Martabak Bangka Super Kenyal Premium

tiara.k

Selama ini tiap menguji-coba resep martabak manis, belum pernah ada yang cocok dan mirip seperti martabak manis yang dijual abang-abang. Di salah satu grup kuliner di media sosial, akhirnya saya menemukan resep martabak manis yang pas menurut saya. Dijamin pada suka deh, karena tekstur dan rasanya mirip sekali dengan martabak bangka yang dijual di pasaran. Lumayan hemat pula, bisa membuatnya sendiri dan tidak perlu sering-sering beli lagi.

Martabak Bangka Super Kenyal Premium (sumber resep: NCC)

Bahan:

  • 400 gr tepung terigu segitiga
  • 520 ml air
  • 5 sdm gula pasir
  • 1 sdt soda kue/baking soda/soda bicarbonat
  • 5 sdm susu bubuk
  • 2 butir telur
  • 1 sdt garam halus
  • Gula pasir untuk taburan
  • Mentega (butter) olesan
  • 1/4 sdt soda untuk tambahan di tiap loyang

Isi:

  • Susu kental manis
  • Kacang sangrai, diblender kasar
  • Keju parut
  • Meises atau chocolate sprinkles
  • Selai atau olesan manis lainnya

Cara membuat:

  1. Masukkan tepung terigu dalam wadah, tuangi air sambil diaduk menggunakan whisk hingga tercampur rata
  2. Masukan telur, aduk terus sambil menambahkan gula pasir, susu bubuk, soda kue dan garam. Aduk terus sampai adonan licin tidak bergerindil dan sedikit berbuih.
  3. Tutup dengan lap atau penutup plastik selama 60 menit.
  4. Panaskan wajan teflon dengan api kecil sampai panas.
  5. Menggunakan cup atau cangkir, ambil adonan disesuaikan dengan besarnya teflon (untuk satu adonan ini saya bagi 6, dituang ke wajan ukuran 15 cm) lalu beri tambahan soda kue kira-kira 1/4 sdt atau seujung sendok teh. Aduk cepat merata lalu langsung tuang adonan ke wajan.
  6. Tunggu sampai permukaan adonan mulai bergelembung lalu tutup agar adonan martabak manisnya semakin berpori. Kecilkan apinya supaya lapisan bawah kulit martabak tidak gosong.
  7. Setelah makin banyak pori yang terbentuk, beri mentega dan taburi sejumput gula pasir, tutup lagi dan matikan kompor, biarkan martabak masak dengan sisa panas dari dasar wajan.
  8. Setelah permukaan adonan martabak tidak tampak basah dan kulit bagian bawahnya matang, angkat martabak, beri taburan dan olesan isian sesuai selera dan cucuran susu kental manis.
  9. Lipat atau potong martabak, untuk sentuhan akhir olesi kulit martabaknya dengan mentega. Potong menurut selera & hidangkan.

Martabak manis super kenyal siap dinikmati. Selamat mencoba, urban mama!

20 Comments

  1. siska.knoch
    Siska Knoch December 26, 2014 at 12:41 am

    Wow.. ini nih yg di tunggu2 resepnya, tfs tiara,,
    btw kalo di kocoknya pakai mixer ga bisa ya?

  2. ZataLigouw
    Zata Ligouw December 26, 2014 at 6:23 am

    makasih resepnya Tiara, kebetulan banget anak2 doyan martabak bangka, daripada beli kan enakan bikin sendiri :)

  3. ipeh
    Musdalifa Anas December 26, 2014 at 6:32 am

    Selama ini sering beli adonan martabak instant ternyata bikin martabak gak susah ya. Tfs tiara, buru2 pengen nyoba bikin

  4. eka
    Eka Wulandari Gobel December 26, 2014 at 6:56 am

    sukaa banget martabak bangka! TFS tiara! mau coba bikin ah, semoga berhasil

  5. Kira Kara
    Bunda Wiwit December 26, 2014 at 8:40 am

    waaah… resepnya menggoda! Apalagi martabak itu favorite banget yaa?! Jadi penasaran euy. TFS Tiara :)

  6. cindy
    cindy vania December 26, 2014 at 1:10 pm

    Tfs ya mba Tiara,akan segera dicoba pakai resep ini.
    biasanya pake yang instan :p

  7. hananafajar
    hanana fajar December 26, 2014 at 2:33 pm

    wahhh…penasaran juga pengen coba bikin martabak..tfs mba tiara:)

  8. tiara.k
    Tiara Kusumawardhani December 26, 2014 at 2:40 pm

    Dikocok pakai mixer bisa juga, tapi tidak perlu lama2, asal sudah tercampur rata dan sedikit berbuih. Oh ya, kunci pada keberhasilan resep ini adalah cetakan yang benar2 panas, baru dituangkan adonan yg sebelumnya sudah di berikan soda kue. Kalau cetaka kurang panas, hasilnya tidak akan berpori, dan cenderung bantat.

  9. mama adlan
    tita novita December 27, 2014 at 2:18 pm

    Uuuh, menggoda!!

  10. deravee03
    deravee03 December 27, 2014 at 2:28 pm

    Mau coba juga ah:) pertama x nyobain bikin martabak gagal. Siap2 bereksperimen lagi:D

  11. gabriella
    Gabriella Felicia December 28, 2014 at 3:49 pm

    Duh enak banget nih kelihatannya. Cuaca dingin sering hujan kayaknya enak buat ngemil martabak hangat!

  12. dinasaurus
    dinasaurus December 29, 2014 at 9:22 am

    tfs mba tiara :)
    mau tanya nih. klo teflon yg dipakai itu cetakan khusus martabak atau bisa pakai teflon yang biasa dipakai untuk bikin ceplok telur? *pertanyaan newbie* :D

  13. ninit
    ninit yunita December 29, 2014 at 11:03 am

    waduuuuh liat fotonya siapa coba yang ngga pengen langsung cepet2 nyobaaa!

    tfs yaaa mama tiara. :)

  14. tiara.k
    Tiara Kusumawardhani December 29, 2014 at 11:21 am

    teflon itu maksudnya penggorengan / wajan yg lapisan teflon atau anti lengket mb, jadi bukan yg khusus buat martabak , silahkan mencoba ya :)

  15. tiara.k
    Tiara Kusumawardhani December 29, 2014 at 11:22 am

    ayo mb ninit Yunita, monggo dicoba mumpung liburan nih hehehe

  16. riscamomlifa
    riscamomlifa December 30, 2014 at 7:24 am

    wow… tfs mba… ak dah berapa x coba resep martabak..cuma mmg rasanya kurang pas… coba aaahhh :)

  17. Sienna22
    Sienna22 December 30, 2014 at 11:28 am

    Wah, ini kue kesukaan Hubbyku :)

    Tfs ya, mba Tiara :)

  18. friday
    friday February 16, 2015 at 3:27 pm

    dicoba ah.. tfs mba tiara

  19. ogep
    ogep April 19, 2015 at 11:24 pm
  20. yanichan
    yanichan July 9, 2016 at 11:26 pm

    Nanya Mba.. Itu di point no.3 beneran ditutup selama 60 menit? Karena kalau di tukang martabak kan cepet yah.. CMIIW

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.