Ketika Lintang Melihat Lebih Dekat

bunda_emprit

Berawal dari perkenalan melalui buku, lagu, game, puzzle dan mainan membuat Lintang tahu berbagai jenis alat transportasi. Mulai dari bus, eskavator, truk, sepeda, mobil, sepeda motor, dan bahkan becak. Kalau di jalan kebetulan kami melihat alat transportasi itu, dengan semangat kami menunjukkannya pada Lintang dan ia sangat senang.

Karena itulah saya dan ayahnya bersemangat untuk menemani Lintang berpetualang, melihat dari dekat alat-alat transportasi yang belum pernah ia lihat bentuk aslinya.

Pesawat Terbang

Kami belum pernah mengajak Lintang naik pesawat dan hanya pernah melihat pesawat yang kebetulan lewat di udara. Mendengar suara pesawat di halaman rumah saja ia sudah heboh. Jadi, ke mana kami bisa melihat pesawat lebih dekat? Akhirnya kami mengajak Lintang ke bandara Soekarno Hatta. Berharap bisa melihat pesawat landing – take off, tapi karena kami cuma berkeliling dari satu terminal ke terminal lain, jadinya Lintang hanya bisa melihat pesawat parkir di hanggar.

lintang pesawat

Mobil Pemadam Kebakaran

Lintang tertarik dengan mobil pemadam kebakaran ini karena ia belum punya versi mainannya. Lintang sering menjadi bersemangat kalau mendengar suara sirine pemadam kebakaran. Akhirnya saya mencoba mencari tahu lokasi kantor pemadam kebakaran terdekat, dan mengajak Lintang untuk mengunjunginya.

pemadam

 

Kereta Api

Lintang paling suka kereta, apalagi sekarang ia sudah bisa menyanyikan lagu Kereta Api. Kami mengajak Lintang ke Stasiun Lemah Abang yang kebetulan cukup dekat dengan rumah kami. Berpanas-panas kami mengajak Lintang ke stasiun, dan matanya langsung berbinar-binar ketika bisa melihat kereta secara langsung.

stasiunnya kecil :)
Karena di Stasiun Lemah Abang hanya melihat-lihat saja kereta yang datang dan pergi, akhirnya kami memutuskan untuk mengajak Lintang naik KRL. Kami pun pergi ke Stasiun Bekasi. Cukup ramai juga, padahal hari Minggu. Awalnya Lintang masih diam saja di gendongan, tapi lama-kelamaan ia mulai menikmati perjalanan naik kereta. Kami naik kereta PP Bekasi – Jakarta Kota, tidak pakai turun dari kereta. Ternyata sebenarnya harus turun dulu di Jakarta Kota untuk membeli tiket pulang, jadi sistemnya tidak sama dengan Trans Jakarta yang tidak perlu bayar lagi kalau tidak keluar dari halte.

kereta

Hal-hal sederhana seperti mengajak anak melihat langsung benda-benda yang pernah mereka lihat gambarnya di buku atau di televisi membuat mereka sangat senang. Berkesan sampai ceritanya diulang-ulang terus. Ini membuat kami semangat mengajak Lintang melihat lebih dekat apa yang sudah ia kenal melalui buku.

8 Comments

  1. mama_Nara
    mama Nara August 14, 2014 at 8:40 am

    great ! ide bagus tuh, mau ngajak Nara juga ke bandara juga, ke soeta atau pondok cabe mungkin bisa ketemu yang lagi take off. Kalau lihat alat transportasi lainnya yang diparkir bisa ke museum ABRI (sayang perawatannya sangat minim) atau museum trasportasi di TMII (belum pernah yang ini). Usul nih kapan-kapan ajak ke pelabuhan atau ancol bisa lihat atau bahkan nyoba naik kapal atau kereta gantung sekalian. Nara juga suka sekali dengan alat-alat trasportasi tapi yang baru dicoba baru yg umum dari bis, angkot, andong, bemo, becak, Bajaj biru & merah, kreta CL & odong-odong sampai Trans-J gandeng mumpung masih ada disekitaran jabotabek :)

  2. vee_chan
    vera dp dewi August 15, 2014 at 9:02 am

    Lintaaanngg… kalo anak cowok emang paling seneng sama transportasi yah… ide buat Arai nih ^^ Thx for share jeng wulan

  3. bunda_emprit
    wulan wahyudi August 15, 2014 at 9:39 am

    @mama nara : waah…nara udah banyak pembendaharaan transportasi nya. lintang belum pernah naik bajaj.

    @vera : iya…anak cowok gak jauh2 dari truk n teman2nya.

  4. gabriella
    Gabriella Felicia August 15, 2014 at 8:31 pm

    Wah, pasti Lintang senang banget tuh pas bisa lihat mobil pemadam dari dekat. Bahkan bisa pegang ambulans yang parkir di rumah sakit aja si Albert udah senang banget!

  5. ZataLigouw
    Zata Ligouw August 17, 2014 at 3:10 pm

    wow kebayang deh senengnya Lintang, petualangannya seruuu banget soalnya..

  6. bunda_emprit
    wulan wahyudi August 18, 2014 at 9:12 am

    @mommy albert : he….seneng banget dia, apalagi pas adegan liat kereta lewat.

    @zata : seru….emaknya aj suka :)

  7. eka
    Eka Wulandari Gobel August 19, 2014 at 4:27 pm

    waah lintang kelihatan senang sekali yaa.. tapi memang bener sih ya, dari hal-hal yang sederhana, anak-anak sudah senang sekali dan bisa belajar banyak. tfs ya, mama lintang :)

  8. bunda_emprit
    wulan wahyudi August 20, 2014 at 2:24 pm

    @eka : yaaa….seneng banget. smua hal baru bikin dia amazing. bahkan ketika lihat becak skalipun :)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.