Kebiasaan Menghisap Jari

The Urban Mama
Have question for our experts ?
Feel free to ask them here!
dr DewiDrg. Dewi Sughesti Hika
Praktek di SENTRA Dental Care Bintaro, bisnis bersama suami tercinta dan mengurus 2 anak yang manis dan lucu

Q:  Apakah Kebiasaan Menghisap Jari Menyebabkan Protrusif?

A:  Kebiasaan memasukkan jempol kedalam mulut bila dilakukan berulang ulang setiap malam dalam jangka waktu yang lama, memang akan mempengaruhi posisi atau kedudukan gigi anak terutama gigi depan rahang atas. Karena bila terjadi terus menerus akan mengakibatkan terdorongnya posisi mengikuti lengkung jari jempol sehingga akibatnya gigi terlihat lebih maju posisinya atau biasa disebut tonggos (protrusif) dan ini bukan hanya karena jari jempol, tapi jari lain juga sama saja apalagi kalau 3 jari sekaligus. termasuk juga dot (empeng) atau botol susu. Bahkan pada kebiasaan menghisap botol susu, lebih menimbulkan kerusakan karena sifat susu yang asam dan juga ada kandungan gula sehingga merusak email gigi sehingga timbul karies. Jadi apapun itu bendanya sebaiknya hindari kebiasaan masuk ke dalam mulut

if you have question to our resident doctor, please don’t hesitate to send it to us.

10 Comments

  1. udhien
    Mohammad Syafiuddin March 24, 2010 at 6:57 am

    Cara penanggulangannya gimana ya? Soalnya ponakan demen banget ngisep jari jempolnya buat ganti dot-nya.

  2. ninit
    ninit yunita March 24, 2010 at 7:10 am

    anak saya suka menghisap jempol. tapi saya biarkan dok. umurnya 7 bulan. kira-kira selama apa-kah kebiasaan menghisap jari ini bisa menyebabkan protrusif? (2-3 tahun atau kurang dari 1 tahun?).

    terima kasih.

  3. superpippo
    Astrid Lim March 24, 2010 at 7:59 am

    dok, thanks buat infonya…yofel juga sekarang lagi suka banget isep jempol (setelah sebelumnya ngempeng, tapi sekarang sepertinya empeng udah nggak menarik lagi buat dia). kita udah berusaha segala cara untuk menghentikan kebiasaan ini, mulai dari mengalihkan perhatiannya dengan mainan, membuat tangannya sibuk, dll. tapi tetep aja, menjelang tidur, akhirnya isep jempol lagi. gimana ya menghilangkan kebiasaan ini? atau dibiarkan aja dulu sampai usia tertentu? soalnya dulu pengalaman adik saya, mama sampai mengoles jarinya dengan bratawali supaya dia berhenti isap jempol, hehe…

  4. Sukma
    Sukmawati yusup March 24, 2010 at 8:33 am

    Sama nieh, Asa(almost 5mos) juga suka isap2 jempol.. tapi saya biarin aja.. abis kaya’nya dia enjoy bgt… kira2 smp berapa bln kita bisa toleran ama hal ini ya dok..?

  5. ipeh
    Musdalifa Anas March 24, 2010 at 9:13 am

    Sepertinya isap jempol mungkin nikmat kali ya buat anak2 kita, kayanya sebagian besar anak suka dgn kebiasaan ini. Kenapa ya dok? Lana juga sering bgt masukin jari/isap ke mulut, awalnya saya sangka mau numbuh gigi kaliya, tapi isap jempolnya malah keterusan sampe sekarang (15mos). Gimana cara ‘ngelarangnya’ ya dok? Sama dgn pertanyaan sukma dan teh ninit, sampai umur berapa kita bisa toleran dgn kebiasaan ini?

  6. mama alesha
    Lila Saputra March 24, 2010 at 10:11 am

    wah senang sekali TUM membahas topik ngemut jari ini,soalnya zahra juga lagi seneng banget ngemut jari.susah menghilangkan kebiasaan itu.idem sama yg lain saya juga ingin tahu sampai berapa lama kita bisa toleran sama kebiasaan ini.terimakasih penjelasannya ya dok

  7. amaria
    amaria March 24, 2010 at 2:06 pm

    ugh..bener2 butuh jawaban nih utk sampe umur berapa kebiasaan ini bisa ditoleransi, plus cara menghentikannya. Anakku (5 bulan) jg parah banget ngemut jarinya. Hampir di setiap kesempatan kerjaannya ngemut jari aja terus :(

  8. epiepi
    selvi purnamasari March 24, 2010 at 4:16 pm

    waduh..anakku dari umur 4 bulan sampai sekarang mau hampir 3 bulan, ngenyot jempol kalau mau bobo. Gimana ya?? :-(

  9. siska.knoch
    Siska Knoch March 24, 2010 at 10:47 pm

    Iya iya.. bener.. Miguel juga mulai rajin nyot-nyot jempol, awalnya saya sering tarikin tangannya biar ga jadi kebiasaan, tp temen saya bilang (*konon suaminya dokter) “biarin aja ga usah dilarang krn melatih motorik oralnya..” walaupun temen tahu efek sampingnya pertumbuhan gigi nanti jadi agak maju.. sooo.. dilarang apa dibiarin bu dokter???
    makasi

  10. Mirza Resita
    March 31, 2010 at 10:29 pm

    Iya ni… Anak ku juga sukanya ngisep jari, malah 2 jari sekaligus. Carannya gimana ya buat ngilangin nya?

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.