Kehebatan ASI

Saat menjadi seorang ibu, saya baru sadar kalau itu artinya harus terus belajar guna memberikan yang terbaik bagi buah hati saat ini dan masa depannya. Banyak sekali pelajaran berharga yang saya dapatkan setelah memiliki dua buah hati, salah satunya tentang kehebatan ASI.

ASI selama ini saya pikir hanyalah sebatas asupan yang dibutuhkan bayi, tetapi ternyata ASI punya banyak manfaat lain yang mengagumkan. Seperti kita semua ketahui, ASI adalah asupan yang mengandung nutrisi dan berbagai zat yang lengkap untuk mencukupi kebutuhan bayi. Saat ini saya jadi tahu manfaat ASI yang pernah saya alami bersama si kecil:

1. ASI sebagai antibodi

Saat saya terserang flu, saya bertanya-tanya mengapa si kecil tidak tertular penyakit yang sedang saya derita, padahal saya selalu berada di dekatnya. Ternyata kandungan dalam ASI bermanfaat membentuk antibodi pada tubuh buah hati yang dapat menangkal penyakit.

2. ASI sebagai antibiotik

Dalam ASI juga terdapat kandungan antibiotik alami guna menyembuhkan penyakit yang diderita bayi. Anak saya pernah mengalami diare saat berusia 1 bulan, selain saya menjaga pola makan, Saya juga ekstra menyusui. Dan benar saja, lagi-lagi kehebatan ASI terlihat, si kecil  berangsur pulih dari diarenya.

3. ASI sebagai anti alergi

Saat cuaca tidak menentu dan matahari sering kali tidak menampakkan dirinya membuat butuh waktu lebih lama untuk mengeringkan pakaian, dan tidak jarang saya memakaikan popok sekali pakai seharian, sehingga timbul ruam popok. Setelah bertanya pada orangtua dan beberapa teman mengenai ruam popok, banyak yang menyarankan mengoleskan ASI fresh pada ruam setelah kulit dibersihkan. Ternyata benar, kulit bayi yang semula ruam kemerahan berangsur sembuh dan menghilang. Saya pun mengoleskan ASI pada biang keringat di lipatan leher bayi dan biang keringat itu sembuh setelah rutin saya olesi dengan ASI.

4. ASI sebagai Obat Alami

Banyak orangtua secara turun-temurun menggunakan ASI sebagai obat alami untuk menyembuhkan luka atau penyakit yang awalnya pun saya tidak percaya dan berpikir ini hanya mitos. Karena penasaran, akhirnya Saya mencoba apa yang disarankan oleh orangtua saya seperti mengoleskan ASI fresh saat kulit bayi terluka tergores kukunya, mengoleskan ASI pada bekas gigitan nyamuk, dan meneteskan ASI saat mata bayi saya memerah karena iritasi. Dan ternyata benar, keluhan pada bayi saya teratasi, saya merasakan sendiri khasiat obat alami yang terkandung pada ASI untuk bayi saya.

 

Saya merinding dan bersyukur mengetahui kehebatan ASI, tanpa kita sadari, selain hemat, ASI banyak menyimpan manfaat dan Saya semakin bangga dapat memberikan ASI Eksklusif pada Aiko. Semoga saya bisa terus menyusuinya sampai berusia dua tahun.  

7 Comments

  1. avatar
    Retno Aini January 4, 2017 4:42 pm

    Masha Allah ya, ASI memang yang terbaik buat si kecil deh. Dulu pas kulah belajar fisiologinya proses menyusui, saya cuma yang "yeah, yeah, ok, ASI bagus". Begitu punya anak & menyusui, baru deh mata kebuka sendiri betapa bagusnya manfaat ASI buat anak. Tfs yaa mama Ayu :D

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Sugiharti Sudiono January 4, 2017 11:44 am

    Semangat MengASIhi yah mama Ayu,belajar dari anak pertama yang tidak bisa ASIX anak kedua alhamdulillah bisa ASIX dan terus pumping menuju usia 2 tahun. untuk meminimalisir alergi jadi bener2 full ASI.

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Marsha Maria December 31, 2016 7:37 pm

    yes ASI is the best! semua yang dibutuhkan bayi sudah bisa dipenuhi dengan ASI SAJA.. khasiatnya pun luar biasa ya.. semangat buat semua mama menyusui..

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Eka Gobel December 30, 2016 3:39 pm

    Memang hebat yaa ASI itu. Makasih ayu infonya, pasti bikin ibu menyusui yg lain makin semangat deh ngasih ASI utk buah hati :)

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Shinta Daniel December 29, 2016 10:02 am

    Semangaaat mama Ayu, ASI is the best. Semoga sukses terus memberikan yang terbaik untuk si kecil...

    1. avatar

      As .