Mencari Aktivitas Luar Ruang untuk Bayi

allirabinda

Sejak melahirkan anak pertama saya, Lintang, 9 bulan, saya memutuskan untuk merawatnya sendiri tanpa bantuan pengasuh. Namun, keseharian saya di rumah mengurus bayi seringkali membuat suntuk karena kurangnya interaksi dengan dunia luar. Setelah Lintang berusia empat bulan dan sudah enak untuk dibawa bepergian, saya mulai mengajaknya mengunjungi pusat-pusat perbelanjaan di seputar Jakarta, dengan alasan tempat-tempat itu rata-rata memiliki ketersediaan fasilitas menyusui yang aman dan nyaman. Namun setelah beberapa minggu berkunjung dari satu mal ke mal lainnya saya mulai merasa bosan dan juga kasihan dengan Lintang karena ia terus-terusan terpapar AC di dalam ruang tertutup, terkena cahaya-cahaya lampu yang terlalu terang, serta mendengar suara musik yang kerap diputar terlalu keras untuk telinga bayi.

Berkenalan dengan rumput di Taman Jogging Kelapa Gading

Saya pun mulai mencari alternatif kegiatan di luar ruangan yang ramah untuk bayi dan tentunya ramah untuk dompet ibunya! Walaupun Jakarta terkenal akan ratusan malnya, ternyata banyak juga fasilitas umum seperti taman yang tersedia gratis untuk dinikmati oleh masyarakat. Berikut adalah taman-taman yang cocok untuk dikunjungi bersama bayi atau anak yang masih kecil:

1. Taman Jogging Kelapa Gading, Jakarta Utara

Taman yang terletak bersebelahan dengan Bundaran Kelapa Gading ini memiliki fasilitas jogging track yang cocok untuk dilewati stroller, taman bermain yang aman untuk anak kecil, toilet dengan air bersih, bangku-bangku taman yang nyaman, serta pohon-pohon tinggi yang rimbun. Taman ini dikelola oleh pihak swasta sehingga kebersihan dan keamanannya cukup terjaga. Selama berkunjung ke sana belum pernah kulihat ada yang merokok. Dalam waktu dekat, Taman Jogging Kelapa Gading 2, yang terletak di seberang jalan, juga direncanakan dibuka untuk umum.

Menjajal taman bermain di Taman Jogging Kelapa Gading

2. Taman Langsat, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Taman yang sempat menjadi “Hidden Park” pada tahun 2012, memang letaknya agak tersembunyi. Berbeda dengan Taman Ayodya di sebelahnya yang ramai, Taman Langsat justru sepi dan cocok untuk membawa bayi serta anak kecil jalan-jalan menyusuri jogging track-nya.

Belajar merangkak di Taman Honda Tebet

3. Taman Honda, Tebet, Jakarta Selatan

Taman rimbun yang terletak di belakang Rumah Sakit Tebet ini memiliki jalan-jalan setapak yang panjang, kawasan amphiteater, taman bermain anak, lapangan sepak bola, serta hamparan rumput yang luas di mana-mana. Dengan dijadikannya Taman Honda sebagai Hidden Park tahun 2013, lokasi itu telah dipercantik dengan bangku-bangku taman serta berbagai jenis peralatan olahraga. Nilai plus lainnya, taman ini memiliki fasilitas toilet dan mushola yang bersih.

Selain ketiga taman di atas, terdapat ruang terbuka hijau lainnya seperti Taman Situlembang, Taman Suropati, dan Taman Monas di Jakarta Pusat; Taman Cattleya dan Hutan Kota Srengseng di Jakarta Barat; serta Taman Terasering Pondok Indah dan Hutan Kota Sangga Buana di Jakarta Selatan yang bisa dikunjungi bersama bayi dan anak kecil. Beberapa taman baru juga tengah dikembangkan oleh Pemprov DKI Jakarta seperti Taman Waduk Pluit di Jakarta Utara dan Taman Waduk Ria Rio di Jakarta Timur.

Tentunya setiap taman memiliki fasilitas umum yang berbeda-beda karena tidak semuanya menyediakan toilet umum atau taman bermain misalnya. Berhubung ruang menyusui masih belum dapat ditemui di taman-taman kota, untuk kenyamanan dalam menyusui si kecil jangan lupa membawa apron menyusui ke mana pun Anda pergi.

Melihat jajanan es goyang ketika Car Free Day di Jalan Thamrin

Aktivitas luar ruang lainnya yang cocok untuk bayi adalah Car Free Day yang diselenggarakan di sepanjang jalan Sudirman – Thamrin di Jakarta Pusat setiap hari Minggu dari pukul 6 pagi hingga 11 siang. Jalanan ditutup sepenuhnya dari akses kendaraan bermotor (kecuali bus Transjakarta di jalur busway), sehingga warga dengan leluasa bisa berjalan kaki, jogging maupun bersepeda di jalanan. Banyak keluarga muda yang membawa anak-anaknya menggunakan stroller pada kesempatan ini. Instalasi bangku-bangku taman di sepanjang kedua jalan utama ini juga sangat membantu sebagai tempat istirahat maupun menyusui bagi ibu dan anak-anaknya.

