Main-Main di Museum Anak Kolong Tangga


Waktu liburan ke Jogja, kami menyempatkan untuk datang ke Museum Anak Kolong Tangga. Ternyata lokasinya tidak jauh dari Taman Pintar. Museum Anak Kolong Tangga berada di Taman Budaya. Memang tidak ada petunjuk lokasi museumnya, kalau berniat main-main ke sana langsung saja meluncur ke Taman Budaya.

Namanya lucu: "Kolong Tangga", ternyata tempatnya memang di bawah tangga concert hall Taman Budaya. Museum ini memuat macam-macam permainan tradisional dari Indonesia dan beberapa negara lainnya seperti Prancis, Rusia, Belanda, dan lain-lain. Pendiri museum ini adalah warga Belgia yang bernama Rudi Corens. Beliau menyumbangkan koleksi mainannya untuk melengkapi museum ini.

Saya suka sekali ke sini, serasa nostalgia dengan permainan waktu kecil. Mainan yang berkesan adalah boneka yang saya punya dulu ternyata berasal dari Rusia. Pasti masih ingat mainan Bongkar Pasang, eh ternyata ada juga mainan serupa di luar negeri. Seru sekali, dan sangat cocok di kunjungi anak-anak. Kay heboh melihat mobil-mobilan dan pesawat-pesawatan. Sayangnya kami tidak bisa mempraktikkan langsung mainan-mainannya, hanya untuk pengunjung berkelompok. Tempatnya memang tidak terlalu luas dan sepi, mungkin karena kami mengunjungi ketika hari biasa.

Untuk yang mau main-main ke sana ini alamatnya: Museum Anak Kolong Tangga, Taman Budaya Jl. Sriwedari no 1 Timur Benteng Vredeburg, Utara Taman Pintar. Tiket masuk Rp4.000,- per orang.

5 Comments

  1. avatar
    dewi khairiyah February 27, 2013 2:23 pm

    klo jd ke jogja,,, mampir ah,,, thanks ya mom infonyaaa ;)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    ZhafiraDanisha February 25, 2013 10:18 am

    waah..... makasii infona... Referensi bgt nih buat liburan...

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    ninit yunita February 25, 2013 6:16 am

    ih seru banget yaaa museum anak tangga ini. kalo ke jogja, ke taman pintar harus lanjut ke sini!

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    WiwiT February 23, 2013 4:36 pm

    waa... keren... pasti excited banget ya liat banyak mainan klasik.. seru pula kalo bisa maen rame2.. :D

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Gabriella F February 23, 2013 3:33 pm

    serasa nostalgia banget kalau ke situ... lihat2 berbagai mainan jadul... suka deh...

    1. avatar

      As .