Keseruan Festival Dongeng Internasional Indonesia 2016

Ini adalah pertama kalinya kami mengajak Azani ke museum dan bertepatan dengan diadakannya event Festival Dongeng Internasional Indonesia (FDII) 2016. Festival Dongeng Internasional Indonesia ini diadakan tanggal 5-6 Desember 2016 di Museum Nasional atau dikenal juga dengan sebutan Museum Gajah. Museum Nasional sendiri terletak di pusat kota yakni di Jl. Medan Merdeka Barat 12, sehingga akses menuju ke sana pun ada banyak pilihannya seperti naik bus TransJakarta, bus wisata Jakarta dan kendaraan berbasis online yang belakangan ini sangat banyak bermunculan. Dari Monumen Nasional (Monas) pun hanya butuh waktu 5 menit untuk mencapai lokasi.

 

 

Selain ingin mengenalkan Azani pada museum, saya tertarik dengan acara yang diadakan oleh komunitas “Ayo Dongeng Indonesia” tersebut. Karena acara seperti itu biasanya hanya diadakan satu kali dalam setahun. Ini adalah kesempatan bagus untuk membawa Azani ke tempat baru, melihat dan belajar mengenai hal-hal menarik di luar sana.

festdongeng5 

festdongeng6

 

Pada acara tersebut ada banyak dongeng yang ditampilkan, tidak hanya dari Indonesia, namun juga dari berbagai negara seperti Singapura, Korea Selatan, Thailand, dan lainnya. Menarik sekali mengingat bahasa pengantar mereka tentu saja bukan Bahasa Indonesia, namun tidak perlu khawatir karena pada saat pendongeng tersebut bercerita, ada penerjemah yang membantunya menyampaikan dalam Bahasa Indonesia.

 festdongeng3

festdongeng4

 

Selain penampilan dongeng tersebut, ada banyak aktivitas lainnya yang dihadirkan oleh pihak penyelenggara, sebut saja pameran hasil ilustrasi anak-anak, kelas melukis, doodling, Taman Cerita, workshop dongeng untuk orang tua, juga beberapa booth yang disediakan untuk menjual hasil-hasil karya kreatif para UKM ataupun pebisnis online.

festdongeng7

festdongeng2

 festdongeng8

festdongeng9

 

Menyenangkan sekali datang ke acara Festival Dongeng Internasional Indonesia 2016 ini, rasanya betah seharian menghabiskan waktu di sana karena banyaknya kegiatan yang bisa diikuti oleh si kecil. Festival dongeng ini tentunya diharapkan dapat memberikan motivasi lebih kepada para orang tua untuk membacakan dongeng untuk anak-anaknya di rumah. Semoga tahun depan acara seperti ini dapat terlaksana kembali, agar dongeng-dongeng terutama dari Indonesia dapat terus dilestarikan.

 

8 Comments

  1. avatar
    Leila Niwanda December 21, 2016 8:23 am

    Waah, sepertinya kita ke sana di hari yang sama, Mba, seru ya memang :).

    1. avatar
      hanana fajar December 22, 2016 10:30 am

      wahhh iyaakah mba leila? cobaa kenal yaa bisa janjian deh hehe..bangettt ya mba, ga sbr nunggu acara seperti ini lagi:)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  2. avatar
    ninit yunita December 21, 2016 7:36 am

    seru banget yaaa festival dongeng ini. anak-anak pasti suka yaaa yan... azani pasti betah yaaa. tahun depan janjian yuk buat bareng-bareng ke sini. :)

    1. avatar
      hanana fajar December 22, 2016 10:30 am

      iya teh nit, asli ga nyangka acaranya keren banget, dan ruamee bangettt karena cuma pas weekend.. Hayuk teh Nit, Insya Allah kalau ada acara seperti ini lagiii kita ketemuan yuk teh:)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  3. avatar
    Retno Aini December 20, 2016 3:30 pm

    Seru banget ya, dan ramai pengunjung! Semoga di Jakarta makin banyak diadakan event2 ramah anak seperti festival dongeng ini... Terima kasih yaa mamaYana buat sharingnya :D

    1. avatar
      hanana fajar December 22, 2016 10:35 am

      iyaa ainiiii,,,ruamenyaa bangettt...dan seru bgt asliii:) Aamiin iyaa smoga banyak event serupa dan rutin diadain terus... samaa samaaa mama ainiii makasiii jg ya:)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  4. avatar
    Siska Knoch December 20, 2016 10:58 am

    Wuiiih seru banget yah event festifal dongen ini.
    Aaah sayang lagi diluar kota jd ga sempat bawa anak2 kesini.
    makasi sharingnya mama yana :*

    1. avatar
      hanana fajar December 22, 2016 10:35 am

      iyaa chikaa bangettt hehe... Insya Allah yang tahun depan bisaa ikutan yaaa... samaa-samaa chikaa makasi jg yaa:)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .