Kuret

Dear dr Riyana,
Hari Selasa minggu lalu, saya baru saja dikuret. Diagnosa dokter, saya mengalami hamil anggur dan janin tidak bisa dipertahankan. Waktu itu usia kehamilan saya 10minggu dan ini pengalaman kehamilan saya yang pertama.

Ada beberapa hal yang mau saya tanyakan, mungkin ada yang pernah mengalami ini:
1. Setelah di kuret, perut dan rahim baru terasa nyeri saat hari ke 5, apakah itu normal? Sebagai informasi, nyeri hampir saya rasakan tiap hari semenjak itu.
2. Pendarahan setelah kuret, biasanya berlangsung berapa lama? Karena setelah seminggu ini, hanya flek-flek cokelat saja yang keluar, bahkan pernah selama 2 hari tidak keluar apa-apa.
3. Kata dokter, setelah dikuret harus diobservasi hormon kehamilannya. Tadi pagi saya tes lagi dengan menggunakan testpack, ternyata masih ada 2 garis, tapi garis yang satu terlihat samar-samar. Apakah itu tandanya masih ada hormon kehamilan? Padahal tanda-tanda kehamilan (seperti payudara membesar, mual/muntah, sering BAK) sudah menghilang. Apakah itu masih harus dikuret lagi?
4. Kira-kira berapa lama bisa program punya anak lagi? Benarkah kurang lebih 1 tahun baru bisa punya anak lagi? Kalau kurang dari 1 tahun mungkin tidak, Dok? Karena saya dan suami
benar-benar mengharapkan anak lagi.

Terima kasih.

---
Dear Sweti, so sorry about your lost.
Pasca kuret perut terasa sakit sebetulnya karena rahim yang tadinya membesar sedang kontraksi kembali ke ukuran semula sambil mengeluarkan sisa-sisa darah yang luruh dan tumbuh dinding rahim yang baru. Jadi wajar kalau ada rasa kram, nyeri, atau mulas di perut. Kecuali nyeri yang dirasa sangat hebat dan dipegang sakit harus segera ke rumah sakit. Khawatir disebabkan hal yang lain.

Flek-flek cokelat adalah sisa-sisa seperti darah mens karena kuret kan hanya mengevakuasi jaringan kehamilan dan dinding rahim yg pada saat itu tebal meluruh seperti haid. Awal waktu kuret ya biasanya bersih karena bekuan darah terambil saat kuret, flek-flek adalah sisa karena rahim kembali ke ukuran normal.

Jika hasil kuret benar adalah kehamilan anggur (mola hidatidosa) maka memang harus menunda kehamilan 6 bln - 1 thn, intinya sampai kadar hcg kembali normal. Hal ini untuk mencegah mola berkembang menjadi ganas pada kehamilan berikutnya.

Pemantauan hcg paling akurat bukan testpack tapi cek hcg darahnya.
Testpack pasca kuret tidak akan langsung negatif bisa sampai dengan 1 bulan pasca kuret. Tapi khusus mola yang dipantau sebaiknya kadar hcg kuantitatif darah. Sebaiknya tunda sampai hcgnya normal kembali bisa dengan kondom atau pil dulu. Sambil mempersiapkan kehamilan selanjutnya perbaiki asupan gizi ibu dan suami, stop merokok, banyak makan yang mengandung antioksidan seperti wortel, brokoli, kacang-kacangan dsb.

Semoga kehamilan berikutnya sukses.

Related Tags : ,

8 Comments

  1. avatar
    Krisna Yani April 8, 2019 11:01 am

    Ass...
    Dok sya mau minta solusi nya dok, atau teman'' yang sudah berpnglaman.
    Bulan agustus 2018 kemaren sya di kuret, dua bulan sya kuret sya dtang bualn dn smpai sekarang mens nya gak teratur kadang telat kadang kemajuan.
    Bulan ini sya sdah telat 1minggu, sehari sya telat sya sdah tespeck tp hasilnya negatif, sekarang sya blm tes lg.
    ~tolong saran nya dok, atau teman'' gimana cara nya biar sya cepat hamil lg dok.
    Terima kasih dok sebelum nya

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Haya Dyah Niha October 31, 2018 9:12 pm

    Dokter... Normalkah kalo stlh kuret itu tdk mngeluarkan darah?

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Megi Ambasari August 14, 2018 11:10 pm

    Malam dok. Saya newbie mau nanya , saya haid 11 hri lg tepat nya 25 agus 2018.., pas hari ke 21 stlh saya haid bulan juli 2018 saya flek segaris sehari . Pagi dan sore malamnya ga flek lagi sampai skrg selasa tgl 14agustus. Apa itu implantasi ya dok??

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Evi Liz April 25, 2017 6:38 pm

    Dokter Riyana,
    Saya mau tanya nih, saat ini sy tengah hamil 6w, tapi udah 5 hari ini ada flek sedikit 2, kadang ilang kalau bed rest total, warna flek nya agak coklat gtu, tpi coklat muda. Sy sudah k dokter dan sudah d usg, tpi dktr nya cma kasih obat penguat nobor, folavit, dan histolan. Trus dspog nya bilang untuk datang 1 mggu lg, untuk liat hamilnya bagus atau gak.
    Saya sangat kuatir dok, apakah ini berbahaya dok?
    Apakah ini bisa mengancam kehamilan saya?
    Karna ini kehamilan pertama saya yg sudah lama sy tunggu dok, 2,2thn sy baru mendapatkannya dok.
    Apa yg harus saya lakukan y dok?
    Terimakasih dokter.

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    ninit yunita January 24, 2013 7:22 am

    @zumroh - hugs... sabar yaa :) semoga kehamilan selanjutnya diberi kelancaran. amin.

    1. avatar

      As .