Bersantai di jalur hijau Jalan Merdeka Barat menanti lewatnya rombongan kirab budaya World Royal Heritage Festival

Dengan dikembangkannya Jakarta sebagai Kota Festival Budaya, semakin banyak pula kegiatan luar ruang yang menarik untuk diikuti, diantaranya kirab budaya serta karnaval jalanan yang kerap dilangsungkan di jalan-jalan utama ibukota. Di penghujung tahun 2013 telah diselenggarakan Kampung Art Festival serta World Royal Heritage Festival, yang keduanya melibatkan parade jalanan di seputar kawasan Jakarta Pusat. Pada acara-acara tersebut, jalan-jalan ditutup dari akses kendaraan bermotor sehingga warga dapat menonton atraksi budaya para seniman dari pinggir jalan. Untuk beberapa tahun ke depan, Pemprov DKI Jakarta tengah merencanakan beberapa festival lainnya yang tentu menarik untuk dikunjungi bersama keluarga.

Kini saya sudah sering membawa Lintang mengunjungi taman-taman di sekitar Jakarta, berjalan-jalan menggunakan stroller ketika Car Free Day, serta mengajaknya menonton rombongan kereta kencana keluarga-keluarga kerajaan dalam rangka World Royal Heritage Festival di Monas.

Bagi ibu-ibu yang haus akan hiburan alternatif yang berkualitas, cobalah ajak si kecil melakukan aktivitas-aktivitas di luar ruangan. Selain memberi si kecil pengalaman yang baru akan dunia luar, kegiatan tersebut akan menjadi hiburan yang menyegarkan bagi ibunya.

15 Comments

  1. miumee
    miumee February 17, 2014 at 1:28 am

    Like it!!!
    Cool lintang <3 seruu bgtt main2 rumputnyaaaa :*

    Thanks for sharing mel!!

  2. hananafajar
    hanana fajar February 17, 2014 at 10:43 am

    yeaaaay kereeen niiihhh artikeeelnyaaa mamaa lintaang…
    lintaaang enjooy bangettt kalo maiiin di tamaan gituuu yaah nak:***

  3. mama carlo
    mama carlo February 17, 2014 at 10:47 am

    yuk kapan2 qta merumput bareng…bosen juga sih ke mall truz yah.. wiken ini jadwalkan ajak carlo ke taman deh… tfs mel….

  4. kadekalmaniora
    Kadek Almaniora February 17, 2014 at 11:38 am

    tfs mel…ngeliat foto lintang jd tergugah ngajak alka ke taman main…hehehe…
    car free day yuuukk wiken ini….

  5. wikit
    wikit February 17, 2014 at 4:56 pm

    nice article…
    mau nyoba ah yg deket2 rumah ajah ^^

  6. ninit
    ninit yunita February 18, 2014 at 7:52 am

    setuju mel…
    paling suka ngajak anak ke tempat di luar ruang. di jakarta ada beberapa taman yang oke seperti yang ada di artikel ini.

    hiii kapan2 kalo di CFD ketemu, sapa2 yaaa… saya jg penggemar CFD sudirman :)

  7. fe
    fe February 18, 2014 at 3:37 pm

    keren2 ya taman2 di jakarta. biasanya cm ke tamkot bsd. mau jg aah ajak kenshin kesana

  8. Bunda MedinaMecca
    Bunda MedinaMecca February 19, 2014 at 10:27 am

    tengkyuuu referensi taman2nya ya mama lintang…
    *selama ini taunya cm taman menteng, suropati sm situlembang, situ situ aja. hihihi :)

  9. mrs.harmen
    mrs.harmen February 21, 2014 at 1:11 am

    Lintang…. ayuk main bola sama yuza di taman.. hihihi

    Belum pernah ngajak yuza Merumput… masih ketakutan kotor. Hahaha. Padahal Kotor Itu Baik…

  10. menok
    okky puspitasari February 21, 2014 at 11:09 am

    thanks for sharing mel…

    kalo alma-aida ke Jakarta, nge-date bareng Lintang ke taman-taman yaaa :3

  11. shashyafimanya
    shashyafimanya March 3, 2014 at 11:24 am

    wah, seruu sekali mom (maaf baru baca-baca, maklum newbie) :)
    bisa jadi alternative jalan2 weekend sama suami dan baby reksa.
    thanks for sharing mom :)

  12. bunaghaw
    bunaghaw May 7, 2014 at 11:37 am

    rasanya lebih fresh kalo outdoor ya dibanding ngemall..

  13. iikesyu
    yuyu May 14, 2014 at 6:10 am

    Wah… ada banyak banget taman ya ternyata, taunya cuma yang di Tebet, menteng, situlembang sama suropati *tutup muka*
    Asiiikk.. tfs Mel :) salam kenal juga moms :D

  14. Inke R. Amanda A.
    InkeAmanda May 20, 2014 at 3:40 pm

    Sama ma ninit, msi takut sama kotor bwt khalif *tutup muka*
    Keren meell artikelnyaaa..

  15. allirabinda
    Allira Binda March 1, 2016 at 3:19 pm

    Makasi ya mamak2 semua.. yuk kita naman bareng bocah :)

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.