Magformers

Saya termasuk ibu-ibu yang kurang tahu dengan mainan anak terkini. Kebetulan kedua anak saya lebih tertarik dengan mainan berjenis open-ended toys. Open–ended toys adalah permainan yang tidak mempunyai peraturan tertentu. Mainan balok susun, peralatan masak-masakan, maupun plastisin adalah beberapa contoh jenis open-ended toys. Adapun mainan jenis ini punya beberapa jenis manfaat:

1. Mengasah kreativitas anak. Karena tidak mempunyai peraturan spesifik, anak-anak bebas berimajinasi saat memainkannya. Plastisin bisa dibentuk-bentuk menjadi sushi, snowman, dan bermacam-macam bentuk lainnya. Tidak ada yang ‘salah’ dalam proses kreatif, bukan?

2. Mengasah kemampuan berbahasa. Ketika anak-anak membangun balok, pancing dia untuk bercerita tentang apa yang sedang dibangunnya. Interaksi yang terbangun akan menambah perbendaharaan kata yang mereka miliki.

3. Mengasah kognitif dan motorik. Anak-anak menjadi peka dalam menyelesaikan masalah. Termasuk memunculkan ide-ide saat menggabungkan beberapa mainan dalam satu waktu. Selain itu bermain open-ended toys ini melatih keterampilan tangan saat menggunakan plastisin maupun menyusun balok.

Magformers

Salah satu mainan open-ended toys yang menjadi favorit anak saya adalah Magformers. Kami mengenalnya ketika bermain di sebuah playground di mall. Setiap kedatangan kami ke sana, mainan Magformers menyita perhatian si kecil dari awal sampai akhir. Saya menyempatkan untuk mencari tahu tentang mainan Magformers ini sebelum akhirnya membeli sendiri. Tenyata Magformers terpilih menjadi finalis untuk penghargaan Toy of the Year Award 2018.

Magformers

Magformers sendiri bentuknya berupa kepingan dua-dimensi (2D) yang tiap sisinya mengandung magnet, jadi bisa disusun untuk membentuk bangunan tiga-dimensi (3D). Jangan khawatir, Magformers dibuat dari bahan plastik BPA-free dan magnet neodymium yang melekat lebih kuat dibandingkan magnet biasa. Dari internet pun saya baru tahu kalau Magformers punya banyak seri, dari yang standar, dino set, neon set, themed-set, sampai seri khusus bekerja sama dengan shimmer and shine pun ada.

Kalau untuk pemula, sebaiknya beli yang mana ya? Yang dengan mudah ditemukan di toko mainan anak-anak adalah Magformers 14 dan Magformers 30. Untuk yang 14, kurang lebih bisa dibentuk menjadi enam bentuk. Sedangkan yang 30 bisa dibentuk menjadi 15 bentuk. Kami sendiri membeli Magformers 30. Magformers 30 yang kami beli berisi 12 keping segitiga, 18 keping persegi, dan buku manual. Buku manualnya berisi contoh-contoh bangunan yang dapat dibentuk. Namun kreativitas anak-anak tak perlu terpaku pada isi buku manual, bukan?

Magformers

Bagi Urban Mama dan Urban Papa yang sedang mencari-cari kado ulang tahun, mainan Magformers bisa dipertimbangkan. Selamat bermain!

2 Comments

  1. avatar
    Cindy Vania April 17, 2018 9:06 am

    Wah mainannya keren banget ini..
    kebetulan anak-anak juga suka mainan jenis kayak gini. Bisa nih buat referensi kado natal :D

    makasih sharingnya mama primadika

    1. avatar
      primadika April 20, 2018 10:19 am

      Terimakasih kembali :-) Ortunya juga kesenengan banget, mainnya :))

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.