Main Hujan

thalia
playing in the rain

Siapa sih yang ga suka main hujan-hujanan? Saya dulu suka iri kalau melihat tetangga-tetangga main hujan di depan rumah, basah-basahan tanpa pakai jas hujan. Maka dari itu, sekarang saya membiarkan Aina bermain hujan.

Sekarang ini, salah satu kegiatan favorit Aina (2.5 tahun) adalah main hujan, apalagi saat November sampai Januari kemarin. Hampir tiap hari dia bermain hujan.

Kali pertama Aina main hujan itu saat berumur 13 bulan. Waktu itu pintu rumah terbuka dan saat itu turun hujan deras. Tiba-tiba saya dan suami mendengar suara tawa anak kecil dari halaman depan rumah. Ternyata itu adalah tawa Aina. Dia ada di halaman depan, menari-nari sambil ngoceh-ngoceh sendiri dibawah hujan.

playing in the rain

Sekarang, tiap mendengar suara hujan turun, dia langsung bertanya, “Binggi, boleh ga Aina main hujan?”. Kalau saya perbolehkan, dia bergegas memakai rainbootsnya lalu langsung ke taman. Kadang-kadang, dia sempat menyambar payung kecilnya.

Untungnya, sampai saat ini, Aina belum pernah sakit gara-gara main hujan. 

Beberapa tips buat hujan-hujanan:

  • Semakin lebat hujannya, semakin kecil kemungkinan untuk masuk angin. Jadi, kalau bisa, jangan main hujan tanggung atau gerimis. Saat banyak petir, langsung hentikan main hujan-hujanan karena berbahaya. 
  • Selesai hujan-hujanan, harus langsung mandi air hangat, disiram dari atas kepala sampai ujung kaki. Jangan ditunda karena bisa sakit. Kalau bisa berendam air hangat, malah lebih bagus.
  • Untuk yang masih kecil, main hujannya jangan lama-lama. Waktu Aina masih berumur 1 tahun, dia hanya boleh main hujan selama 2-3 menit. Sekarang, setelah 2.5 tahun, bisa 10 menit.
  • Satu hal yang bahaya kalau sedang hujan adalah licin. Jadi sebaiknya, jangan lari-lari.
  • Kalau anak sedang dalam fase susah makan atau sedang tidak fit, sebaiknya tidak main hujan dulu. 
  • Rajin makan buah-buahan yang mengandung vitamin C, jadi tidak mudah sakit. 
  • Biasanya, sehabis main hujan, anak jadi lapar. Paling enak kalau sehabis itu minum susu hangat atau makan sup.

 

Peralatan Untuk Main Hujan

Sebenarnya main hujan tanpa alat-alat saja sudah seru banget. Tapi kalau mau lebih asik lagi, bisa memakai alat-alat ini:

  • Payung kecil.
  • Sepatu rainboots, agar bisa lompat-lompat di genangan air.
  • Membawa ember, gayung, atau kantong plastik, agar dapat mengumpulkan air hujan.
  • Pistol air, juga seru. 

 

Ada yang mau menambahkan?

 

27 Comments

  1. meralda
    meralda March 18, 2010 at 2:00 am

    Yipiieeee…! Aina seru main hujannya… jadi inget waktu dulu kecil juga sering main hujan… sampe berenang2 di genangan hujannya :) emang seru bgt yaa….!

    Aina boots & umbrella-nya keren bgt! matching! ini belinya 1 set apa gmn…?

    nanti kalo Gilby udh bisa jalan, pasti dia bakalan ngeloyor pergi keluar pas hujan…

  2. metariza
    Meta March 18, 2010 at 7:38 am

    Aina lucunya, keren deh bootsnya :)

    Jadi inget masa kecil. Sayang Nara belum pernah ngerasain main ujan karena rumah gw ga ada halamannya…klo main di jalanan bahaya banyak mobil lewat :(

  3. nyanya
    almaviva landjanun March 18, 2010 at 7:45 am

    Payung ama bootsnya Aina lucuuu..dulu gue juga sering ujan2an. Tapi gue jorok,bedirinya suka di deket ujung genteng rumah..cucuran aernya deres kan tuh. Hihihihi.

