Mainan Favorit untuk di Dalam Rumah

Kids and toys, they are having a serious connection at the store. Saat berjapan-jalan ke pusat perbelanjaan, pasti ada saja rengekan minta dibelikan mainan. Walau hati sekeras baja, kadang-kadang luluh juga, dengan alasan kebetulan memang belum punya mainan ini. Namun sesampainya di rumah, paling hanya 10 menit bermain-main, setelah itu lupa, dan akhirnya teronggok di dalam kotak dengan perintilan-perintilan kecil lainnya. Belum lagi kalau lebih suka menonton tv, sehingga mainan malah jadi menganggur. Jadi setelah saya amati selama 4 tahun ini, mainan yang merupakan investasi terbaik untuk dimainkan di dalam rumah untuk anak usia balita menurut saya adalah:

Puzzle

Puzzle is the best! Rauf sudah saya kenalkan dengan puzzle sejak umur 1 tahun. Mulai dari one piece puzzle atau peg puzzle untuk melatih koordinasi tangan dan mata sejak kecil. Anak juga diajarkan problem solving dan goal orientation melalui puzzle dengan cara menyatukan potongan-potongan puzzle tersebut sehingga menghasilkan sebuah objek. Melalui puzzle juga banyak sekali yang dapat dipelajari seperti belajar alfabet, angka, jenis-jenis binatang, macam-macam kendaran, bentuk, dan lain sebagainya. Orangtua juga bisa ikut berpartisipasi. Saya suka puzzle buatan Ravensburger, selain karakter sesuai dengan umur anak-anak, jumlah potongannya bermacam-macam sesuai dengan tingkat kesulitan. 

Building block

Kebetulan yang kami punya adalah lego, tetapi building block jenis apa pun memiliki fungsi yang sama. We can't have enough lego duplo. Awalnya Rauf belum tertarik main lego sampai saya belikan lego mat, setelah ia bisa berimajinasi apa saja seperti membuat kebun binatang, kapal, kafe, atau istana. Bermain juga melatih kerja sama dan toleransi, serta mengajari mereka untuk menunggu giliran serta menyampaikan ide. Permainan ini universal, dapat dimainkan anak laki-laki maupun perempuan tanpa mengelompokan gender.

Fancy dress dan aksesoris

Kostum Princess Elsa paling populer di kalangan anak-anak, hampir semua anak-anak disini pasti punya. Kostum princess yang lain kurang begitu digemari, Disney must be make a lots of fortune from Frozen movie! For boys, who doesn't want to be a superhero? Spiderman, Ironman, Captain America, dan superhero lainnya. Anak umur 3-4 tahun memang sedang senang bermain pretend play, entah itu masak-masakan, belanja di supermarket, ataupun bersih-bersih. Biasanya kalau anak-anak sedang memakai kostum, kami mengadakan pentas kecil-kecilan. Untuk anak seumur ini, menyanyi merupakan salah satu wadah mengekspresikan diri. Tidak semua anak berani, makin sering dilakukan rasa percaya diri anak pun semakin tinggi apalagi didukung dengan embel-embel princess ataupun superhero.

Play dough

Seberapa pun sebalnya saya membersihkan playdough yang menempel di karpet ataupun lantai, anak-anak bisa main berjam-jam dan berimajinasi. Playdough is one of great sensory experience. Membuat bola ataupun sosis dengan menggunakan kedua tangan untuk melatih koordinasi bilateral. Banyak resep di internet untuk membuat playdough sendiri hanya dengan campuran tepung, garam, air, dan pewarna makanan. Kami memanfaatkan youtube untuk melihat langkah-langkah membuat figur kartun dengan playdough. Saya sering mempraktikkannya dengan Rauf, hitung-hitung sekalian latihan untuk bekal membuat dekorasi kue dengan fondant. Jangan lupa untuk menutup rapat wadahnya agar playdough tidak menjadi keras.

 

Bagaimana urban mama, ada jenis mainan lain yang juga cocok untuk balita kita?

Related Tags : ,,,

10 Comments

  1. avatar
    otie September 15, 2016 12:23 pm

    a very useful sharing! thanks ya!
    "Awalnya Rauf belum tertarik main lego sampai saya belikan lego mat" --> ini maksudnya tatakan yg warna hijau itu ya...?

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Retno Aini September 14, 2016 5:04 pm

    Tossss setuju, mainan puzzle & lego ini engaging banget, anak anteng, mama papanya juga bisa ikutan main :D Board game lainnya juga seru. Di sini karena udah mulai dingin jadi kami seringnya main di rumah, paling suka bikin tenda dari seprai trus tidur2an & baca buku di dalamnya xD

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Eka Gobel September 13, 2016 8:31 am

    Toss deh sama enzo dante, sukanya main lego dan puzzle! Daaan pake bonus keinjek legi tiap hari :)

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Cindy Vania September 13, 2016 8:25 am

    Duh ini bener banget deh, favenya anak2 dirumah ya 4 jenis mainan ini. Paling tambah beberapa permainan kalo lagi bosen :)

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Soraya Puspasari September 11, 2016 2:54 pm

    :) terima kasih TUM udah dimuat artikelnya.

    mba rita: iyaa mama papa bisa ikutan main juga :)

    mba ninit: awalnya mamanya yang terobsesi sama lego, untung akhirnya Rauf jadi suka hihihi dan akhirnya aku dikerjain suruh bikin ini itu.

    mba yeye: hihihi main playdoh emang harus diawasin banget yaa, kalau ga udah dicampur ga karuan atau lupa ditutup.

    mba imelda: toss dulu doong kitaa :)

    mba ari: waah aku kurang tau euy, mungkin ada yaa :)

    1. avatar

      As .