Koleksi Boneka dan Berbagi

CMummySarah

Saya yang tomboy dan sangat tidak suka make-up serta hal-hal yang berbau perempuan tiba-tiba menggemari warna pink, beres-beres sih sudah pasti tapi porsinya jadi meningkat empat kali lipat karena saat hamil, saya ngidam beres-beres.

Selain itu, saya ngidam Barbie. Aduh, udah deh… Pokoknya tabungan habis untuk beli Barbie-barbie ini. Mau gimana lagi, bawaan orok tidak bisa disepelekan.

Maka jika kebetulan ada sale-sale yang terjangkau kantong, saya bisa beli Barbie-barbie ini. Dimana saja, di seluruh tempat yang kami singgahi seperti di Indonesia, Inggris, Singapura, Hongkong, Korea, Canada. Kalau ada yang terjangkau ya saya beli. Mungkin balas dendam juga. Masa kecil, saya tidak punya  Boneka Barbie. Sekarang saya sudah bekerja. Maka selain ngidam juga menjadi sarana memanjakan diri juga ya :).

Koleksi Barbie The Three Musketeers Corrinne.

Anak kami lahir perempuan tahun 2001. Namanya Sarah. Benar saja, sejak bayi suka warna pink dan boneka Barbie. Tiap nangis, kecewa, atau sedih, disodori Barbie, Sarah langsung anteng. Ajaibnya, semua Boneka Barbie saya menjadi miliknya. Sarah mengurus dengan baik boneka-boneka Barbie saya sejak dia kecil. Disisiri rambutnya, pakaian-pakaiannya diganti dan dicuci. Mereka dimandikan sehingga semua orang tahu bahwa kami koleksi boneka-boneka Barbie ini.

Sarah memang termasuk mahluk langka dimana ketika semua teman-temannya main lempar-lempar saja, Sarah dengan telaten mengurus semua bonekanya seperti dia mengurus bayinya sendiri. Sejak umur 7 bulan, dia sudah apik main Barbie.

Our Barbie, anak kami :).

Alhamdulillah hingga umurnya 8 tahun sekarang, Sarah tumbuh menjadi anak yang sehat, ceria, cerdas, dan apik sekali akan koleksi Barbie kami.

Setiap minggu, koleksi-koleksinya yang kami tata rapi dalam kamar khusus, kami mandikan, kami sisiri, dan kami ganti baju-bajunya. Dan bermain Barbie lah saya bersama anak saya. Untuk musim dingin yang panjang, hobby kami ini sangat efektif. Alhamdulillah, anak kami mewarisi kebiasaan kami yang sangat suka kerapian dan tidak berantakan.

Setiap habis bermain, semua Barbie dan Bratz disisiri, masuk kotak, dan daftar namanya kami  katalogkan secara khusus. Sarah sudah belajar managing koleksinya sejak sekarang. Kami katalogkan dan sudah mencapai satu buku berisi 100 halaman, berikut nama, tanggal membeli, dan temanya apa. Bahkan cita-cita Sarah jika sudah besar nanti, ingin punya bisnis toko mainan dan pernak pernik anak-anak perempuan.

Ada satu program yang saya tekankan, jika saya belikan dia Barbie seharga 5 Dollar maka 50 sen atau 10 persennya harus masuk tabungan untuk berbagi. Terutama untuk anak-anak di Indonesia yang kurang mampu. Dan jika sudah terkumpul, maka kami kirimkan lewat wesel pos.

Beginilah cara saya mengajari berbagi. Koleksi boneka juga tetap berbagi… dan saya ibunya juga kebagian main bersama rumah-rumahan dan boneka-bonekaan :).

Koleksi Barbie The Three Musketeers Aramina.
 
Koleksi Barbie MyScene.
 
Koleksi Bratz.

Koleksi Barbie The Three Musketeers Viveca.

Rumah-rumahan Bratz.

Koleksi Barbie Princess Rapunzel si rambut panjang :).

