Kulit Bayi Mengelupas

dr. eva devita
Eva Devita Harmoniati, dr. Pendidikan: Dokter Spesialis Anak di Universitas Indonesia. Dokter Anak di RSAB Harapan Kita dan RSIA YPK, Menteng.
Have question for our experts ?
Feel free to ask them here!

Q: Hi Dokter Eva,

Baby Ciara, 1 bulan 9 hari sudah seminggu ini kulitnya merah-merah di bagian perut, selangkangan, dan paha (bagian bokong untungnya tidak). Saya pikir ini mungkin yang namanya ruam karena diapers, sehingga saya membeli baby cream extra care. Saya oleskan ke kulit-kulitnya yang merah itu. Hasilnya sekarang kulitnya terkelupas seperti ganti kulit. Apakah ini berbahaya, Dok?

Pertanyaan dari Virgitz.

A: Hi Mama Virgitz

Ruam kemerahan yang disebabkan karena penggunaan diaper disebut dengan diaper rash (ruam popok) biasanya terjadi di daerah yang kontak dengan diaper (bokong, kemaluan, selangkangan, perut bagian bawah, dan paha bagian dalam). Penyebabnya karena iritasi oleh bahan diaper, feses atau kotoran, dan air seni atau urin bayi dengan kulit di daerah tersebut yang kondisinya memang lebih tipis dibandingkan daerah lain. Iritasi ini menyebabkan peradangan sehingga kulit tampak kemerahan, bengkak, bisa sampai luka bila sudah parah dan seringkali disertai infeksi sekunder oleh jamur atau bakteri. Bila bayi kita mengalami diaper rash yang terpenting adalah sesering mungkin mengganti diaper, menggunakan diaper dengan daya resap yang baik atau sementara tidak menggunakan diaper dulu untuk memperbaiki sirkulasi udara di daerah tersebut.

Ketika membersihkan, jangan menggosok-gosok kulit di area itu dan gunakan “mild soap” saja, dan dikeringkan dengan cara ditepuk-tepuk. Setelah kering dioleskan obat yang sesuai dengan kondisi kulit saat itu (misal hanya iritasi dan peradangan tidak ada tanda infeksi jamur, cukup dengan anti radang saja), lebih baik lagi kalau dikonsulkan ke dokter karena lesi kulit harus dilihat oleh dokter untuk memastikan jenis penyebabnya.

Pada kasus baby Ciara, kulitnya mengelupas setelah pemakaian cream, itu adalah respon terhadap pengobatannya, tidak berbahaya karena daya regenerasi kulit bayi baik. Yang perlu diingat bila menggunakan cream perawatan kulit bayi atau kosmetik bayi lain (bedak, lotion) terjadi reaksi kemerahan atau gatal-gatal, kulit kering, mungkin bayi tidak cocok dengan produk tersebut sehingga sebaiknya dihentikan.

Semoga pertanyaannya terjawab ya, Ma.

5 Comments

  1. ninit
    ninit yunita January 17, 2012 at 5:54 am

    tks dokter eva,
    bbrp urban mama punya pertanyaan yang sama nih. penjelasannya sangat membantu.

  2. jasminetea
    Sinta Kurniawan January 17, 2012 at 12:10 pm

    dear dr eva
    Klo kulit menjadi kering, seperti terbakar kemudian mengelupas-di daerah punggung dan dada- dan terjadi berulang kali, itu kenapa ya dok? Menurut dsa nya alergi minyak telon, pemakaian sdh dihentikan -kemudian hny dioleskan di perut- tp msh berulang terjadi. Trims sebelumnya.

  3. bundarevi
    bundarevi January 17, 2012 at 1:03 pm

    jasminetea : anakku 14 bulan, dulunya kulit daerah pungggung juga sering terkelupas seperti terbakar.
    awalnya bercak-bercak merah –> menebal –> terkelupas.
    sudah pernah di kasih salep kulit dari bidan, tapi selalu berulang seperti siklus gitu.
    sempat menghentikan pemberian minyak telon, tapi gak ngaruh.
    3 bulan belakangan, aku ganti merk sabun cair buat dia mandi, dan alhamdulillah sampe sekarang tidak mengalami kulit terkelupas lagi.
    Saranku, coba ganti merk sabun cairnya, liat ada perubahan atau tidak.

  4. jasminetea
    Sinta Kurniawan January 17, 2012 at 1:32 pm

    bundarevi, wah mungkin juga sabun cairnya ya, coba kuganti deh, trims ya

  5. dewiamel
    dewiamel January 17, 2012 at 1:53 pm

    jasmintea, dl hafidz juga sering begitu (kering spt terbakar trus mengelupas). kalau hafidz gw perhatikan itu dari keringat yg gak langsung di lap kering. gejala seperti itu berkurang setelah hafidz rajin mandi air dingin. sekarang (2,5th) kadang2 masih suka muncul merah2, cepet2 gw keringin n kasih krim. biasanya kl cuaca lg panas banget.

    oya sama kayak bunda revi, hafidz jg harus ganti sabun cair yg mild banget waktu masih sering merah2.

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.