Manfaat Bermain Bola bagi Anak

Selama ini saya mencoba untuk memperkenalkan berbagai kegiatan positif kepada Albert (8 tahun), mulai dari yang berhubungan dengan seni, memasak, prakarya, sampai olahraga. Mengapa saya melakukan hal ini? Salah satu alasannya agar energi Albert tersalurkan dengan baik, serta membuka wawasannya tentang berbagai kegiatan menarik yang bisa diikutinya. Siapa tahu ada di antara kegiatan-kegiatan itu yang kelak akan menjadi hobi atau bahkan profesinya di masa depan.

Satu kegiatan yang ingin saya perkenalkan pada Albert adalah permainan olahraga beregu, seperti sepak bola. Mengapa saya memilih olahraga beregu? Karena manfaatnya sangat banyak bagi perkembangan fisik dan emosional anak, misalnya:

  • Melalui olahraga beregu, anak akan belajar bekerja sama dengan baik. Tujuan yang akan dicapai adalah tujuan tim, tidak ada satu anggota tim yang lebih penting dari yang lain. Semua harus bekerja sama untuk mencapai tujuan tim mereka. Anak belajar untuk berpikir bukan lagi dari sisi “saya” melainkan dari sisi “kami” sebagai anggota tim.
  • Anak bisa belajar fokus mengikuti instruksi pelatih dan kapten tim. Jika konsentrasi teralih, ia akan ketinggalan. Si kecil juga belajar menghormati para pelatih dan anggota tim yang lain, serta keputusan wasit saat mereka bertanding.
  • Permain sepak bola juga melatih anak untuk bisa mengambil keputusan dengan cepat, penuh perhitungan, dan tepat. Kepada siapa akan mengoper bola, akan saya giring ke mana bola ini, sampai ikut memikirkan strategi yang tepat agar tim mereka bisa mencapai tujuannya.
  • Tentu saja karena ini olahraga, maka fisik dan stamina si kecil juga dilatih dengan baik. Kemampuannya menggiring bola, mengecoh lawan, dan keterampilan menendang pasti terasah dengan baik. Olahraga juga membuat tubuh lebih segar dan tidak cepat lelah atau mengantuk.
  • Setelah lelah mengikuti berbagai pelajaran di sekolah, maka olahraga beregu ini bisa menjadi semacam ajang untuk berekreasi. Bertemu teman-teman dan bermain bola bersama.
  • Anak akan belajar menerima kekalahan dan rendah hati saat menang. Setiap tim akan mengalami kemenangan dan kekalahan. Si kecil lama-kelamaan akan bisa mengatasi kekecewaan yang timbul saat kalah. Yang terpenting adalah semangat pantang menyerah saat bertanding.

Banyaknya manfaat positif olahraga beregu, membuat saya tertarik saat mendapatkan tawaran untuk mencoba kelas di Brazilian Soccer School. Awalnya Albert sempat merasa takut dan malu untuk bergabung, karena merasa belum bisa bermain bola, sementara teman-temannya sudah terlihat mahir. Coach Daniel meminta beberapa anak untuk mengajak Albert ikut latihan dan akhirnya setelah beberapa saat memperhatikan, Albert mau ikut bergabung.

Latihan dimulai dengan pemanasan, latihan teknik menggiring bola, dan diakhiri dengan pertandingan antara dua tim. Para pelatih dan teman-teman membantu meningkatkan kepercayaan diri Albert dengan cepat, sehingga ia mulai bisa mengikuti dan menikmati latihannya. Yang saya perhatikan, setiap anak mendapatkan bola masing-masing saat melatih teknik, sehingga tidak ada banyak waktu terbuang menunggu giliran mendapat bola.

Selain anak laki-laki, saat itu juga ada dua anak perempuan yang ikut latihan dan satu coach perempuan, yaitu Coach Dita yang mendampingi. Jadi urban mama yang punya anak perempuan tidak perlu ragu-ragu untuk bergabung. Tidak hanya anak seusia Albert yang bisa mengikuti latihan, tetapi mulai dari usia 4 tahun sudah bisa ikut. Saat kami datang, anak-anak usia 4-6 tahun sedang berlatih bersama Coach Noval, mereka lucu dan serius sekali saat latihan.

Latihan ditutup dengan pertandingan dan ternyata walaupun masih baru, Albert boleh langsung ikut bertanding. Seru sekali, dan kesannya setelah selesai latihan, “Ma, minggu depan aku boleh ikut lagi nggak?”

Jika urban mama tertarik untuk mengikutsertakan si kecil pada Brazilian Soccer School ini, silakan buka website mereka di sini, atau hubungi nomor hotline mereka 087875554115. Intip kegiatan seru mereka di akun [email protected] Cabangnya lumayan banyak lho urban mama, tinggal pilih yang terdekat dengan tempat tinggal masing-masing. 

12 Comments

  1. avatar
    Aini Hanafiah March 31, 2017 3:05 pm

    Senang ya Albert main bola :D Pengen masukin Alma ke les olahraga beregu juga, krn setuju sama poin2 yang Ella sebutkan tadi :D kebetulan di sini ada banyak sportshall yg bkin les sepakbola buat anak2, laki maupun perempuan. Thanks buat sharingnya ya Ella :D

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Honey Josep March 30, 2017 12:42 pm

    wah keliatan seru banget deh Albert main bolanya!

    Tfs Ella :)

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Febi March 27, 2017 6:06 pm

    Kebetulan anakku Kafi (18 bulan) seneng banget kalau diajak main bola. Kayaknya boleh tuh ikut latohan sepakbola beregu kalau ia sudah usia prasekolah nanti. TFS, mba Ella :)

    1. avatar
      Gabriella Felicia March 28, 2017 10:14 pm

      Iya Feb, ternyata banyak manfaatnya ya... pasti Kafi lucu deh main bola bareng teman-temannya...

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  4. avatar
    Musdalifa Anas March 27, 2017 8:05 am

    Ampun lucu banget itu yg usia 4 tahun dan ternyata anak perempuan juga bisa ikutan ya, kebayang yoona ikut ini. Sayang ih di Bogor gak ada.

    1. avatar
      Gabriella Felicia March 28, 2017 10:15 pm

      Nah cocok untuk Yoona tuh... coba dilobi BSSnya biar buka cabang di Bogor, Peh...

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  5. avatar
    dieta hadi March 24, 2017 9:52 am

    wahhh seru banget ini buat anak anak, kebetulan mika dan jibril lagi seneng main bola. BSS belum ada di bogor nih ya

    1. avatar
      Gabriella Felicia March 28, 2017 10:23 pm

      Iya seruuuu... semoga BSS segera buka cabang di Bogor ya Diet...

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.