 

17 Comments

  1. eka
    Eka Wulandari Gobel March 29, 2010 at 1:56 am

    waaww!
    Seneng banget ternyata ada juga ibu2 yg suka barbie!

    bi willy, sama doong.. aku juga koleksi barbie dan bratz waktu SD! tapi, dulu syaratnya harus jadi ranking pertama di kelas :-) dan koleksi barbie ini gak nambah2 lagi sejak masuk SMU karena susaaah banget dapet ranking pertama itu :-)
    Sampe nabung2 buat beli perintilan sepatu, tas dan baju2nya. Sampe alm.ibuku jahitin baju2nya dari kain perca. Sampe (pernah) dijahitin baju2 yg sama dengan si barbie :-)
    tapiii..aku gak punya rumah barbie, secara mahal banget (dulu masih impor dan blm ada produk lokal) dan bapakku gak mau beliin kalo gak ranking pertama :-(

    pas kuliah, barbie2nya aku wariskan ke adikku. trus, waktu adikku SMU, koleksi barbie-nya diwariskan ke adik2 sepupu yg selalu minta barbie tiap dateng liburan di rumah :-)

  2. CMummySarah
    Willy Julivanie Aspinall March 29, 2010 at 4:15 am

    Waw ! Eka terimakasih ya komennya..iya uy seneng juga ada yg sama-sama koleksi boneka Barbie :). Bagus tuh cara orang tuanya Eka bikin positive reinforcement untuk anaknya, jadinya semangat dan jadi ranking satu serta dapat hadiah boneka…soal waktu SMU..itu tak apa..yg penting ortu konsisten..ga mau membelikan kalau tidak ranking satu..top :)

    Wah Eka salut saya..sebab sudah mau mewariskan koleksi pada adik2 dan sepupu…soalnya saya tetap bawa koleksi itu sejak 10 th yang lalu…dan tetap memberi juga tetapi koleksi tetap anak saya dan saya yg pegang…kami beri kamar khusus…hi hihi…

    Senang deh ada yg sama hobbynya..

    Thanks ya Ninit, Thalia, Shinta, dan Rani…atas dimuatnya cerita saya…

    Salam hangat
    Bi Willy dan Sarah..:)

  3. ipeh
    Musdalifa Anas March 29, 2010 at 6:00 am

    Bi Willy, koleksi barbie nya banyaaakk banget, seneng deh liatnya. Lucu baca pas ngidamnya ‘suka beres-beres’ :)

    sarah (dan pastinya mommynya) hebat, sedari kecil sudah diajarin berbagi, jadi inspirasi buat saya dan anak.

    TFS ya bi Willy. Kisses buat Sarah dari auntie dan Dd Lana, muah :)

  4. ninit
    ninit yunita March 29, 2010 at 8:45 am

    wah keren… sampe bikin katalognya :) bener2 terorganisir. hebat deh sarah. semoga cita2nya punya toko mainan tercapai yaaa neng geulis… amin.

  5. sLesTa
    shinta lestari March 29, 2010 at 8:46 am

    setuju ama ninit, keren banget sampe ada katalognya segala. bener2 organized banget! sarah cantiikkk yaaa…

    thanks for sharing yah, bi willy & sarah.. :)

  6. chint13
    Shinta Sutono March 29, 2010 at 9:15 am

    OMG…kereeen!!
    asiiknya bisa main barbie bareng anak. dan..koleksinya itu loooh..mantap!!
    wah ini mirip juga dgn suamiku dan koleksi action figure-nya, main bareng dan share sama ken aidan. tapi gak sampe bikin katalog sih.. :)

  7. otty
    Pangastuti Sri Handayani March 29, 2010 at 9:21 am

    Kayaknya sifat well-organized itu didapet Sarah waktu di dalam kandungan juga deh, soalnya ibunya ngidam beres2 hehehe…

    Hebat banget koleksinya masih rapi n dicatetin segala. N pengen nyontek idenya untuk nyisihin sebagian uang buat disumbangkan setiap beli mainan. TFS ya :)

  8. thelilsoldier
    inga March 29, 2010 at 9:33 am

    wow keren sekali konsep berbaginya.
    aku contek ah.. makasih ya

  9. March 29, 2010 at 10:47 am

    waaa! aku sama ama bi willy + eka… waktu masih SD-SMP, koleksi barbie juga. ampe nabung2 buat beli rumahnya! seru banget, cari2 sepatu + tas. belajar jahit dan merajut (kelas 3 SD) gara2 koleksi barbie ini.

    dulu juga aku katalogin, pake buku sekolahan (pake nama lengkap + nama orang tua + sifat2 masing2… haha berkhayal banget). tapi berhubung barbienya cuma 17, ya ga sebanyak punyanya bi willy dan sarah, hehe.

