Kroketballen

Anita_rahma

Memasuki trimester ke-3 membuat saya makin chubby, karena bawaannya lapar terus! Sedikit-sedikit inginnya buka kulkas atau stoples. Tapi saya tetap pilih-pilih camilan, karena tidak semua makanan ringan baik untuk ibu hamil. Salah satu anjuran dokter adalah camilan buatan sendiri, agar bisa mengatur nutrisi, kadar gula dan garam di dalamnya, serta bebas MSG. Berbekal pesan dokter itu, saya iseng-iseng mengolah isi kulkas yang ada. Kebetulan ada daging cincang, kentang, dan wortel. Jadi saya langsung terpikirkan untuk membuat kroket, dengan versi yang lebih praktis, mirip dengan bitterballen.

Bahan:

  • 3 buah kentang ukuran sedang, potong dadu
  • 100 g daging cincang
  • 2 buah wortel, potong kotak2 kecil
  • 1 buah bawang bombay ukuran kecil
  • 2 siung bawang putih
  • 2 helai daun bawang
  • 1 sdm margarin
  • 1 sdt gula pasir, 1/2 sdt garam, merica sesuai selera
  • 1 cangkir susu murni
  • 3 butir telur, kocok lepas
  • tepung roti secukupnya

Cara membuat:

  1. Rebus/kukus kentang hingga lunak, dinginkan kemudian tumbuk sampe halus, sisihkan.
  2. Tumis bawang bombay dan bawang putih pake margarin hingga harum.
  3. Masukkan wortel dan daging cincang, lajut tumis sampe harum.
  4. Masukkan gula pasir, garam, dan merica, aduk hingga rata.
  5. Masukkan bawang daun.
  6. Tuang susu murni, aduk hingga susu meresap.
  7. Masukkan bahan tumisan ke dalam kentang yg sudah ditumbuk, aduk rata menggunakan tangan hingga adonan kalis seperti ini:
  8. Bentuk adonan bulat-bulat sebesar bola pimpong lalu masukkan ke dalam kocokan telur.
  9. Kemudian, masukkan ke dalam hamparan tepung roti, guling2 hingga merata.
  10. Adonan KROKETBALLEN yang sudah siap  digoreng. Agar tepung roti lebih melekat dan tidak lepas waktu digoreng, simpan dulu di kulkas kurang lebih 1/2 jam.

Adonan yang disimpan di kulkas ini cukup tahan lama. Tidak perlu sekaligus digoreng semuanya. Digoreng secukupnya saja setiap kali merasa lapar dan ingin makan sesuatu. Lebih enak lagi kalau dimakan pakai  saos sambal dan mayones. Juga cocok untuk kudapan si kecil.

 

18 Comments

  1. ninit
    ninit yunita September 21, 2012 at 7:58 am

    yumm yumm!
    suka banget bitterballen… liat resep ini pengen nyoba juga weekend besok :)

  2. nule
    nule September 21, 2012 at 11:00 am

    Slurrrpp! Siang2 liat beginian jd lapar. Kayanya gampang. Mau coba juga ah :)

  3. September 21, 2012 at 12:15 pm

    waaa jadi pengen bikin! sama kayak ninit, sukaaa banget ama bitterballen.

  4. Kira Kara
    Bunda Wiwit September 21, 2012 at 1:04 pm

    waaaa.. look so yummy.. pengen makannya aja deeehh… :)

  5. eka
    Eka Wulandari Gobel September 21, 2012 at 8:41 pm

    yummiee! sukaa juga sama bitterballen. dududu jd laperrrr :)

  6. Anita_rahma
    Anita Rahmatia September 25, 2012 at 7:13 pm

    selamat mencoba momssss…..

    hari ini aku niat bikin, begitu adonannnya udah jadi, eeeeeehhhh….ga punya telur!
    mau beli ke warung tp males keluar soalnya panas bgt >.<
    akhirnya si adonan berakhir di kulkas, cuma smp tahap di endol2 dan masih botak wkwkkwkwk :p

  7. armella
    armella varamitha September 26, 2012 at 3:52 pm

    moms kalo ada yg punya resep bitterbalen boleh dong di share thx moms

  8. Tenni Pratini
    Tenni Pratini October 5, 2012 at 4:32 pm

    nyobain ah..

  9. Bundana Hafshah
    Bundana Hafshah November 21, 2012 at 11:00 am

    Nyobain ahhh..mbak tepung rotinya beli dimana ya? berapa banyak ya?

    Thx

  10. upinov
    upinov November 23, 2012 at 9:25 am

    nyoba ah wiken ini .. tq

  11. Ihdina Eka
    Ihdina Eka November 23, 2012 at 12:09 pm

    mom klo dtambah cincangan bayam brtahan brp lama yah?? buat si kriting susah ketemu bayem :(

  12. Anita_rahma
    Anita Rahmatia December 10, 2012 at 3:10 pm

    @mba Armelia, kl bitterballen itu gapake kentang mba, jd pas numis daing cincang dkk, tinggal masukin tepung terigu sedikit demi sedikit smp kalis. baru deh di bulet2in :D

    @bundana Hafshah, tepung roti byk ko di supermarket, sebungkus jg ga akan habis :)

    @mba Ihdina, aku blm prnh nyoba pk bayam, jd kurang tau :)

    @mba Tenni dan Upinov, silahkan mencoba :D

  13. ibu ainun
    Ria hijriahni December 20, 2012 at 11:29 am

    wah kayak nyummy bgt nih…thks resepnya yah

  14. mommynic
    mommynic December 22, 2012 at 1:16 pm

    langsung coba buat…dan enyakkkkkk…/.

  15. Vini Hujan
    Vini Hujan December 27, 2012 at 2:00 pm

    Aku mau coba ahh .. gampang juga kayaknya … salam kenal ya Mbak Anita :)

  16. amie
    Rahmi K March 13, 2013 at 12:13 pm

    mom..thanks banget recipe nya..Hanif sukaa banget. gak sia2 bangun jam 4 nyiapin bekal buat ke PG nya =p
    laporan dari Uti di rumah bekal ludes..des…

  17. marce febriyanto
    marce febriyanto March 15, 2013 at 8:45 pm

    Patut untuk dcoba… TFS momy

  18. Lika Dassi
    Lika Dassi March 22, 2013 at 10:42 am

    Mau nyoba weekend ini :)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.