Melahirkan di RS Kemang Medical Care

Hampir dua bulan yang lalu teman saya, sebut saja Kinan, melahirkan anak keduanya di rumah sakit ibu dan anak (RSIA) yang sama seperti saat kelahiran anak pertamanya yaitu di Kemang Medical Care (KMC). Tentu saja timbul kekhawatiran dan keraguan bagi ibu muda seperti Kinan untuk memutuskan mau melakukan persalinan di mana, juga sejumlah pertanyaan apakah KMC memberlakukan Inisiasi Menyusu Dini (IMD), rawat gabung (rooming in) serta pemberian ASI eksklusif.

Alasan pertama Kinan melahirkan di KMC adalah karena Kinan sudah nyaman dengan dr. Ridwan, SPOG, dokter kandungan yang selama ini dikunjungi Kinan untuk mengontrol kehamilannya sejak anak pertama hingga anak keduanya. Baginya, dr. Ridwan merupakan dokter yang mampu menjawab semua kekhawatiran kehamilannya dengan gaya yang supel dan ramah. Selain itu, dokternya mau menjawab pertanyaan-pertanyaan pasiennya seputar keluhan kehamilan lewat WhatsApp dan jawabannya selalu bisa menenangkan hati Kinan.

Menurut Kinan, walaupun jarak dari rumahnya ke KMC cukup jauh, KMC merupakan pilihan yang tepat baginya untuk melakukan persalinan karena tenaga medis yang ramah, bersahabat, profesional dan pro partus spontan. Selain itu, KMC juga menerapkan IMD, mendukung pemberian ASI eksklusif dan rawat gabung di mana bayi hanya akan dipisahkan dari ibunya apabila sudah tiba saatnya mandi. 

Faktor lain yang membuat Kinan memilih KMC juga adalah tempatnya bersih, rapi dan nyaman dan ada gerai perlengkapan kebutuhan ibu dan anak di lantai dasar RSIA tersebut, sehingga apabila ada beberapa perlengkapan yang tertinggal atau lupa dibawa dapat langsung dibeli di sana.

Walaupun proses persalinan Kinan tergolong cepat (untuk anak pertama hanya membutuhkan 1 jam 20 menit mulai dari masuk kamar bersalin sampai bayi lahir, sementara untuk anak kedua hanya membutuhkan 50 menit mulai dari masuk kamar bersalin sampai bayi lahir), dr. Ridwan tetap hadir menangani proses kelahiran kedua anak Kinan tanpa terlambat. Menurut Kinan, ini merupakan poin plus bahwa kehadiran dokter obgyn yang tepat waktu membuat dirinya yang sedang menjalani proses melahirkan menjadi aman dan secara psikologis menjadi lebih tenang.

Tenaga kesehatan seperti bidan dan suster pun sangat sigap membantu apabila diperlukan. Walaupun Kinan tidak mengalami kesulitan yang berarti selepas persalinannya, suster tetap menengok sesekali ke dalam kamar hanya untuk memastikan bahwa Kinan dan bayinya sehat-sehat saja.

Pelayanan yang ditawarkan KMC selain kontrol kehamilan dan persalinan, ada juga klinik laktasi serta kelas hypnobirthing pada akhir pekan. Untuk biaya persalinan dan rawat inap selama 3 hari dapat dibaca di sini

Kinan sendiri dirawat inap selama 2 malam di kelas VIP. Karena ibu dan bayinya sehat maka mereka diizinkan untuk pulang ke rumah.

Semoga informasi ini dapat membantu urban mama dalam memilih rumah sakit untuk persalinan nanti.

Kemang Medical Care
Jalan Ampera Raya No. 34, Jakarta 12550
Tel: (021) 2754 5454
Email: [email protected]
www.kemangmedicalcare.com

 

14 Comments

  1. avatar
    otie April 11, 2017 3:09 pm

    dr. Ridwan memang idola banget...hehehe....
    Jd lebih siap fisik dan mental utk VBAC kmrn karena sudah dicek dgn teliti oleh beliau.
    Walaupun akhirnya tidak persalinan di RS KMC krn relatif jauh dari rumah...

    1. avatar
      Honey Josep April 12, 2017 3:53 pm

      wah ternyata Otie sama dr Ridwan juga, asik ya dokternya :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  2. avatar
    Gabriella Felicia April 11, 2017 11:00 am

    Makasih ya buat informasinya, Honey...

    1. avatar
      Honey Josep April 11, 2017 2:32 pm

      sama sama Ella :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  3. avatar
    Cindy Vania April 10, 2017 1:54 pm

    Makasih buat infonya ya mba Honey! kebetulan banget ada temen yg lagi cari2 info ttg RS KMC ini..

    1. avatar
      Honey Josep April 10, 2017 5:40 pm

      dengna senang hati Cindy, semoga temanmu terbantu ya dengan informasi ini :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  4. avatar
    dieta hadi April 10, 2017 11:37 am

    terimakasih sharingnya hon, berguna nih buat mama yg di jkt yg mau melahirkan dan bisa untuk rekomendasi ke temen nih yg lagi hamil

    1. avatar
      Honey Josep April 10, 2017 5:38 pm

      sama sama Dieta, wah pas! Sekalian suruh sering sering main ke TUM ya :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  5. avatar
    Musdalifa Anas April 10, 2017 10:27 am

    Honey terima kasih infonya, sering dengar kalau KMC ini bagus dan rekomen banget. Semoga urban mama yang lagi mencari RS tempat melahirkan bisa jadi opsi ya.

    1. avatar
      Honey Josep April 10, 2017 5:38 pm

      dengan senang hati Ipeh, semoga bisa menjadi salah satu opsi untuk melahirkan :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.