  10. Urban Papa
    Chandra Marsono March 29, 2010 at 11:25 am

    Wow, banyak banget. Bahaya kalo anak gue lihat, langsung ngajak ke toko mainan.

    So far Vira sudah punya 5 Barbie, tapi cuma 1 yang dimainin. Bukan karena dia gak hati-hati main dengan barbienya, tapi teman-teman seumurannya kalo main sama dia, wuidihhhh… Barbie yang dikasih main itu juga bentuknya dah ajaib. Sisa 4 kita simpen dan akan kasih nanti kalau dia masuk SD. Saat ini selain barbie yang satu itu, kita kasih barbie-barbie-an yang beli di pasar.

    Good collection Sarah, one day it will be worth a lot of money :-D

  11. nyanya
    almaviva landjanun March 29, 2010 at 4:02 pm

    aiiih..Barbie! I heart Barbie! Sampe sekarang saya masih suka dibeliin Barbie oleh suami :p Dulu waktu kecil walaupun agak2 tomboy, saya juga suka ngoleksi..sayangnya ga kaya Sarah yang apik banget nyimpennya..hilanglah itu ditelan bumi :p. Seru banget yaaa sekarang Barbie banyak modelnya.. Oiya,Bi Willy..Sarah cantik banget! :)

  12. CMummySarah
    Willy Julivanie Aspinall March 31, 2010 at 1:45 am

    Syukron Alhamdulillah untuk komen2 dr para moms dan urban Papa Chandra Marsono, untuk Musdalifa, Cousin Ninit, Shinta, Thalia, Chintya (Chint13), Inga, Pangastuti, dan Almafifa…

    Sejak dulu sampai sekarang memang hobby saya beberes..hihihi…pas ngidam jd malah tambah…soal katalog dan inventory serta records management dr boneka-boneka..sebenarnya sederhana saja..pake program Excel dan Access jd data tetap bisa dimaintenance terus…

    Sekali lagi nuhun ya semuanya..atas apresiasinya..salam dari Sarah dan saya di belahan pojokan Canada utara…

    Salam…
    Bi Willy :)

  13. CMummySarah
    Willy Julivanie Aspinall March 31, 2010 at 1:46 am

    Oops maaf typo error maksud saya Almaviva…namanya bagus ya..seperti nama Latin…kehidupan yg tinggi dan indah…Amin :)

  14. CMummySarah
    Willy Julivanie Aspinall March 31, 2010 at 1:48 am

    Cousin Ninit (kt Sarah) hatur nuhun ya doanya..Amin :) salam buat 3A Kak Adhit, Ade Alde dan Ade Arza :)

  15. siska.knoch
    Siska Knoch April 3, 2010 at 9:55 am

    huaaa.. kereeen bgt konsepnya.. apalagi pas baca yang bikin katalog *histeris* sarah emang special ^.^ mudah2an cita2nya kesampean yaaa chayaaang…

  16. CMummySarah
    Willy Julivanie Aspinall April 3, 2010 at 10:04 am

    Terimakasih yg Sisca komennya dan supportnya serta doanya…:). Btw, namanya mengingatkan saya pada seorang dokter beken di Bandung, dokter Knoch namanya papanya Kang Barry Prima yg aktor laga :)…sekali lagi thx ya Tante Sisca kt Sarah anak kami :)

    Salam
    Bi Willy…

  17. mamatanita
    Inggrid Beatrice June 7, 2012 at 4:54 pm

    Love it ! keren banget bisa koleksi segitu banyak :D Tambahin lagi dong gambarnya, pengen lihat lebih banyak koleksinya :D

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.