  4. sukie
    Sukma Pertiwi March 18, 2010 at 7:57 am

    waaa Aina lucuuu….:)
    Tapi gimana ya caranya menangkal overprotective-nya sang opa? ^.^
    (kl tau cucunya dibiarkan ujan2an bisa marah besarrrr)

  5. ipeh
    Musdalifa Anas March 18, 2010 at 8:02 am

    Ngakak baca aina kecolongan maen hujan-hujan pertama kali :D
    Info dan Tips yang menarik mba Thal. Sampe saat ini saya belum berani ijinin Lana maen hujan2an, ya karena itu takut dia sakit. Selama ini hanya boleh maen air (ngucurin keran air / maen air diember). Baca ini jadi ‘agak’ berani ijinin Lana maen hujan2an. We’ll see..

  6. superpippo
    Astrid Lim March 18, 2010 at 8:12 am

    Hahaha, kok kebayang adegan film Singin In The Rain ya, waktu Aina ke-gap nari” di tengah ujan pas umur 13 bulan…=) Btw, payungnya lucu euy Thal…Moga” nanti Yofel setahan banting Aina ya, biar bisa ujan”an juga…

  7. bundashafa
    Fariella Julian March 18, 2010 at 8:18 am

    ada aja nih Binggi :)
    baru aja kepikiran ngajak Fadhil hujan-hujanan, trik supaya nggak males keramas..hehehe.nice post!

  8. sLesTa
    shinta lestari March 18, 2010 at 8:44 am

    selalu sirik kalo denger cerita Aina yang suka maen ujan. soalnya Naia belom pernah diajak maen ujan. bukan karena ga boleh, tapi rumahnya ga punya halaman, mau maen ujan dimana coba? mungkin perlu maen ke rumah Aina biar Naia bisa maen ujan bareng.. hehehe..

  9. tiaaja
    tia March 18, 2010 at 8:51 am

    payung sama bootsnya aina lucu.
    tambahan info: pernah dikasih tahu sama orang BMG pas ngajak anak2 sekolahku kunjungan, kalo mau main hujan jangan di hujan pertama setelah kemarau. soalnya hujan pertama itu kandungan polusinya masih tinggi. tunggu sampai hujan ke 4 ato 5 jadi lebih bersih airnya.

  10. nandra
    Nandra Janniata March 18, 2010 at 8:53 am

    Aina seksi boots + hotpants :p Zieboy juga udh main hujan,cuman 3 menit,soalnya waktu itu pas anginnya juga lg banyak,jd takut masuk angin, setelahnya langsung mandi air hangat dan minyak telon sekujur tubuh :D biar dia ga penasaran,nanti kalo udh sebesar Aina mau main lebih lama lagi deh

  11. amira
    anggi sarhosi March 18, 2010 at 9:03 am

    lucunya Aina…ntar gedean pasti Rafa juga suka tuh main hujan..tapi kayaknya kalo anak cowok ogah pake payung deh :D
    Tia…info yg bermanfaat!

  12. chint13
    Shinta Sutono March 18, 2010 at 9:05 am

    idem kayak slesta..blom ada kesempatan main hujan buat aidan krn mesti turun dulu ke bawah… ga punya halaman! hahaha..
    ntar naiknya juga ribet bakal basah2in tangga or lift :p

    itu payung n rain boots aina lucuuuu bgt!

