Mainan yang Sesuai dengan Perkembangan Anak

Usia 0 -18 bulan adalah usia yang penting dalam perkembangan pancaindra bayi. Permainan yang tepat dapat merangsang perkembangan motorik kasar dan halus mereka dengan baik. Anak-anak mempelajari berbagai hal dari bermain.


Early Learning Center (ELC) produsen mainan dari Inggris yang sudah mempunyai serifikasi internasional punya mainan yang cocok dengan tumbuh kembang anak di usia paling dini 0 – 18 bulan. Dengan panduan usia pada mainan-mainannya diharapkan orangtua tidak perlu bingung saat memilih mainan bagi buah hati mereka. Koleksi mainan dengan tema Discovery Zone ini didesain untuk membantu anak menjelajahi hal-hal baru di setiap awal tahap perkembangannya, sejak lahir hingga usia 18 bulan. Melalui Discovery Zone, ELC membantu memaksimalkan perkembangan bayi dan balita.


Bayi yang baru lahir sampai kira-kira berusia tiga bulan perlu banyak rangsangan pada indra penglihatan dan sentuhannya. Misalnya dengan Sit Me Up Cosy seperti ini.



Memasuki usia 3 bulan, bayi sudah bisa mengontrol gerakan tangan kakinya. Pada tahap ini, bayi senang mengeksplorasi hal-hal yang ada di sekitarnya. Ia juga senang dengan mainan yang mengeluarkan bunyi seperti Lights and Sounds Musical Buggy Bar ini.



Sejak berusia enam bulan, bayi suka bertualang. Ia sudah mulai lincah bergerak ke sana ke mari, ada mulai bisa duduk atau bahkan merangkak. Pada tahap ini, bayi sebaiknya diberikan mainan yang merangsang anak dengan gerak berpindah dan berwarna-warni cerah, seperti Shape Sorting Bus ini.



Saat berusia sembilan bulan, pergerakan bayi menjadi makin aktif. Untuk memicu keterampilan mereka menggunakan pancaindranya, akan baik jika mereka diberikan mainan seperti Stack and Drop Foggie atau Lights and Sounds Walker.



Mulai usia 12 bulan, si kecil makin penasaran dengan dunia sekitar, ia suka sekali mencari hal-hal baru yang menarik perhatiannya. Mainan seperti Twist and Turn Activity dan Wooden Bricks cocok untuk mengembangkan kreativitas mereka.



Saat sudah berusia 18 bulan, anak mulai suka bermain meniru kegiatan orang dewasa di sekitar mereka. Permainan yang mirip dengan kegiatan orang dewasa di sekitarnya cocok untuk mereka, seperti My First Sizzle and Fry Kitchen dan Teddy Bears Picnic.




Selain memilih mainan yang cocok untuk perkembangan usianya, juga perlu diperhatikan faktor keamanan mainan. Sampai anak berusia tiga tahun, ukuran mainan haruslah lebih besar dari mulut mereka sehingga mencegah anak tersedak mainan. Dipastikan tidak ada bagian sudut-sudut yang tajam. Bahan pembuat mainan dan cat yang digunakan juga harus dipastikan memang aman bagi si kecil.


Semoga informasi ini berguna bagi urban mama yang ingin membelikan mainan bagi si kecil. Mainan-mainan ELC juga bisa dilihat di sini.


10 Comments

  1. avatar
    SANY August 29, 2015 1:19 pm

    mam,boleh minta alamat website nya ELC?

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Anik Aini April 7, 2014 10:15 am

    kebetulan mau membelikan mainan untuk Khayla yang masih 3 bulan.. kira2 apa yah mbak yang cocok? :-) trims

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    zata ligouw February 27, 2014 11:19 am

    pilihan mainan dari ELC emang keren2 ya La.., kmaren abis liat2 katalognya juga, jadi pengen beli buat Sabil..

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Eka Gobel February 25, 2014 10:27 pm

    toss sama bunda wiwit nih, sampe skrg sukaa banget sama Wooden Bricks!
    ELC mmg top deh, semua mainannya selain sesuai dgn usia anak, bisa dinikmati juga sama org tuanya! :)

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    ninit yunita February 24, 2014 10:12 am

    bener banget niii... milih mainan itu sebaiknya sesuai dengan usia. di ELC sih udah ada yaaa di boxnya, mainannya cocok untuk anak umur berapa. cinta deh sama ELC! memudahkan banget dan mainannya bagus2! edukatif.

    1. avatar

      As .