Martabak Manis

Bunda ShidqiSelma

Siapa bilang bikin martabak itu susah? Yuk! Kita coba membuatnya sendiri. Urban Mama tentunya sudah memiliki peralatannya di dapur yang bisa digunakan untuk membuat martabak ini. Kita tidak perlu sering-sering membeli martabak di luar dan tak perlu antre.

Resep ini sudah sering saya praktikkan.

Resep Martabak Manis
Bahan:

      350 gram tepung terigu (kunci biru).
      75 gram gula pasir.
      3 butir telur, dikocok sebentar (pakai sendok biasa juga bisa).
      500 ml susu hangat (bisa susu bubuk/santan + 450ml air hangat).
      5 gram ragi instant.
      ½ sendok teh baking powder.
      ½ sendok teh garam.

Cara Membuat:

      1. Campur tepung terigu, gula, ragi, baking powder dan garam, aduk rata.
      2. Masukkan telur, aduk rata. Tambahkan susu hangat, aduk kembali, sampai adonan benar-benar tercampur dan halus tidak ada gumpalan.
      3. Tutup dengan lap. Diamkan adonan hingga mengembang selama 1.5 jam.
      4. Masukkan dalam wajan anti lengket atau wajan yang tebal (saya menggunakan happycall) dengan api sedang. Jika sudah tampak lubang-lubang meletup baru wajan ditutup sebentar. Jika api kurang panas, adonan tidak bisa berlubang.
      5. Lalu kecilkan apinya, tunggu 1 menit.
      6. Buka tutupnya, taburi gula pasir, sampai adonan tipis dipinggir wajan dah mulai mengelupas, angkat.
      7. Olesi permukaan martabak dengan butter/margarin, taburi macam-macam toping sesuka hati.
      8. Siap santap.

Di resep ini saya menggunakan susu hangat. Saya pernah nonton chef juri di Mastechef Australia mengatakan dengan susu hangat membuat adonan memiliki suhu kamar (30′C), dengan demikian bakteri di dalam ragi menjadi nyaman, sehingga membuat adonan mengembang dengan baik.

Dengan resep ini, bisa jadi 2 loyang martabak. Selamat mencoba, Mama!

9 Comments

  1. ninit
    ninit yunita September 21, 2013 at 8:35 am

    iyaaa senengnya yaaa udah bisa bikin martabak sendiri, kalo lagi males beli… tinggal bikin aja :) udah dapet martabak yang enak daaan pastinya jadi hemat juga.

  2. eka
    Eka Wulandari Gobel September 21, 2013 at 5:40 pm

    yummm! jadi pengen makan martabak deh :)

  3. ceknonapresident
    eka Sartika September 22, 2013 at 11:51 am

    Terima kasih resepnyaaaaa… td pagi saya coba buat, sangat mudah dan enaaaaàkkk… toppingnya pake jagung kalengan + kismis + keju… Althaf habis smp 3 potong, sepupunya jg pada rebutan makannya… jd bangga deh secara kan saya gm bs masak! TFS ya ma :*

  4. Bunda ShidqiSelma
    BundaShidqi Lia September 22, 2013 at 8:58 pm

    aduh senangnya mama Eka Sartika sudah mencoba dan Althafnya suka, jadi kepengen terus nih eksperimen, terimakasih yaa ^_^

    mama Eka Wulandari, coba deh, gampaaang ^_*

    mama Ninit, pastinya ketahuan bahan bakunya dan higienisnya :)

  5. Inayati
    Inayati September 25, 2013 at 7:32 pm

    tepung terigunya bisa diganti dg yang lain ndak ya? di sini ndak ada yang merk kunci biru nih :(

  6. Mir
    Marlin September 25, 2013 at 11:33 pm

    moms,
    seriusan ini gak perlu pake mixer? trus nutup adonannya pake lap yg dibasahin kan ya?

  7. lusichan
    lusichan September 26, 2013 at 8:02 am

    Susu hangatnya pake apa ya Bun? Fresh milk yang dihangatkan? Kalo pakai susu bubuk perbandingan susu dengan air hangatnya berapa yah? Pingin cobaaaa

  8. Bunda ShidqiSelma
    BundaShidqi Lia September 27, 2013 at 8:32 am

    @inayati: kayanya bisa mbak, pakai terigu segitiga :).. aku belinya di indomaret

    @Marlin: serius mbak aku pakai sendok biasa, aduknya putar terus, kira2 5 menit lah. Kalau mbak mau pakai mixer bisa aja, tapi cuma sebentar krn tidak membutuhkan telur kaku..
    Iya aku pakai lap lembab..
    selamat mencoba :)

    @lusichan: yap, aku pernah pakai susu segar di angetin sebentaaar aja (tdk sampai ada gelembung didih), pernah juga pakai susu bubuk + air hangat (setara hangat susu botol)
    coba ya mbak, lumayan :)

  9. yuniastuti
    yuniasih dwi astuti October 2, 2013 at 10:47 am

    mau nyoba ahhh…pernah nyoba resep laen gatot…alias gagal total.martabaknya kerasssss…doakan semoga berhasil yah…:)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.