Manfaat Lain Dari Menonton Bioskop

Beberapa waktu lalu, Keke minta izin untuk menonton film "My Idiot Brother" bersama teman-teman sekolahnya. Setelah saya melihat trailer filmnya di youtube, sara rasa film tersebut bagus. Tapi, saya merasa itu bukan film yang 'Keke banget'. Maksudnya, selama ini kalau nonton film di bioskopĀ  pasti ia nonton film kartun. Drama rasanya bukan selera Keke.

Untuk itu, saya lalu memberi syarat ke Keke. Ia boleh nonton asalkan setelahnya mau menulis esai sebanyak minimal 4 halaman tentang film tersebut. Isinya mulai dari review, moral story, hingga pengalaman ketika nonton film tersebut. Keke pun menyanggupi syarat tersebut, walopun praktiknya ia harus beberapa kali diingatkan untuk menyelesaikan esainya. Tapi, yang penting ia menyelesaikannya.

image credit: aboutamom.com

Awalnya saya memberikan syarat tersebut memang untuk membuktikan kalau Keke ingin nonton film tersebut bukan karena sekadar ikut-ikutan teman-temannya. Dengan menulis esai, akan terbukti apakah Keke menyimak film tersebut atau tidak.

Manfaat yang bisa dirasakan dengan memberinya tugas esai adalah sebagai berikut:


  1. Menulis itu melatih ketekunan

  2. Belajar mengamati - untuk bisa menulis esai dengan detil tentunya Keke harus mengamati jalan ceritanya dengan cermat

  3. Belajar berpendapat - di esai tersebut, saya juga meminta Keke untuk menulis moral story yang didapat serta pengalamannya menonton film itu


Manfaat tambahan lainnya adalah mempererat rasa kekeluargaan. Setelah esai selesai, saya mengajak Keke untuk berdiskusi dengan santai. Suasana harus dibuat santai dan nyaman karena ini bukan sidang. Dengan membuat suasana diskusi yang santai dan nyaman tentu aja menambah erat rasa kekeluargaan.

Setelah Keke menyelesaikan tugas esaiynya itu, saya rasa bagus juga kalau kegiatan ini terus dilakukan setelah mengajaknya menonton bioskop. Bahkan mungkin tidak terbatas saat menonton bioskop aja, bisa dilakukan setelah selesai membaca 1 buku atau kegiatan lainnya.

9 Comments

  1. avatar
    Myra Anastasia November 10, 2014 9:02 pm

    @deravee03, saya kasih minimal 4 halaman karena tulisan Keke masih agak besar2. Jadi, kalau cuma dikasih 1 halaman pasti isi tulisannya sedikit banget ^_^

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Myra Anastasia November 10, 2014 9:01 pm

    @siska knoch, @gabriella felicia sama2. 'Met mencoba, ya :)

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Myra Anastasia November 10, 2014 9:00 pm

    @zata ligouw, awalnya juga saya mau ngetes Keke. Pengentau apa dia sekedar ikut2an nonton atau enggak. Ternyata, ada manfaat lain yang bisa saya rasakan :)

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Myra Anastasia November 10, 2014 8:57 pm

    @Bunda Wiwit, Keke umur 10 tahun. Udah pernah bikiin Keke blog tapi dia masih on-off moodnya. Yang rajin ngeblog malah bundanya.

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Dewi Ratih Purnama November 10, 2014 7:08 pm

    Waa minimal tuh mba 4hlmn?hehe... Pinter d keke,keren bgt...ud kelas brp mb?

    1. avatar

      As .