Me Time: Taking Time for Yourself

Sering sekali kita mendengar istilah'me time'. Apa sih sebenarnya me time itu?

Setiap orang mungkin memiliki definisi yang berbeda-beda, tapi kalau menurut saya, me time adalah melakukan sesuatu yang berkualitas untuk diri sendiri.

Contohnya membaca buku, entah baca buku tentang parenting, novel Sherlock Holmes, Detective Conan, ataupun buku-buku karya Robert Kiyosaki, Dale Carnegie dan masih banyak lagi. Selain membaca buku, dari kecil saya senang sekali menyanyi. Menyanyi dengan minus one dari youtube saja sudah bisa membuat saya senang sekali!

metime_reading

Namun sejak punya anak yang masih bayi, bisa makan dan mandi dengan tenang tanpa gangguan rasanya sudah mewah sekali. Belanja ke supermarket sendirian atau ke salon untuk merawat diri dengan sesi pijatan itu rasanya sudah seperti liburan! Sesama ibu-ibu pasti bisa mengerti rasanya.

Selain me time, berduaan bersama pasangan sekadar makan di luar atau movie date itu tak kalah pentingnya! Betul deh. Kalau tidak menggunakan jasa baby sitter, coba minta bantuan orang terdekat missal neneknya atau kakeknya buat titip anak sebentar. Yah, kira-kira dua sampai tiga jam juga cukup. Dan yang pasti, orangtua kita juga senang kalau bisa main bersama cucunya, kan? Ada kalanya seorang istri yang juga seorang ibu itu butuh berduaan sama pasangan, karena itu juga bermanfaat untuk menjaga kualitas hubungan dengan suami.

 metime_2

(kredit foto: www.pexels.com)

 

Melakukan hal-hal yang sifatnya membuat diri kita refresh sejenak itu juga sangat bermanfaat, to recharge your mind, energy, mood and health. Karena dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang membuat kita senang, otomatis tubuh akan menghasilkan dan meningkatkan hormon endorfin yang membuat badan lebih rileks dan bahagia.

Setiap orang punya me time yang berbeda-beda, ada yang senang traveling, olahraga, shopping, chill out with friends, atau bahkan sekedar bersantai tidur-tiduran seharian di kamar sambil mendengarkan musik. Yang pasti semua itu bisa bikin kita santai. Jadi sudah tidak ada alasan lagi untuk bosan di rumah dengan rutinitas yang itu-itu saja. Sudah bukan saatnya lagi hanya berkeluh kesah karena jenuh. Do not torture yourself with complaining things, it's time to turn your mindset into solving things. Believe me, I have been there. Karena hanya mengeluh tidak akan mengubah suatu hal jadi lebih baik, justru sebaliknya. Akan selalu ada hal-hal menarik yang bisa kita lakukan.

metime_reading

(kredit foto: www.pexels.com)

 

Salah seorang teman baik saya berkata, kalau perempuan itu suka merasa serba salah, mungkin ia butuh me time! Setuju atau tidak, yang pasti sih everyone needs to do something that can refresh their mind from their hectic activities. Right?

So, make time for yourself.

14 Comments

  1. avatar
    Cindy Vania January 31, 2017 11:04 am

    Kalo aku sekarang me-time nya baca buku sambil dengerin lagu di pojokan kamar :D

    1. avatar
      Widyana Dewi Febrianti February 1, 2017 5:20 pm

      feels like dating ourself yah mbak Cindy, damai banget rasanya hihihi

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  2. avatar
    nonriri January 30, 2017 3:16 pm

    tapi kok asa kepikiran anak terus walaupun lagi "me time"
    - creambath di salon, mikirin anak, kepikiran lagi ngapain
    - belanja ke supermarketi, mikirin anak, kepikiran barang ini pasti kay butuh, kemarin barang kay apa aja yang abis
    - nonton sama suami, ngobrolinnya anakkk...truss

    yang ada pengen cepet pulang hohoho, kumaha iye

    1. avatar
      Widyana Dewi Febrianti February 1, 2017 5:19 pm

      nonriri, hahahaa ya begitulah yaa emak-emak atuh da namanya juga. baru pisah 1-2 jam juga udah kangeenn

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  3. avatar
    Eka Gobel January 30, 2017 3:05 pm

    Setuju deh. Me time kesukaanku baca buku di kedai kopi sambil dengerin musik. Atau smule-an di mobil di parkiran sekolah anak juga udah happy banget! :)

    1. avatar
      Widyana Dewi Febrianti February 1, 2017 5:17 pm

      hai mbak Eka, iiih sama dong ya suka nyanyi. smule-an nagih banget :D

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  4. avatar
    Siska Knoch January 30, 2017 10:32 am

    Setuju, tiap orang khususnya seorang mama wajib punya me-time apapu jenis kegiatannya selama positif, sendiri atau berkelompok dirumah di mall atau kegiatan diluar lainnya mesti punya!
    gue malah punya 3 macem versi me-time hahaha me time singkat: masuk kamar, dengerin musik, nyalain aromaterapi, maskeran sambil browsing ini paling cepat murah dan deket!
    versi sedeng ikutan gathering dansa, nonton sama teman sesama mama atau ngopi bareng 1-2 jam sebelum jemput anak juga refresing sekali. versi ketiga keluar kota bareng suami tapi ini hampir ga pernah juga karena ujung2nya ga tega ninggalin anak-anak :D

    1. avatar
      Widyana Dewi Febrianti February 1, 2017 5:16 pm

      baru loohh aku denger ada 3 macam versi me time hahaha! dan yang nomer 3 itu bener bgt deeh udah kepikiran dan kangen anak kalo pergi tanpa anak :D

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  5. avatar
    Leila Niwanda January 27, 2017 4:43 pm

    Mengaku suka baca buku tapi akhir-akhir ini me time-nya lebih banyak browsing, hehehe... Berasa sayang kalau ninggalin buku yang belum selesai soalnya.

    1. avatar
      Widyana Dewi Febrianti January 27, 2017 7:11 pm

      wah iyaambak Leila, browsing juga suka bikin jd seru sendiri! :D

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.