Membangun Kebiasaan Tidur yang Baik pada Anak

Saya mendapat undangan dari The Urban Mama untuk menghadiri acara Indonesia Yakin #PakaiPampers yang berlangsung pada tanggal 2 April 2016 di Grand Indonesia, Fountain Atrium. Ini merupakan acara Pampers kedua yang saya hadiri, di mana event pertama yang dilaksanakan di bulan November 2015 bisa dibaca di sini.


Acara dibuka dengan talkshow bersama dr. Catharine M. Sambo, SpA mewakili IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) yang menyampaikan paparannya seputar tidur pada bayi dan anak. Tidur nyenyak yang cukup sangat penting bagi bayi dan anak terutama dalam tahun-tahun pertama kehidupan, karena perkembangan otak berlangsung pesat ketika ia sedang tidur.Kebutuhan tidur normal pada bayi dan anak, seiring usianya bertambah, semakin sedikit jam tidurnya. Sebagai contoh, bayi usia satu minggu butuh tidur sebanyak 16,5 jam, dengan komposisi 8,5 jam tidur malam dan 8 jam tidur siang. Sedangkan anak umur 3 tahun butuh 11 jam tidur malam dan 1 jam tidur siang.


Selain itu dijelaskan pula tanda anak cukup tidur yaitu dapat tertidur sendiri dengan mudah di malam hari, terbangun dengan mudah pada waktu bangun yang normal, serta tidak memerlukan tidur siang yang melebihi kebutuhan sesuai perkembangannya. Dr. Catharine M. Sambo, SpA juga memberikan tips membangun kebiasaan tidur yang baik pada anak yaitu (1) mengenali tanda mengantuk pada anak; (2) mengatur jadwal tidur yang konsisten; (3)membuat aktivitas rutin sebelum tidur; (4) tidur sebelum jam 9 malam; dan (5) self soothing. Beliau juga menambahkan, “Memilih popok yang tepat untuk menjaga agar kulit bayi tetap kering dan nyaman adalah salah satu hal terpenting. Siklus tidur bayi tidak terganggu, pertumbuhan fisik dan emosi-kognitif bayi dan balita berkembang dengan baik.”


Acara selanjutnya adalah Talkshow bersama Gisella Anastasia dan Artika Sari Devi selaku Brand Ambassador Pampers dengan didampingi oleh Febrina Herlambang, selaku Communications Manager Pampers.

Artika Sari Devi mengungkapkan, “Bagi saya, Pampers adalah popok terbaik bagi anak saya, Zoe, karena Pampers adalah pelopor popok pertama di dunia. Selain itu Pampers dipercaya oleh jutaan ibu di Indonesia. Kali ini Pampers mendapatkan rekor MURI sebagai pajangan foto bayi terbanyak. Ini membuktikan antusiasme dan dukungan ibu-ibu di Indonesia kepada Pampers!”

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Gisella, “Pampers mengadakan aktivitas yang sangat berkenaan dengan apa yang biasa dilakukan oleh ibu-ibu di Indonesia yaitu mengabadikan foto bayi. Saya senang sekali bisa menjadi bagian dari Pampers yang dipercaya oleh jutaan ibu Indonesia. Buat saya, sebagai seorang ibu, Gempi bisa tidur nyenyak dan nyaman sepanjang malam adalah prioritas saya. Sejauh ini Gempi selalu tidur nyenyak tanpa terganggu popok bocor dan kering sepanjang malam berkat menggunakan Pampers Baby Dry Pants. Saya dan Gempi tentunya sangat yakin #PakaiPampers.”

Febrina Herlambang, Communications Manager P&G menyampaikan “Pampers sebagai pelopor popok sekali pakai sangat berterima kasih kepada seluruh ibu yang mengikuti kontes tidur nyenyak #PakaiPampers. Kontes tersebut menembus MURI rekor karena begitu banyak ibu yang berpartisipasi. Ini menunjukkan keantusiasan ibu Indonesia yang yakin #PakaiPampers sebagai pilihan popok bayinya.”

Acara puncak adalah Selfie Massal Indonesia Yakin #PakaiPampers. Para Brand Ambassador Pampers dan Ibu-ibu serta anak-anaknya antusias sekali melaksanakan Selfie Massal tersebut.

MURI record unveiling. Rekor MURI terbaru untuk Pampers adalah rekor foto bayi tidur terbanyak yang memajang 11.700 foto di Grand Indonesia. Saya dan putri sulung saya sempat berfoto dengan berlatarkan kolase 11.700 foto pemecah rekor tersebut di foto bawah ini. Putra bungsu saya juga termasuk salah satu dari 11.700 foto tersebut loh.

Selesai acara saya mendapatkan Pampers Baby Dry Pants yang sekarang tersedia dalam kemasan satuan. Saya senang karena selama ini anak-anak saya cocok menggunakan Pampers Baby Dry Pants.

 

*tulisan ini adalah hasil kerja sama antara penulis dengan The Urban Mama dan Pampers.

7 Comments

  1. avatar
    Cindy Vania April 16, 2016 9:29 am

    Seru banget acaranya mama Otie! Kebayang hebohnya waktu selfie bareng-bareng :D

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Retno Aini April 15, 2016 1:24 am

    Serunyaaa acaranya ada selfie massal juga :D tapi iya ya, pampers itu memang juaranya popok bayi deh. Bagus ya skrg udah ada kemasan satuan, pergi2 bawa popok jadi lebih praktis bawanya.

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    musdalifa anas April 10, 2016 11:53 am

    otie, sayang banget gak bisa ikutan acara ini kemarin karena bentrok dengan TUM Modern Mama, padahal kebayang ya serunya. Anak-anak bisa naik coco train gratis, dengar talkshow dari narsum, ketemu Gempi dan ikutan wefie massal. Ack keren banget, sama nih ma Gempi, Yoona juga semakin Yakin #PakaiPampers.

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    hanana fajar April 8, 2016 9:44 am

    seru banget acaranya apalagi ada selfie massal..uwww..hihihi...

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Eka Gobel April 8, 2016 7:48 am

    Baru tau kalo skrg ada baby dry pants yg kemasan satuan. Jadi makin praktis ya, cocok untuk dibawa bepergian. Seru banget otie pastinya selfie bareng kebayang ibu2 sama bayinya heboh ya :)
    Makasih otie sharingnya tentang membangun kebiasaan tidur yg baik.

    1. avatar

      As .