  13. restya
    Neneng Restiana March 18, 2010 at 9:13 am

    emang paling seru yah klo main ujan2an..
    saya sih sebenernya ngijinin tuh jibril main ujan2an,tp yg ada mbak-nya lbh galak dr saya,padahal jibrilnya jg seneng ujan,tdr siang sepules apapun,denger ujan langsung bangun & minta liat ujan.
    smg musim ujan berikutnya,jibril jg bisa ngerasain serunya main ujan kaya aina, & pastinya bawaannya kyanya pistol air aja yah :D

  14. March 18, 2010 at 11:34 am

    @meralda – boots & umbrellanya sebenernya sih ga beneran satu set, tapi satu merek. jadi kita beli barengan aja. kemaren ini baru aja beli topinya dari tokonya weendee.

    @meta – iya, untungnya kita ada taman kecil didepan. cukup lah buat main ujan aja, hehe.

    @alma- itu yang pertama kali dia lari keluar emang lagi main air yang ngucur dari atep… lebih deras, jadi lebih seru kali ya? yang lebih parah, pake mangap dan minum airnya… hu hu hu. buru2 disuruh maju dan dibilang ga boleh diminum :P

    @sukma – haha, gimana ya? kalo neneknya ada disini, pasti juga ga boleh… berhubung kita tinggalnya jauh, jadi ga ada yang ngelarang :P

    @ipeh – kalo lagi ga ujan, aina juga mainnya air dari ember… enak tuh kalo hari lagi panas banget! :) tapi sebenernya sih peraturannya sama. kalo udah basah, mesti cepet2 mandi juga…

    @astrid – hahahha… pas yang pake payung itu ya?

    @fariella – iya bener! aina juga suka nawar ga mo keramas. tapi yang ini jadi bikin rajin keramas.

    @shinta + @shinta (slesta + chint13) – iya sih, kalo mesti naik lift segala, repot. mana dingin lagi. kayaknya kalo di apartment, peralatan yang dibawa kebawah sama kurang lebih ama berenang.

    @tia – wah, thanks for the input! bener juga ya, airnya pasti lebih kotor…

    @nandra – aina juga waktu pertama2 cuma bentar banget. blum berani, takut masuk angin.shhh, jangan bilang2, tapi itu bukan hotpants… tapi celana dalem aja :P suka males pake celana pendek kalo lagi di rumah… hu hu hu.

    @anggi – kalo cowok bawanya pistol air dong :D

    @neneng – hihihi, ntar kalo udah gedean aja… iya, bawa ember ama pistol air :) pasti seru… bisa bawa payung juga, buat jadi tameng :P

  15. fabsfashion
    dhita March 18, 2010 at 12:15 pm

    wahhhh geu udah ngebet bgt pengen ngajak azka main ujan..tp para ortu suka ngelarang..nah gue takut kl azka sakit gue yg kena omel deh :p

    pernah waktu itu ujan, tangannya azka aja yg gue julurin ngerasain air ujan. itu aja dia tampak seneng :)

    mau ah sekali2 nyolong ngajak azka main ujan..btw boots ama payungnya lucuu sekali hihi

  16. ninit
    ninit yunita March 18, 2010 at 8:14 pm

    asik banget nihhh main ujan… punya masalah yang sama kayak @slesta & @chint13… ga punya halaman huhu… bingung mu ujan2an dimana. soalnya ke playground ga tll deket.

    aina bootsnya kereeen! bi ninit mau banget ;) hehehe.

  17. Sukma
    Sukmawati yusup March 18, 2010 at 9:46 pm

    kemaren2an, diTangerang sering ujan, si Aga diajakin maen hujan sama papahnya. cuman ama aku ga’ dibolehin, yaa krn takut sakit… tp tipsnya thalia boljug tuh… laen kali, klo ada ujan lg & pas papahnya aga libur, gw bakal ijinin dweh… ( soalnya si Aga malah ga ‘ngeh maen ujan, kl hujan malah nutup pintu )… :(

  18. muti
    muti March 18, 2010 at 11:42 pm

    thanks banget thal buat tips ujan2annya :) pengen ah ngajak aisya ujan2an… mumpung lg musim ;)

