Memilih Breast Pump yang Tepat

Saat masih hamil Vino, saya sudah mulai membaca-baca tentang berbagai jenis breast pump di internet maupun majalah, terutama di forum theubanmama. Saya perlu breastpump untuk memompa ASI agar saya punya stok yang cukup kalau sewaktu-waktu harus pergi meninggalkan Vino di rumah. Selain harus menghadiri meeting-meeting terkait dengan pekerjaan, saya juga menjadwalkan untuk pergi berdua saja dengan Migu, putra sulung saya, minimal seminggu sekali.

Saya ingin mencari manual breast pump yang ringan dan simpel sehingga mudah dibawa-bawa. Kebetulan saat baru melahirkan saya mendapatkan kado manual breast pump Dr.Brown’s. Wah, pas sekali karena saya juga sudah punya beberapa botol Dr.Brown’s untuk memberikan ASIP pada Vino. Ternyata manual breast pump ini adalah salah satu produk terbaru dari Dr.Brown’s yang selama ini terkenal dengan botol susu mereka yang berkualitas tinggi.

Saya sudah mencobanya beberapa kali, ternyata enak dipakainya dan nyaman. Gerakannya menyerupai gerakan isapan bayi, sehingga membantu agar ASI keluar secara alami. Breastcup-nya lentur dan rata (tidak kerucut), menyerupai mulut. Pada awalnya saya sempat heran karena ASI keluarnya agak lama, tapi karena gerakan yang dihasilkan breast pump ini seperti memijat, jadi saya tetap melanjutkan. Ternyata setelah itu ASI saya keluar dengan lancar, dan setelah saya baca-baca, manual breast pump Dr.Brown’s ini memang didesain khusus untuk menghasilkan isapan alamiah.

Pengalaman saya memakai manual breast pump Dr.Brown’s ini terasa berbeda dengan pengalaman memakai breast pump saat anak pertama saya dulu yang kadang menimbulkan rasa sakit. Kali ini  rasanya seperti memijat lembut ke dalam dan keluar, sehingga benar-benar membantu agar saya bisa nyaman saat memompa ASI. Tekanan lembut (gentle compression) itu memang didesain untuk mengurangi rasa sakit dan terjepit.

Selain itu, manual breastpump Dr.Brown’s ini tidak terdiri dari terlalu banyak bagian kecil-kecil yang membuat ribet atau takut ketinggalan di rumah. Enak untuk dibawa-bawa karena ringan, dan hanya menyita sedikit ruang di tas saya. Manual breastpump ini juga dilengkapi dengan botol Dr.Brown’s 120 ml Wide-Neck. Jadi sudah lengkap sekali ya urban mama!

Karena tidak punya terlalu banyak botol, dan agar menghemat tempat di freezer, saya juga menggunakan breastmilk storage bags dari Dr.Brown’s. Enaknya adalah kantong ini sudah steril dan bisa langsung digunakan untuk menyimpan ASIP, serta sudah ada tempat untuk menuliskan tanggal dan nama. Kantong ini juga aman jika dibekukan, tebal dan memiliki double zip seals untuk menjaga agar ASIP yang saya kumpulkan tidak tumpah. Jadi kalau saya harus pergi agak lama, saya tidak perlu membawa banyak botol untuk menyimpan ASIP, tapi bisa memakai kantong sehingga hemat tempat.

Berkat manual breast pump dan breastmilk storage bags dari Dr.Brown’s, saya bisa tenang kalau harus pergi meninggalkan Vino di rumah, seperti saat akan kencan bareng Abang Migu hari ini.

Informasi mengenai produk-produk Dr.Brown’s, Urban mama dapat langsung cek di sini.

9 Comments

  1. avatar
    homeymommy February 18, 2015 8:00 pm

    Boleh tahu ngga cara sterilisasi breastpump inu?makasih

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Gabriella F April 19, 2014 4:12 pm

    Wah, pasti membantu banget buat para busui yang lagi bingung pilih-pilih pompa. Tampaknya nyaman dipakainya ya...

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    yohana April 16, 2014 12:13 am

    jadi tertarik pengen nyobain dr Brown .. selama ini saya sulit pilih pompa , karena seringnya kesakitan dengan hisapannya

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    zata ligouw April 15, 2014 9:40 pm

    chika keren banget sih *salahfokus*

    makasih reviewnya mommyluvvv...

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Cindy Vania April 14, 2014 11:42 am

    waaaa,mommyluv bikin pengeenn..
    Aku lagi cari BP manual juga nih buat stok kalo lagi ninggal maghma.
    Ceki2 aah ;)

    TFS mommyluv.. kiss2 baby Vino dan abang Migu :*

    1. avatar

      As .