Mandi Hujan

Myra Anastasia

“Bunda, boleh mandi hujan, gak?”

Sudah masuk musim hujan. Dan, sudah beberapa hari ini anak-anak saya minta supaya diperbolehkan mandi hujan. Kadang, saya hanya menatap mereka karena mereka sebetulnya sudah tahu jawabannya. Kadang-kadang saya harus jawab dengan tegas, “Tidak boleh”.

Sebetulnya saya tidak melarang anak-anak untuk sama sekali tidak boleh mandi hujan. Anak-anak cukup sering mandi hujan. Tetapi sebelum diizinkan, ada tiga syarat yang harus dipenuhi:

  • Harus sehat

Iya, dong. Mana enak hujan-hujanan di saat badan kurang sehat. Bisa-bisa setelahnya malah tambah sakit.

  • Hujan harus turun dengan deras dan tanpa petir yang bersahut-sahutan

Hujan yang turun rintik-rintik justru bikin sakit kepala, menurut beberapa orang. Lagipula memang kurang seru ya kalau mandi hujan tetapi hujannya hanya rintik-rintik. Kalau pun hujan turun deras, saya tidak perbolehkan kalau ada banyak petir. Ngeri, ah.

  • Tidak sedang ada UTS/UAS atau kegiatan penting lainnya

Walaupun dua syarat di atas sudah terpenuhi, tapi tidak ada jaminan mutlak kalau mereka boleh mandi hujan. Apalagi jaminan badan akan tetap sehat setelahnya. Kalau akan ada kegiatan penting yang mengharuskan mereka berada dalam kondisi sehat seperti sedang musim ujian, saya tidak perbolehkan dulu untuk main hujan. Meskipun kondisi badan fit, saya tidak mau ambil risiko kalau-kalau mereka malah tidak bisa ikut ujian karena jatuh sakit setelah mandi hujan. Anak-anak sih sudah tahu alasannya, tetapi ya namanya juga anak-anak, kalau sudah punya mau ya sesekali rengekan pun keluar saat keinginannya belum dipenuhi.

 

Misalnya mereka diperbolehkan mandi hujan, untuk meminimalkan resiko sakit maka saya pun melakukan hal berikut:

  • Siapkan air hangat untuk mandi

Anak-anak harus mandi air hangat setelah mandi hujan untuk mengkondisikan kembali suhu tubuh setelah mandi hujan. Saya tidak mengizinkan mereka mandi air dingin setelah mandi hujan.

  • Siapkan minuman hangat untuk dinikmati setelah mandi hujan

Setelah mandi hujan, anak-anak pun bergantian mandi. Saat salah satu anak sedang mandi, yang lainnya saya minta untuk minum susu atau teh hangat supaya badan mereka tidak kedinginan. Yang mandi duluan, minum teh atau susunya setelah selesai mandi.

 

Mandi hujan termasuk aktivitas yang sangat menyenangkan bagi anak-anak. Anak mana yang tidak antusias gembira saat bermain hujan. Bahkan kadang kami orangtuanya pun ikut mandi hujan bersama mereka. Anak-anak tentu saja tambah senang kalau orangtuanya ikut mandi hujan.

Mandi hujan pun bisa meningkatkan kebersamaan. Dari mulai mandi hujannya, menikmati minuman hangat bersama, sampai ‘kruntelan’ bersama seusai mandi hujan. Celoteh anak-anak bisa tidak ada putus-putusnya bercerita tentang kegembiraan yang baru saja mereka rasakan dari kegiatan mandi hujan yang sederhana namun seru.

UAS sudah selesai. Liburan sekolah sudah berlangsung. Sepertinya saya sudah bisa mengizinkan kalau mereka bertanya, “Bunda, boleh mandi hujan, gak?”

10 Comments

  1. eka
    Eka Wulandari Gobel December 27, 2014 at 6:56 am

    seruuu banget Mandi hujan! waktu kecil seriiing deh hujan2an bareng abang2 :) dan syaratnya sama, hujannya harus deras. habis itu harus makan sup & minum teh/ susu hangat. enaaak banget :)

  2. ZataLigouw
    Zata Ligouw December 27, 2014 at 7:49 am

    setuju banget sama Myra, anak2 boleh mandi hujan dengan beberapa syarat penting..
    di rumah juga gitu, bahkan Sabil yang baru 3,5 tahun pun sesekali gw ijinin ikut main hujan sama kaka2nya ;p

  3. Kira Kara
    Bunda Wiwit December 27, 2014 at 12:48 pm

    waaaa… seruuu… Kira dan Kara juga suka tuh maen hujan-hujanan. Eh tipsnya samaaa persis deh sama yang disini. Tapi kadang suka maksa juga sih. haha…

  4. cindy
    cindy vania December 27, 2014 at 1:34 pm

    Wah asik banget mandi hujan! Jaman dulu paling hobi deh hujan2an :D
    Ini anak2 udah beberapa kali minta supaya boleh hujan2an,tapi lagi banyak petir dan angin,jadi masih belom terlaksana deh,sebagai obatnya,mereka kemareb boleh kuras kolam :D

  5. ipeh
    Musdalifa Anas December 28, 2014 at 12:17 pm

    Gue juga termasuk membolehkan anak2 main hujan selama kondisinya lagi fit dan bukan pas hujan baru turun, nunggu sekitar 15-20m hujan turun baru boleh deh main hujan-hujanan ;)

  6. gabriella
    Gabriella Felicia December 28, 2014 at 3:45 pm

    Hujan-hujanan memang seru ya! TFS ya…

  7. ninit
    ninit yunita December 29, 2014 at 11:02 am

    ahhh mandi hujan ini seru bangeeet! jadi inget masa kecil dulu :D hihihi.

    TFS tipsnya yaaa mama myra.

  8. siska.knoch
    Siska Knoch December 30, 2014 at 9:47 pm

    Jadi kangen mandi hujan jaman kecil #eeh :D

  9. deravee03
    deravee03 December 31, 2014 at 4:53 pm

    Sukaa tulisannyaa:) penuh kenangan bgt ya main ujan2an..akupun ud pernah ngasih gavin main hujan^^

  10. Myra Anastasia
    myra anastasia March 3, 2015 at 5:24 pm

    All: Terima kasih untuk semua komennya, ya. Yup! Mandi hujan memang mengasyikkan :)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.