Mama dan Bendera Merah Putih

ninit

Ada sebuah cerita tentang Mama yang selalu saya ingat ketika kalender sudah masuk bulan Agustus. Beberapa tahun yang lalu, pada suatu hari di bulan Agustus, seperti biasa, menjelang hari kemerdekaan semua rumah memasang bendera, kan?

Mama saya yang rutin berjalan kaki pada pagi hari, suatu hari berjalan kaki melintasi jalan Dago. Seperti yang kita tahu, jalan Dago itu jalan yang keren dan terkenal di Bandung. Nah, entah bagaimana, Mama terpanah pada sebuah rumah yang megah. Lalu tiba-tiba kesal berat karena melihat bendera merah putih yang berkibar di sana sudah super belel.

Mama saya bergegas pulang. Mama mengingat dengan jelas nomor rumah megah itu dan menghubungi 108 untuk menanyakan nomor teleponnya.

Setelah itu, Mama saya langsung menelepon rumah megah.

“Halo?”
“Selamat siang! ini dengan 25XXXXX dengan alamat di jalan Dago nomor XXX?” (dengan suara yang tegas dan cenderung galak).
“Ya, betul Bu.”
“Saya dari organisasi cinta bangsa. Coba itu benderanya diganti ya! Itu bendera merah putih sudah ngga layak pakai.”
“B-b-baik bu.”
“Besok saya periksa lagi. Saya mau cek apa benderanya sudah diganti atau belum.”
“B-b-baik, Bu.”

Yes, it was my mom who made that prank call.
:)

Sumpah! Saat Mama cerita tentang hal ini, saya tertawa sampai nangis.

Tapi benar juga sih… kata Mama, kita ini generasi yang ngga perang ngangkat senjata melawan penjajah. At least kita menghormati dengan pasang bendera merah putih yang cerah dan gagah berkibar. Pasang di tiang yang bagus, bukan dari bambu yang lemah gemulai. Saat kami membangun rumah, Mama sudah wanti-wanti untuk sengaja memasang tiang bendera permanen agar bendera merah putih nanti dengan gagah berkibar. Tentunya, bendera merah putih yang tidak belel yah :).

Oh ya, besoknya… beneran lho, rumah megah itu ngeganti bendera merah putih belel dengan bendera merah putih yang baru :). I love my mom…

Selamat hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 65.

“Merdeka!”

19 Comments

  1. aindah
    ayutri indah August 17, 2010 at 4:43 am

    wah, Mamanya teh Ninit cinta Indonesia banget nih.dirgahayu untuk negeri kita..semoga makin maju,termasuk kita para mamas..

  2. FriTha
    Fritha August 17, 2010 at 4:46 am

    Merdeka!! Salut buat mamanya mbak ninit, semangat beliau untuk selalu menghargai jasa para pahlawan patut dicontoh…

  3. Medy
    medy August 17, 2010 at 5:29 am

    ha..ha..cool nih mamanya…! Kalo gw dulu menghormati dgn cara gak ngobrol tiap upcr bendera.Malu sama kakek(now 89th) yg tiap thn selalu rapi jali semangat upacara di istana. Dirgahayu RI!

  4. eka
    Eka Wulandari Gobel August 17, 2010 at 7:18 am

    ahaha.. itu kan bendera pusaka yang dijahit sama ibu fatmawati, jadi emang udah rada kucel2 gitu deh ;p

    di RT saya ibu2 dari tim PKK setiap tahun memang mengkordinir bendera-things pada tiap rumah. jadi gak bakalan ada tuh bendera yang bladus bin malu2-in.

    merdeka, teh ninit! salam cinta bangsa buat mama-nya teh ninit!

  5. ipeh
    Musdalifa Anas August 17, 2010 at 7:31 am

    merasa tersindir, belom pasang bendera soalnya :p

    Dirgahayu Indonesiaku

  6. August 17, 2010 at 7:33 am

    Hats off buat mamanya teh ninit!
    Salam cinta bangsa juga, tante…
    Dirgahayu Indonesiaku, merdeka!

  7. IntanDian
    Dian Sarwono August 17, 2010 at 8:45 am

    Hahaha.. Ikutan bangga Nit sama mamanya… :)

  8. Mirza Resita
    August 17, 2010 at 9:32 am

    Mungkin itu bendera udah pink putih ya teh hihihi…
    Hebat si mama…Merdeka!!!

  9. Mirza Resita
    August 17, 2010 at 11:25 am

    you rock Mamanya Teh Ninit..
    Ibuku juga gitu Teh..uda wanti2 bgt,katanya klo aku punya rumah sendiri,jgn lupa harus punya tiang bendera yg bagus..and I will..
    Merdeka!!

  10. sLesTa
    shinta lestari August 17, 2010 at 11:46 am

    cerita yang seru nit! keren banget deh mamanya!
    btw, tpi taun ini kita ga masang bendera nih, ga ada bendera merah putih di rumah. harusnya punya yaa.. jadi taun depan pas NDP kita ikutan pasang bendera tapi bendera merah putih tanpa bintang heheh..

  11. Mirza Resita
    August 17, 2010 at 1:47 pm

    sangat setuju dg mamanya teh ninit.. Merdeka!

  12. August 17, 2010 at 6:28 pm

    LOL, kocak banget nyokap nit… berani ya? trus, besoknya beneran diganti ga?

  13. tiaaja
    tia August 17, 2010 at 9:08 pm

    walaupun udah pernah baca di blognya teh ninit, tetep aja tiap baca cerita ini jadi salut banget sama mamanya teh ninit.

  14. myson
    myson August 18, 2010 at 12:27 am

    hahaha.. MERDEKA! LOL

  15. CMummySarah
    Willy Julivanie Aspinall August 18, 2010 at 12:59 am

    Hidup Ceu Yati :) Cinta Bangsa Sejati :)

  16. rhisuka
    riska nurmarlia August 18, 2010 at 1:28 am

    mamanya teh ninit rawks!! dirgahayu RI.. :)

  17. sukie
    Sukma Pertiwi August 18, 2010 at 10:48 am

    thalia, itu beneran diganti say benderanya :)

    teh nit, organisasi cinta bangsa emangnya beneran yah? hi9

  18. restya
    Neneng Restiana August 18, 2010 at 10:55 am

    Wah Mamanya Teh Ninit Nasionalis sekali…
    btw,jd inget sama Fanny yg masang bendera merah putih di hal depan rumahnya (liat di thread “Denim Fever),terharu jadinya…
    MERDEKA!!!

  19. dieta hadi
    agwina dieta August 18, 2010 at 11:24 am

    Salut sama mamanya teh ninit, Hebat!
    PSsst…aku dah baca cerita ini di blognya istribawel.com, hehehe

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.