) SUpaya tidak lepas benang2 bagian pinggir kainnya, sebelum dijahit kain percanya ditempel dengan kain viselin jadi kain percanya menjadi agak tebal dan lengket ke viselin.
        Selamat berkreasi yah.. :-)

      2. August 5, 2012 at 10:40 am

        @kira kara – kalo aku sih, karena waktu itu ga punya viselin, jadi digunting lebih lebar, trus dilipet kedalem… blog entrynya ada disini. tapi sebenernya kalo punya viselin, lebih gampang, jadi tinggal langsung jait aja, ga perlu lipet2.

    2. Luluk Maslachah
      Luluk Maslachah August 3, 2012 at 3:16 pm

      @ Bunda Sri : iya, kain viselinnya ikut terjahit, kan nempel (disetrika dulu) dengan kain katun percanya, Fungsi Menempelkan kain viselin adalah supaya kain bentuk huruf tidak berumbai atau lucur benangnya.. selamat mencoba yah.. :-)

  2. August 3, 2012 at 10:43 am

    hihihi lucu! aku bikinnya bukan di kaos, tapi di tas kain aina… dipasangin huruf A gede juga :D

    1. Luluk Maslachah
      Luluk Maslachah August 3, 2012 at 3:18 pm

      @ Thalia Kamarga : hehehhee keren juga dong.. sippp….spy tasnya gak ketuker dan gampang dicarinya yah.. :-)

  3. ninit
    ninit yunita August 3, 2012 at 3:52 pm

    lucuuu!
    kreatif banget! hasilnya kereeen!

  4. Luluk Maslachah
    Luluk Maslachah August 3, 2012 at 3:54 pm

    @ Ninit Yunita : tengkyu….yuuukk bikin juga yuuukkk buat si kecil :-)

  5. Esti Diestie
    Esti Diestie August 3, 2012 at 3:55 pm

    lucuu..kreatif..mau coba buat juga..;D

    1. Luluk Maslachah
      Luluk Maslachah August 6, 2012 at 4:10 pm

      oke.. sipp…. ayoo berkreasi juga… :-)

  6. Kikipriskiana
    Kikipriskiana August 4, 2012 at 8:48 pm

    Pake kain flanel bagus juga kayaknya mom ;)

    1. Luluk Maslachah
      Luluk Maslachah August 6, 2012 at 4:12 pm

      Iya, pake kain flanel juga Oke, sebelumnya saya juga suka bikin kaos hias flanel, cuman skrg suka yang bahan katun motif-motif gitu… dan bahannya tidak berbulu kalau dicuci.. :-)

  7. galuh.dewi
    Galuh Swandradewi August 6, 2012 at 12:51 pm

    kreatif, layak dicoba ni

  8. Luluk Maslachah
    Luluk Maslachah August 6, 2012 at 4:13 pm

    makasih.. yuukk.dicoba juga yuukkk, bisa dengan motif lain loh.. gak harus kotak-kotak motifnya, jd lebih bervariasi :-)

  9. Honey Josep
    Honey Josep August 9, 2012 at 11:55 am

    wah, keren!

    tfs yaaa

    1. Luluk Maslachah
      Luluk Maslachah August 29, 2012 at 11:09 am

      Makasih.. sama-sama… :-)

  10. hary
    hary augustina August 14, 2012 at 2:12 pm

    baru tau kalo bahannya namana viselin, tak coba cari di toko jual barang jahitan, gak tau penjaganya.

    nih lagi cari cari kain viselin , ketemunya Rp.17500/90 cm (yard) kalo bahasa penjualnya. kira kira mm segitu yo mom?

    uddah siapin pola huruf E. tinggal dijahit pake tusuk feston, heheh, mari mulai menjahit…(siap siap jari ketusuk)..

    1. Luluk Maslachah
      Luluk Maslachah August 29, 2012 at 11:11 am

      @ Mom Sri : iya carinya di toko penjual bahan dan alat jahit. sepertinya harga per meternya gak sampai segitu deh, saya beli viselinnya krg lebih 4rb / 5rb per meternya.. hehehe
      oke deh moga sukses bikin kaos hurufnya yah… :-)

  11. zouall
    Nuzulah Iqbal December 11, 2012 at 1:44 pm

    suka deh….. *asyik… :)

  12. Mamaway
    Carolyne Lee April 18, 2013 at 11:06 am

    @Mom Luluk bagus!!! cm kalau habis dicuci bs rusak nda soalnya vislinnya kan ga ketutup sempurna? sblmnya aku jg pernah buat kaos serupa, tapi bukan dijahit, tapi di print langsung di kaos pake jasa printing gitu (www.printingkaos.com) hehe btw Aku jadi pingin buat juga ^^

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.