Kista Endometriosis

dr.riyana
Riyana Kadarsari, dr., SpOG Pendidikan: S1 FK Universitas Indonesia. Obgyn di RSIA Hermina Ciputat.
Have question for our experts ?
Feel free to ask them here!

Question:
Hi dr Riyana,
Perkenalkan nama saya Arneza, tanggal lahir 11 September 1988. Saya menikah dengan pria yg bernama Ahmad Faqih, sejak tanggal 1 Juni 2013. Saya divonis menderita kista endometriosis sejak tahun 2009 dengan ukuran kanan 5,6 cm kiri 3 cm sejak itu saya menjalani pengobatan dari berbagai macam dokter, akhirnya saya menjalani terapi hormon dengan pil KB dengan merk diane selama 3 bulan dengan anjuran dokter Bramudito RSPI, dan sela 3 bulan setelah terapi tersebut saya pindah ke dokter di rumah sakit Brawijaya Women and CHildren dengan Prof. Nugroho Kampono (2010), beliau memberikan saya terapi suntik hormon selama 3 bulan dan disetiap bulannya saya cek kista saya ternyata mengecil menjadi 2 cm kiri dan kanan tetapi di bulan ke 3 di pertengahan jalan saya berhenti dikarenakan hasil medical check up saya menyatakan ada kenaikan fungsi hati akhirnya saya berhenti
pengobatan kista saya dan men-istirahatkan liver saya.

Saya menikah dan saya seperti kesulitan memiliki anak, dan kebetulan menstruasi saya siklusnya berantakan dari januari 2013 mungkin dikarenakan stress menjelang persiapan pernikahan. Setelah menikah saya ke dokter Nugroho Kampono lagi dan beliau menyatakan
kista saya membesar lagi 3,9 kanan dan 2,2cm kiri dan beliau memberikan saya obat “provera” selama 3 bulan.

Yang menjadi pertanyaan saya:
1. Apakah obat-obat tersebut bisa membahayakan kesuburan saya mengingat
saya sudah sering menjalankan terapi hormon?
2. Apakah ada pengaruh dengan kehamilan dengan kondisi ukuran kista saya?

Terimakasih sebelumnya ya, Dok.
Neza
[email protected]


Halo Mama Neza,
Kista endometriosis atau kista coklat termasuk kista jinak namun memang sifatnya rekurensi tinggi.
Terapinya memang dengan obat-obatan hormonal. Jika pasien belum hamil maka diupayakan pengobatannya selaras dengan program hamilnya. Karena dengan kehamilan akan menurunkan pertumbuhan kistanya. Kecuali pasien tidak ingin hamil maka pengobatan diupayakan untuk mengurangi nyeri dan menekan pertumbuhannya bisa dengan pil KB dsb.

Tindakan operasi biasanya jika kista membesar.
Kista bukan penyebab seseorang tidak hamil. Tapi mungkin bisa mempersulit. Ada juga pasien yang hamil dengan kista. Jadi untuk masalah kesuburan sebaiknya cek pasangan juga. Jangan hanya fokus ke kista saja. Atur siklus menstruasinya. Normal 21 sd 35 hari. Jika masih berantakan coba juga olahraga teratur dan konsultasikan lebih lanjut untuk dicari penyebabnya.

Untuk kasus endometriosis jika tidak respon dengan hormonal pertimbangkan laparoskopi. Sekaligus evaluasi kondisi saluran tuba dsb. Jangan lupa untuk program kehamilan periksa pasangan juga.

Setelah laparoskopi, mungkin akan diberikan suntikan gnrh analog untuk mengurangi rekurensi dalam 2 tahun pertama. Lalu langsung program hamil.

Semoga membantu ya, Mama Neza.

18 Comments

  1. Kira Kara
    Bunda Wiwit October 29, 2013 at 5:10 pm

    jadi nambah ilmu. Karena teman kantor ada yang mengalami hal serupa, hamil dengan kista. Seiring pertumbuhan janinnya, kista terhambat pertumbuhannya dan hilang. Terima kasih pencerahannya ya dok! :)

  2. galuh.dewi
    Galuh Swandradewi October 30, 2013 at 9:46 am

    Dear arneza, menurut saya justru yang terpenting adalah jaga kondisi psikologis arneza & suami. Saya juga punya kista, th 2006 sudah pernah dioperasi dan ada lagi di tahun 2007. Menikah di th 2009 dan punya anak di th 2012.
    Hemat saya, sehebat apapun pengobatan dan usaha kita, tapi kalau tidak diimbangi dengan sikap pasrah, tenang dan yakin maka tidak akan optimal.

    Saya juga sempat hampir putus asa, segala macam pengobatan saya jalani. Sampai akhirnya saya mulai berdamai dengan kondisi, pasrah dan ikhlas serta yakin Tuhan maha berkehendak. Ketika itu justru Tuhan memberi amanah anak kepada kami. Kehamilan dengan kista tentu saja.