  19. Liz
    Liz March 19, 2010 at 12:16 am

    Ainaaa, payung + boots nya kalo digabungin sama kostum lady bugnya CĂ©lia jadi head to toe nih :-)

  20. eka
    Eka Wulandari Gobel March 19, 2010 at 12:50 am

    hiii..mengirii.. gak punya halaman juga :) jadi belum bisa ngajak enzo ujan2an..

    waktu masih kecil dulu, suka banget ujan2an sama kakak2, dibolehin sama ibu/bapak asal ujannya deres..
    malah kalo udah ada tanda2 mau ujan, suka langsung nuangin shampoo di kepala..
    jadi pas ujannya turun, langsung maenin shampoo! norak sih, tapi seneng! tapi pernah juga udah siap shampoo di kepala, taunya ujannya cuma seuprit! dan agak2 males aja mandi di kamar mandi..kecewa.. :)

  21. meralda
    meralda March 19, 2010 at 1:58 am

    @ thalia ~ itu topi ladybug yg di upload di flickr ya? lucu bgt :)koda juga cantik pake topi itu…
    thal, Aina ulang taun kapan? mau ngadoin tas ransel merangkap trolley ladubyug (modelnya kaya trunki) hehehe… seneng liat Aia ber-ladybug ria….

    @tia ~ thank u infonya yaa…. :)

  22. March 19, 2010 at 10:31 am

    @dhita – hmm, iya sih, kalo azka ampe sakit, emang bisa kena marah ama sang kakek nenek. tapi seru kok, jangan lama2 aja, dan udah siapin handuk dari di luar. begitu selesai, buka baju, libet handuk, trus lari ke kamar mandi… :) good luck ya!

    @ninit – iya nih, bootsnya udah ampir kekecilan. lagi nunggu windy stocking up barangnya, hehehe.

    @sukma – hehe, seru kok main ujan, asal aga lagi dalam kondisi sehat. tapi kalo aga ga mau, ga usah dipaksa… siapa tau emang dia ga suka :)

    @muti – siiip! semoga aisya seneng main ujannya ya!

    @liz – hahaha, iya! aina ga punya kostum ladybug… bisa pinjem celia punya :D

    @eka – ah senangnya! kalo gue malah dulu ga boleh… makanya pengen aina ngalamin. ternyata dia suka. blum pernah dicoba pake shampo sih… hahaha. pasti seru banget!

    @meralda – iya, yang dipake koda itu, hehehe. wah, ada tas ransel lady bug a la trunki? keren amat! aina ultahnya di pertengahan juni. ada di mana, da? pengen… hehehe.

  23. meralda
    meralda March 19, 2010 at 12:44 pm

    apanya yg ada dimana? tasnya apa guenya? :) di indo thal. di jakarta… nanti ya dikadoin buat Aina dari Gilby… aina kan udh mulai sekolah juga ya thal… :)

  24. thelilsoldier
    inga March 19, 2010 at 5:12 pm

    Raka blm pernah main hujan. Emaknya parno sih.

  25. djemima
    Jemima Iskandar March 20, 2010 at 6:03 pm

    Aah, Thal, adorable! Ayla’s raincoat juga dari Kidorable, lucu2 banget yaaaaaaaa :D

    I’d always like to get Ayla to play in the rain, but my in-laws might butt smack me, so.. Resisting the temptation :)

  26. March 25, 2010 at 1:50 am

    @meralda – aina baru mulai sekolah taun depan, hehe, masih lama :) tapi tasnya sih mauuuu dong :P

    @inga – blum tentu raka-nya juga suka sih… aina emang ketagihan main ujan.

    @jamie – kidorable emang lucu2 ya? pengen semuanya, hu hu hu.

  27. anette
    Antoinette Sudarsono-Pangalila November 11, 2011 at 3:02 pm

    wah..seru ya..akhir2 ini baru kepikiran untuk ngebiarin everest ujan2an..hehe..coba ah.. :)
    makasi tips’nya,mba..

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.