Manfaat Rutinitas Sebelum Tidur

Marsha Maria An interior designer who works at home. She loves fashion and enjoy styling her baby girl and lives in Jakarta.

Memiliki anak membuat saya terus belajar dan mengetahui hal-hal baru yang tidak pernah saya pikirkan sebelumnya. Hingga dua minggu lalu saya mengalami masalah yang berkaitan dengan kualitas tidur anak. Anak saya sering kali terlihat gelisah ketika tidur malam dan mudah terbangun. Saya berusaha mencari tahu masalah apa yang menyebabkan tidur anak saya tidak nyenyak. Terimakasih untuk The Urban Mama yang menjadi salah satu tempat saya mendapatkan banyak solusi dalam berbagai permasalahan parenting, melalui artikel inilah saya menemukan jawaban. Saya jadi tertarik untuk memulai rutinitas tidur anak yang dipercaya dapat membuat kualitas tidur anak lebih baik yaitu dengan mandi sebelum tidur.

Awalnya saya kurang percaya, karena saya sudah terbiasa dengan pandangan orangtua saya yang mengatakan bahwa memandikan anak tidak boleh terlalu sore, nanti masuk angin. Namun setelah saya mencari tahu dan mencoba akhirnya saya mengetahui bahwa rutinitas mandi sebelum tidur memiliki manfaat yang luar biasa berkaitan dengan kualitas tidur anak.

Lalu seperti apa rutinitas mandi sebelum tidur untuk anak? 

Rutinitas ini dimulai dengan kegiatan memandikan anak dengan air hangat. Mandi memiliki peranan yang sangat penting karena selain manfaat untuk membersihkan tubuh dari kuman, mandi juga memberikan kesempatan orang tua untuk memiliki quality time bersama si kecil. Melalui sentuhan orangtua, anak akan merasa nyaman dan dicintai. Selain itu mandi air hangat juga membuat tubuh si kecil lebih relaks. Mandi pun dapat menjadi ajang belajar si kecil untuk mengasah kemampuan sensorik dan motoriknya. Ketika memandikan Kaitlynn saya menggunakan sabun cair JOHNSON'S bedtime baby bath yang lembut dan menenangkan.

Dilanjutkan dengan kegiatan pemijatan tubuh si kecil. Pijatan tangan Ibu adalah salah satu cara terbaik untuk memberikan kenyamanan bagi anak yang dapat membuatnya merasa dicintai oleh orang tuanya. Kaitlynn termasuk anak yang sangat menikmati saat dipijat. Saya biasanya memberikan pijatan ringan setiap sehabis mandi menggunakan JOHNSON'S bedtime baby lotion yang beraroma lembut dan menenangkan.

Rutinitas ini diakhiri dengan waktu tenang supaya anak semakin mudah masuk ke fase tidur. Untuk Kaitlynn biasanya saya menimang-nimangnya sebentar sambil menyenandungkan lagu tidur setelah selesai memandikan dan memijatnya. Terkadang saya juga suka membacakan buku cerita, walaupun Kaitlynn belum terlalu mengerti tapi dia sangat suka melihat gambar-gambar binatang di buku cerita. Ketika si kecil sudah merasa nyaman, ia akan tidak hanya mudah untuk tertidur namun juga dapat tidur lebih lama.

<iframe src="https://www.youtube.com/embed/sMhF6APxQL0" width="640" height="360" frameborder="0"></iframe>

Secara garis besar setelah menerapkan rutinitas tidur ini saya mendapatkan berbagai manfaat antara lain:

1. Memberikan efek rileks dan menenangkan karena berdasarkan penelitian dinyatakan bahwa berendam dalam ar hangat dipercaya dapat membuat tubuh lebih rileks dan siap untuk beristirahat.

2. Menciptakan rutinitas yang baik karena membiasakan anak untuk mandi sebelum tidur anak akan merasa nyaman dan tahu apa yang akan dia lakukan selanjutnya yaitu tidur.

3. Quality time bersama orang tua karena rutinitas ini dapat menciptakan momen intim antara anak dan orangtuanya.

4. Tidur anak jadi lebih nyenyak karena anak-anak yang terbiasa dengan ritual mandi air hangat dapat tidur lebih nyenyak dan lebih panjang.

Ternyata tidak hanya bagi anak-anak, manfaat mandi sebelum tidur ini juga berlaku untuk orang dewasa. Jadi setelah tahu manfaatnya, jangan takut untuk mandi dan memandikan anak di malam hari sebelum tidur ya Urban Mama.

8 Comments

  1. avatar
    Eka Gobel October 13, 2016 12:54 pm

    Aduuuh lucunyaaa K!
    Sama nih, enzodante dari bayi cocoknya pake JB.
    Sukanya juga dipijat, keterusan deh sampe sekarang udah SD pun masih suka minta dipijat sebelum tidur.

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    musdalifa anas October 11, 2016 10:30 am

    duuuh senang banget liat foto dan video Kaitlyyn. Rutinitasnya oke banget nih, sama ma Mama Rian, PR banget buat pijat Yoona, biasanya anak-nya langsung geli dan minta berenti, karena gak rutin sih ya. Mau ah dicobain tiap hari dan jadi rutinitas.
    btw ada ya JB seri bedtime ini? selama ini pakai JB yang rice & milk.

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Marsha Maria October 10, 2016 12:37 pm

    @hanana iyaaa wanginya enak banget yaa seger and lembut
    @teh ninit iya harus dirutinin nih, walaupun kadang-kadang ke skip juga sih..hehe
    @rian bangettt..ini aja susah baringinnya udah keburu bulak balik duluan tapi kalo udah berasa enaknya baru dia anteng keenakan dipijit..
    @mba siska yuk pijit yuk,,jadi pengen juga emaknya..hahah
    @mba cindy iya kaan, kita aja yg dewasa kalo abis dipijit jadi relaks banget ya bikin ngantuk-ngantuk gitu..hehe

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Cindy Vania October 10, 2016 12:01 pm

    Bener banget deh yang mandi dan pijat itu, soalnya anak-anak selalu mandi kalo mau tidur dan bener sih jadi nyenyak banget. Habis mandi kan seger yaa, badan bersih dan hawa ngantuknya makin berasa, apalagi sambil dipijet :D

    Kait lucunyaaaa!

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Siska Knoch October 10, 2016 10:11 am

    Whoaaa baby K bikin tante chika juga pingin pijit deh hehheh
    Cha hebat ih, dikau rajin sangat! salut.
    Kebeneran udah punya oil-nya mau rutin lagi ah mijitin anak2 dirumah :))
    tfs cha :*

    1. avatar

      As .