    Jangan patah semangat, jangan jadikan beban dan tetap santai jalani semuanya :)

  3. bunda nouf
    bunda nouf October 30, 2013 at 11:00 pm

    saya dulu punya endometriosis, sdh di operasi laparoskopi, dua kali inseminasi, blm juga hamil. akhirnya saya memilih untuk adopsi. setelah adopsi, mahal hamil :) semoga Arneza bisa ikhlas menjalani semua terapi dan sukses yaaah. aamiin.

  4. giacitha
    giacitha October 31, 2013 at 2:47 pm

    Saya 2010 divonis ada kista endometriosis juga. ukurannya sudah berdiameter 5cm. saat itu saya belum menikah. saya diberi pil kb merk diane juga. katanya supaya bikin haid dan hormon teratur. saya ragu, akhirnya saya pindah dokter ke obgyn di rs omni alam sutera. saat di usg, kistanya belum mengecil juga. lalu saya diobati selama 3bulan. obatnya agak mahal memang. 1,5juta untuk 1bulan. saya lupa nama obatnya, tapi obat tersebut berasal dari ekstrak mengkudu. setelah 3bulan mengkonsumsi obat tsb, kista saya sudah benar2 hilang. tapi sakit selama haid masih tidak hilang. fyi, saya kalo hari pertama haid, sakitnya minta ampun. sampai muntah2 bahkan pingsan. saya menikah di juni 2012 dan disarankan dokter tsb untuk tidak menunda kehamilan, karna kata dia sesungguhnya obat yg paling manjur untuk endometriosis adalah hamil dan lalu melahirkan normal. lalu saya hamil setelah 9bulan pernikahan. alhamdulillah skrg sudah di bulan ke 7 kehamilan. semoga bisa lahiran normal. semangat mba :)

  5. enfi
    enfi November 4, 2013 at 1:28 pm

    @giacitha : Klo boleh tahu di rs omni alam sutera konsul dengan dokter siapa ya mbak? soale aku ada kista endo juga ukuran 6 cm..dah disuruh operasi tapi masih agak takut. Mohon infonya dong..dijapri aja boleh. Mksh sblmnya :)

  6. giacitha
    giacitha November 7, 2013 at 7:26 pm

    aku malah ngga boleh operasi. karna katanya masih bisa diobati. aku ke dokter rianda wong di rs omni alam sutera. dokternya baik banget dan jelasin dgn detail.

  7. ferysca
    ferysca November 14, 2013 at 1:17 pm

    Aku sudah melahirkan secara Sesar tgl 5 Januari 2013. Lalu aku baru dibilang ada kista sebesar 5cmx5cm sewaktu tgl 18 oct 2013 ini pas mau Pap Smear, lalu krn aku belom mens (masih ASI)kata dokter kemungkinan krn belom mens so, dokter suru balik kalo mens..ternyata aku mens seminggu kemudian yaitu tgl 26 Oct 2013. Tgl 28 aku cek lagi, dan memang bener ternyata itu kista tapi mengecil sebesar 4,5cm. Jadi aku dikasi obat utk diminum 3 hr aja (obat antibiotik dan anti radang). Dan disuru cek lagi bulan januari. Aku sih mau nyari second opinion docter.. maybe ada yg rekomen ngak? dokter di Betshaida hospital atau di daerah jakarta gt yg memang tau banget ttg kista ini. thx

  8. Rina Ummu Adlan
    Rina Ummu Adlan December 21, 2013 at 10:54 pm

    ini yang sedang terjadi sama adek saya.. dia edometriosis dan sekarang lagi hamil 2bulan.. semoga beneran kista nya bakal mengecil dan hilang seiring dengan kehamilannya, dan dia bs melahirkan normal.. aamiin :)

  9. indripu1306
    indripu1306 February 7, 2014 at 3:38 pm

    pada Mei 2013 saya pernah hamil dalam keadaan kista endometriosis yang sudah membesar sekitar 10cm di sebelah kiri dan 2.5cm di sebelah kanan. Saat itu kehamilannya masih sangat muda sekitar 1w dan kistanya yang 10cm pecah sehingga menyebabkan pendarahan di dalam rahim sehingga janin harus di kuret.
    Setelah operasi selama 4 bulan saya suntik hormon tapros, lalu 2 bulan istirahat baru akan mulai program hamil.
    Alhamdulillah setelah 2 bulan istirahat dari suntik tapros, saya hamil di bulan Oktober akhir dengan usia kandungan sudah 8w. Dan lebih bersyukur lagi hamil baby kembar.

    Padahal dokter sudah prediksi kalau saya akan susah untuk hamil. Intinya percaya dan yakin aja mba masih ada kebesaran Tuhan di atas. Dan banyak makan-makanan sehat yaa.
    Insya allah berhasil..gudlak

  10. hani.ajza
    hani.ajza June 24, 2014 at 11:29 pm

    bunda-bunda yg berhasil hamil dengan endometriosis, program hamil apa saja yg sudah dilakukan?

