Komik Muslim Cilik: Cintai Masjid

Semakin besar Mika (8 tahun), semakin banyak hal yang ingin dia mengerti dan pahami.  Tak jarang muncul pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakannya kepada saya untuk bisa memenuhi rasa ingin tahunnya. Pertanyaan-pertanyaan yang Mika ajukan sebenarnya tidak terlalu sulit tetapi harus dijawab dengan jawaban yang masuk akal dan diberikan penjelasan yang bisa dimengerti oleh anak seumuran Mika. Jujur saja, terkadang saya juga suka kewalahan bagaimana menjelaskannya dengan mudah dengan cara yang mudah Mika mengerti.

Hal-hal yang sering dia mulai tanyakan akhir-akhir ini lebih banyak berupa pertanyaan seputar agama. Sebenarnya dari TK pun Mika sudah mulai bertanya sedikit-sedikit tentang agama, tetapi hanya selewat dan sepintas saja. Akhir-akhir ini pertanyaan tersebut muncul kembali dan lebih mendalam. Tidak jarang Mika suka bercerita kepada saya tentang apa yang diberitahu oleh guru agamanya di sekolah untuk mencari jawaban apakah jawaban saya dengan gurunya akan sama atau berbeda.

Pertanyaan-pertanyaan yang dia lontarkan antara lain adalah,

Mengapa kita harus sholat?

Apakah kita harus ke masjid?

Katanya rumah Allah itu di masjid?

Mengapa harus berpuasa Ramadhan selama satu bulan penuh?

Apa yang harus kita lakukan supaya disayang Allah?

Mengapa kita harus berbagi dengan orang lain?

Mengapa kalau ada orang jahat ke kita, kita tidak boleh jahat ke dia?

Dan berbagai macam pertanyaan lainnya.

Jika sudah seperti ini, biasanya saya ajak Mika untuk berdiskusi ringan a la anak-anak untuk mempermudah saya menjelaskannya agar dapat dipahami oleh Mika.

Selain berdiskusi, saya harus mencari cara lain untuk dapat memuaskan beribu pertanyaan yang akan Mika tanyakan nanti. Salah satu cara yang saya lakukan adalah mencari dan membeli buku bacaan anak mengenai agama. Tentu saja, isinya harus yang menarik untuk dibaca oleh anak-anak. Kebetulan Mika juga sangat senang membaca buku, apalagi buku yang ada gambarnya untuk membantu imajinasi anak. Setiap ke toko buku, pasti saya mencari buku bacaan yang bergambar atau berkonsep seperti komik. Ini sangat membantu mempermudah Mika memahami isi dari bacaan tersebut.

 

Beruntung saya menemukan buku Komik Muslim Cilik 'Cintai Masjid'. Awalnya saya pikir buku ini akan bercerita mengenai masjid saja. Ternyata tidak hanya mengenai masjid, tetapi di dalamnya juga mengulas dengan ringan tentang hadits-hadits Rasul. Buku komik muslim ini sangat menarik untuk dibaca, Mika saja langsung antusias membacanya ketika diberikan buku ini. Selain gambar dan tokoh-tokohnya yang lucu dan menarik, diakhir setiap ceritanya juga diberikan tips-tips yang berguna untuk dilakukan, sejarah cerita tersebut dan kutipan hadits yang berkaitan dengan cerita tersebut. Menyenangkan bukan, semua ada dalam satu buku dan dapat semua pelajarannya? Banyak intisari yang bisa diambil oleh anak ketika selesai membaca setiap ceritanya. Gaya bahasa bukunya pun disesuaikan dengan anak-anak agar mudah dimengerti, begitu juga dengan ilustrasi gambarnya, inilah yang menjadi nilai lebih dari sebuah buku.

 

Buku Komik Muslim Cilik 'Cintai Masjid' ini adalah keluaran Penerbit Qibla yang ditulis oleh DK Wardhani. Buku komik ini berisi 12 judul cerita dan diperankan oleh 14 tokoh. Untuk anak-anak seumuran Mika, tentu buku ini sangat berguna dan saya tidak menyesal membelinya. Urban mama dan papa dapat menemukan buku ini di toko-toko buku terdekat ya.

 

Judul: Komik Muslim Cilik - Cintailah Masjid
Penulis: DK Wardhani
Jumlah halaman: 128 halaman
ISBN: 9786024552015

5 Comments

  1. avatar
    Aini Hanafiah December 11, 2017 3:07 pm

    Nah sama... Alma nanya2nya skrg kayak Mika juga. Memang harus diberikan penjelasan yang ringan tapi kena ya, dan buku2 cerita spt ini membantu banget ngasih penjelasan buat anak. Sempat cek buku2nya Qibla, bagus yaa. Harus beli nih pas nanti aku pulang mudik. Thanks buat reviewnya yaa Dieta :D

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    ninit yunita December 5, 2017 8:49 pm

    bagus banget yaaa bukunya, diet. ilustrasinya kece banget nih. edukatif!

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Eka Gobel December 5, 2017 4:32 am

    Bagus yaa bukunya! Sama nih sama Enzo dan Dante, udah mulai tertarik rame2 solat berjamaah di masjid. Ada komiknya jadi tambah menarik. Tfs Dieta!

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Leila Niwanda December 4, 2017 2:33 pm

    Sudah masuk wish list tapi keseling kegiatan lain jadi belum sempat pesan, makasih sudah mengingatkan, Mbak... Selalu suka karya mbak DK Wardhani, ilustrasinya imut cakep, nilai edukasinya dapet, bahasanya juga mudah dicerna untuk anak-anak.

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Imelda Sutarno December 4, 2017 11:06 am

    waaah seru ini bukunya. Bermanfaat banget karena anak-anakku juga suka melontarkan pertanyaan seperti Mika, mbak :) Jadi pengen langsung beli deh.
    Terima kasih untuk reviewnya.

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.