Martabak Manis Mini

Nieke

Sudah lama sekali ingin membuat martabak mini. Soalnya saya sudah lama membeli cetakannya, tapi jarang dipakai. Sebelumnya cuma pernah dipakai 2x, yang pertama untuk pancake mini, dan yang kedua untuk telur mata sapi. Nah, kali ini benar-benar mencari resep martabak mini. Soalnya seluruh anggota keluarga suka banget sama martabak ini. Akhirnya saya menemukan resep martabak mini dari Mbak Rina di sini. Ternyata cara membuatnya cukup mudah.

Ini resepnya:

Martabak 5

Bahan-bahan:

  • 250 gr terigu serbaguna (saya pakai segitiga biru)
  • 50 gr gula pasir
  • 1/4 sdt baking powder
  • 1/4 sdt garam
  • 300 cc susu cair
  • 3 butir telur
  • 30 gr gula
  • 1/2 sdt fermipan/ragi instan
  • 1/4 sdt baking powder
  • 50 gr mentega

 

Taburan di atas:

  • butter
  • gula pasir
  • susu kental manis
  • keju parut
  • cokelat meises

Cara membuat:

  1. Campur jadi satu terigu, gula, baking powder, dan garam.
  2. Masukkan susu sedikit demi sedikit sambil di aduk dengan whikser.
  3. Setelah tercampur rata masukkan fermipan.
  4. Istirahatkan selama 30 menit.
  5. Di tempat lain kocok telur dan gula (kocok lepas aja pakai garpu).
  6. Kemudian masukkan ke dalam adonan yg sudah di istirahatkan selama 30 menit.
  7. Panaskan mentega hingga cair, dinginkan sebentar.
  8. Masukkan mentega cair, aduk.
  9. Masukkan baking powder dan aduk kembali hingga adonan tercampur rata.
  10. Panaskan cetakan, ambil 1 sendok sayur cetakan, goyang-goyangkan cetakan hingga terbentuk tepian martabak, biarkan adonan hingga mengembang.
  11. Taburi  bagian atas adonan dengan gula.
  12. Tutup cetakan dan tunggu hingga matang.
  13. Angkat martabak dari cetakan dan beri olesan butter.
  14. Kemudian beri susu kental manis dan keju atau meises atau topping sesuai selera sebagai taburan.

Catatan:

  1. Gula dan baking powder ditulis 2 kali, bukan karena salah ketik, tapi memang dimasukkan ke adonan dalam waktu yg berbeda.
  2. Masaknya dengan api kecil saja, kalo di komporku saya pakai api nomor 3.
  3. Cetakan dioles mentega tipis saja, kalau terlalu tebal adonan nanti tidak akan menempel di cetakan, jadinya bisa bantat. Karena cetakan yang saya pakai jenis antilengket, jadi tidak pakai mentega lagi sebagai olesan, sementara di adonannya sendiri juga sudah ditambahkan mentega cair.

Martabak ini teksturnya empuk di bagian dalam dan crispy di bagian pinggirnya. Kalau saya sih lebih merekomendasikan topingnya diberikan saat martabak sudah hampir matang, jadi toping dapat lumer dan sedikit lebih menyerap ke dalam adonan. Jangan lupa hidangkan martabak ini hangat-hangat segera setelah diangkat dari cetakan. Karena jika dibiarkan agak dingin – meskipun martabak tetap empuk – rasanya jadi kurang sedap. Kreasikan juga toping sesuai dengan selera. Saya sudah mencoba martabak ini dengan toping durian, es krim oreo dan nutella, rasanya jadi tambah enak!

Selamat mencoba ya, Urban Mama!

9 Comments

  1. hananafajar
    hanana fajar August 15, 2014 at 9:29 am

    wah sepertinya enak banget nihhh mom nieke:)
    Jadi pengen coba ntar…
    tfs ya mba:)

  2. bellaacom
    bellaacom August 15, 2014 at 11:11 am

    saya sudah cari2 loyang kecil gitu tapi ga ketemu juga
    belinya dimana ya mba?

  3. ZataLigouw
    Zata Ligouw August 15, 2014 at 6:33 pm

    wahh ini mah harus beneran dicoba, anak2 pasti sukaa banget, soalnya sekeluarga doyan martabak heheh..

    makasih Niekeee..

  4. gabriella
    Gabriella Felicia August 15, 2014 at 8:29 pm

    Ya ampun Nieke… gw juga punya loyang kayak gitu tapi gak pernah kepikiran buat bikin martabak mini! Wah langsung pengen coba deh sekarang… TFS ya…

  5. Nieke
    Nieke August 19, 2014 at 4:40 pm

    @hanana fajar: sip Ma, semoga berhasil ya Ma ;)
    @bellaacom: saya nitip sama temennya Mama yg waktu itu ke Jkt mba :)
    @Zata Ligouw: hihii.. bener mba keluargaku jg pada doyan, selamat mencoba mba! ;)
    @Gabriella Felicia: iya mba aku juga baru kali ini dibuat martabak mini, lucu-lucu deh mba jadinya :D

  6. mummyhilya
    Ummi Kaltsum August 20, 2014 at 10:35 am

    nieke, makasih resepnya, variasi dr yg biasa kubuat :) naksir cetakannya. itu yg 90rb an kan ya?

  7. MammaMia
    Mia Kartina Salim August 20, 2014 at 1:34 pm

    Yummy!! pingin coba nih. beli cetakan dimana?

  8. bubu dan aira
    Didin Hartojo August 24, 2014 at 7:11 am

    Sudah dicoba smpai 2x. Yg pertama ga berhasil mengembang, mirip pancake aja jdinya. Yg kedua bru bisa tinggi+berlubang2 kyk punya mas2 :p ternyata benar hrus nunggu mengembang dulu bru ditaburin gula. Dan cuman pake teflon pan biasa aja dan pke coklat masak colata aja. Yum2, thanks mama nieke :D

  9. Ummu Alfathoni
    Ummu Alfathoni February 12, 2015 at 4:56 pm

    Mantab resep martabak mininya…terima kasih mom

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.