  11. hanifa
    hanifa July 10, 2014 at 5:05 am

    kalau endometriosis sama nggak sama kista solid, 4 hari lalu adekku di vonis kista solid besarnya kayak orang hamil 4 bulan. Langsung di suruh operasi di RSPAD tp adekku masih takut sekarang blm mau operasi, maunya diterapi herbal minum mahkota dewa + kefir kolostrum, soalnya ada adek ipark juga kena kista sampai ngga bisa jalan di obati makota dewa bisa sembuh. Oh iya kemungkinan besar adekku kena kista bersamaan dengan hamil, kehamilan lancar dan melahirkan normal. Baru pas habis melahirkan dipijat sama dukun bayi, dan si mbah tukang urutnya bilang ada benjolan di sebelah kiri..tapi adekku tidak mengubris baru kemarin ngeluh sakit di bagian perut pas di USG ternyata Kista Solid

  12. prima anggraeni
    prima anggraeni October 2, 2014 at 9:19 pm

    maaf bun mau tanya, saya d vonis kista endometriosis, 7cm kiri n kanan. sama dokter d suruh operasi,tp saya takut.soalnya saudara saya dulu pernah operasi kista yang sama trus smpai 13thn blm pnya keturunan. apa solusinya ya bun supaya kista saya hilang n saya bisa punya baby? saya baru menikah 2bln yg lalu. trus saya td down bgt waktu tw klo saya ada kistanya. apa yang harus saya lakukan bun, ? trima kasih

  13. dr.riyana
    dr. Riyana Kadarsari, SpOG October 3, 2014 at 1:27 pm

    kista atau tumor bukan sebab utama tidak bisa hamil, harus dilihat semuanya ya saluran tubanya ya sperma suami dsb. jadi kasus per kasus, bu prima kalau ada keluhan nyeri atau gangguan haid atau ukuran lbh besar dari 7 cm mungkin perlu dipertimbangakan dibuang kistanya maka fungsi indung telurnya masih bisa dipertahankan, namun jika kista dibiarkan makin besar risikonya bisa diangkat seluruh indung telurnya malah akan mempengaruhi kesuburan. sebaiknya diskusikan dgn dokternya sekalian program hamil ya cek juga suami.

  14. gitasaurus
    gitasaurus July 13, 2015 at 1:45 pm

    Saya divonis kista endometriosis, di kanan 4cm dan di kiri 3cm. Alhamdulillah sejak mengikuti pantangan makanan dari dokter kandungan yang saya datangi, kista di sebelah kiri hilang dan yang kanan mengecil menjadi 1cm. Kesakitan ketika menstruasi pun sudah jarang saya rasakan, namun sampai saat ini saya belum dipercaya oleh Tuhan untuk memiliki anak. Sempat terlambat haid 1 hingga 2 bulan namun saya cek ternyata lagi-lagi negatif. Kista endometriosis ini memang membuat menstruasi tidak teratur ya bun?

  15. arsyah
    arsyah July 23, 2015 at 11:12 am

    Alhamdulillah saya berhasil op Laparaskopi tgl 9 nov 2014, skrg hamil 36 week. apakah pasien yg hamil karna laparaskopi boleh melahirkan secara normal atau harus cesar?? terima kasih

  16. dr.riyana
    dr. Riyana Kadarsari, SpOG July 23, 2015 at 1:21 pm

    indikasi sc tidak berhubungan dengan tindakan laparoskopi, bisa normal lahirnya selama semua kondisi ibu dan bayi baik saja

  17. arsyah
    arsyah July 23, 2015 at 2:28 pm

    saya kontrol dengan dr.Atjang di hermina depok, namun beliau menyarankan untuk sc dikarenakan ada riwayat LO, dan indikasi infertil primer (saya menikah sudah 4thn baru berhasil hamil setelah menjalani LO). saat ini umur saya 30thn dan posisi kepala bayi sudah dibawah. saya sangat berharap bisa lahiran normal.

  18. Mediastuti
    Mediastuti November 25, 2015 at 9:33 am

    assalamualaikum dr.riyana…dokter saya tinggal di ciputat….selama ini saya periksa kandungan dengan menggunakan BPJS….dan hasilny….selalu menemukan dokter yg rata2 cuek….
    sebelumnya saya akan memperkenalkan diri….nama saya mediastuti, biasa di panggil medi/tuti…saya sudh menikah, usia pernikahan 2thn 1 bulan, dan belm di karunia anak….saya punya masalah dengan kista kanan dan kiri…masing2 uk├╗ran, sudh lebih dri 7-8cm…semua dokter menyarnkan saya operasi tnpa mempertimbangkan soal anak….pernah saya minta laparoskopi…tpi ad dokter yg bilang sama saja hasilny akan di angkat sel indung telurnya….
    dr.riyana….ad tidak dokter yg bisa mencek secara detail kista saya ini…saya berharap saya bisa hamil…krn saya yakin, tdk ad yg tdk mungkin…saya mau operasi…kalau semuany bisa menyelamatkan sel indung dan rahim saya dok….dokter ada masukan, saya harus rujuk kemana dengan BPJS…dan bertemu dengan dokter siapa yg bisa saya ajak sharing dokter….terimakasih seblmnya dokter riyana

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.