(Late) Halloween Costume: Dracula Robe

mamadino

Halloween memang sudah lama lewat, tapi rasanya masih seru untuk diceritakan. Terutama karena ini pesta kostum pertama kami bertiga. Biasanya kalau Halloween, kami sekadar berkumpul dan nonton film horror bersama-sama. Kali ini, kami ikutan sibuk mempersiapkan kostum spesial. Anipchan sudah lama ingin pakai kostum Drakula. Nah kebetulan karena ini Halloween, saya sempatkan untuk membuat jubah Drakula Anipchan. Ternyata tidak susah, lho. Hanya butuh sekitar satu jam untuk bikin jubah, ikat pinggang dan armband-nya. Itu pun jahit tangan, kalau jahit mesin pasti lebih cepat.

Bahan:

  • Kain merah & hitam (saya pake kain furing abutai untuk merah & arrow untuk yang hitam)
  • Kain keras
  • Pengait (bisa pakai rantai, kancing, tali, pita, dll)
  • Alat jahit

Cara membuat:

  • Karena Anipchan tambah tinggi tahun ini, jubahnya saya potong mengikuti tinggi badannya sekarang. Diukur dari bahu ke mata kaki. Nah untuk lebarnya, tinggal mengikuti ukuran lebar bahan. Untuk jubah Anipchan ini saya pakai ukuran 1,25 m x 1,25 m.
  • Selesai dipotong, kedua bahan dijahit jadi satu. Jahit sisi kanan-kiri-bawah, tapi biarkan sisi atas terbuka untuk menyambung kerahnya nanti. Berhubung saya pakai bahan furing yang sisi bagus/jeleknya sama, jadi sisi mana yang ditumpuk tidak masalah. Tapi kalau memakai bahan corak atau satin, jahit dengan kedua sisi jelek menghadap keluar.¬†Berikutnya, balik jubah sehingga bagian dalamnya sekarang di luar.

  • Kerah: Pertama-tama, buat pola kerah di atas kertas. Tentukan panjang sisi bawah kerah dengan mengukur jarak antara bahu kiri dan bahu kanan (lebar leher) anak. Lalu tambahkan 3,5cm ke kiri + 3,5cm ke kanan ukuran tadi untuk menentukan panjang kerah bagian atas. Berikutnya tinggal menambahkan tinggi kerah sesuai keinginan. Kerah anipchan setelah diukur hasilnya, 25 cm (bawah); 32 cm (atas); dan 17,5 cm (tinggi).
  • Potong bahan merah, hitam dan kain keras mengikuti pola. Kemudian tumpuk sesuai urutan berikut: hitam-merah-kain keras. Jahit jadi satu semua sisinya kecuali sisi bawah biarkan terbuka. Setelah dijahit, tarik bagian dalam keluar seperti bagian jubah tadi.

  • Berikutnya pasang jubah pada kerah. Karena saya pinginnya jubah Anipchan bisa “membungkus” badan, jadi bagian atas jubah saya kerut sedikit sebelum dimasukkan ke bagian kerah. Baru kemudian dua bagian tadi disambung dengan cara memasukkan bagian jubah ke bawah kerah yang terbuka. Lipat ke dalam sedikit supaya rapi, lalu jahit.

  • Sekarang tinggal memasang pengaitnya. Saya sendiri lebih suka pakai rantai supaya kesan Halloween-nya semakin kuat. Tandai bagian yang mau dipasang pengait dengan kapur jahit, terus pasang pengait persis di titik tadi. Selesai!

Anipchan senang sekali waktu diminta fitting jubahnya. Ini sih benar-benar kostum murah meriah. Soalnya untuk celana hitam & kemeja putih saya pakai yang sudah ada. Alhamdulillah Anipchan tetap keren!

6 Comments

  1. ipeh
    Musdalifa Anas April 28, 2013 at 3:37 am

    Anipchaaan keren sekali, kamu kaya Drac di film Transylvania #bleh bleh bleh :D

  2. ZataLigouw
    Zata Ligouw April 28, 2013 at 8:17 am

    wuahhh..buat pesta kostum berikutnya bisa bikin ini aja nih.., murmer dan keren. Thanks inspirasinya mama Angie dan Anipchan! (namanya unik ya..)

  3. thalia
    thalia kamarga April 29, 2013 at 10:06 pm

    hihihi, kereeen ngiee! ternyata kerahnya pake kain keras ya… dulu waktu liat foto ini, gue pikir pake kawat.

    anip cocok ih jadi drakula. halloween depan jadi apa?

  4. mamadino
    Angie Renata April 30, 2013 at 3:25 pm

    @ipeh makasiiiiiih, iyaa begitu dipakein kostum langsung bergaya hihi

    @zata sama-sama mama Zata, mama Zata juga namanya unik lho :D. Iya beneran murmer, kalo ngga salah untuk jubahnya cuma ngabisin sekitar Rp.20k aja :p

    @thal Ah, makasiiih mama Thal :D
    iya, tadinya nekat aja tp ternyata kain keras juga kuat berdirinya hehe…
    Belum tau Binggi, Aina kemarin lucu banget kostumnya…sempet kepikir pengen buat halloween dpn yang versi cowoknya :p. Tapi kayanya nanti ngikutin maunya anipchan aja :)

  5. nyanya
    almaviva landjanun April 30, 2013 at 4:52 pm

    iyaaa kereeeen! suka ekspresinya aniiip. eh kita kapan gitu yu ngie halloween-an ;)

  6. mamadino
    Angie Renata April 30, 2013 at 9:52 pm

    hayuuu, ih pasti seru banget! Melon juga udah gedeee pasti tar lucu deh ;)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.