Mengenal Bumi Kita Lewat Mini Ensiklopedia

Imelda Sutarno A working mom with two gorgeous krucils. Suddenly love the outdoor recreations as an impact of married with her scuba diver husband, Bambang. Take the kids from beach to the hill, from forest to the waterfall, will always give her (and her husband) joy and enthusiastic. Cooking isn’t her middle name but always trying to give her family the best food that she can. Now she lives in Jakarta.

Jika mendengar kata sains, yang terbayang di benak kita sudah pasti sesuatu yang rumit dan canggih. Itulah sebabnya kebanyakan ilmu sains diperkenalkan kepada anak-anak usia dini, dengan cara bermain, agar tidak membuat anak-anak takut dengan stereotype sains itu sendiri. Ilmu pasti itu, tidak melulu hanya seputar teknik membuat roket atau mengamati reaksi kimia pada percampuran baking soda dan deterjen. Sains juga termasuk mempelajari dan mengenali bumi sebagai tempat tinggal manusia.

Ada serial buku yang menarik untuk anak-anak, dan isinya membahas tentang segala hal yang berkaitan dengan bumi kita. Semacam mini ensiklopedia, yang disajikan sedemikian rupa hingga tidak membuat anak-anak yang membacanya jenuh apalagi pusing. Serial ini terdiri dari 4 buku, yaitu:

1. Bumi Tempat Kita Tinggal. Seri ini membahas geografi dan klimatologi bumi. Mulai dari cuaca dan iklim, dataran, benua, laut, udara, musim, semua dibahas di sini. Anak-anak diajak mengenal apa itu kutub dan gurun, apa fungsi udara dan matahari, apa itu air tawar dan asin, dan masih banyak lagi.

2. Bumi dan Penghuninya. Membahas tentang habitat tempat tinggal manusia, hewan dan tumbuhan. Diceritakan pula beberapa jenis tumbuhan dan hewan yang langka, serta aktivitas pelestarian lingkungan hidup.

3. Bumi Sumber Daya Kita. Membahas sumber daya yang bisa diperbaharui (misalnya tanah, air, hewan, sinar matahari) dan yang tidak (minyak bumi dan batu bara). Termasuk menjelaskan tentang bencana alam yang diakibatkan kelalaian manusia dalam menjaga sumber daya dan lingkungan.

4. Bumi dan Penyedia Kebutuhan Kita. Dalam buku ini dijelaskan tentang kebutuhan sandang pangan dan papan manusia. Termasuk pembahasan tentang sampah yang dihasilkan manusia dan cara menguranginya.

Yang menarik dari buku ini, semua cerita lebih banyak ditampilkan dengan ilustrasi gambar, sehingga memudahkan pemahaman anak-anak yang membacanya. Pada setiap buku disajikan pula aneka fakta seru yang membuka wawasan dan terkadang membuat kita tersadar betapa perlunya kita menjaga bumi dengan benar. Misalnya fakta bahwa plastik membutuhkan waktu hingga ratusan tahun untuk dapat terurai, dan setiap menit Indonesia kehilangan hutan seluas tiga kali lapangan sepakbola.





Selain fakta seru, disajikan pula glosarium terutama untuk menjelaskan kata-kata yang bagi sebagian anak terdengar asing di telinga. Misalnya apa itu fosil, metabolisme, rotasi, khatulistiwa, dekomposer, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, ada pula lembar aktivitas yang dapat digunakan untuk latihan. Contohnya aktivitas melengkapi siklus air sesuai gambar yang telah disediakan. Jadi anak-anak diminta mengisi titik-titik sesuai gambar siklus, mulai dari air laut kemudian menguap, kemudian menjadi awan, lalu akhirnya turun kembali ke bumi dalam bentuk hujan. Atau aktivitas mencocokkan gambar hewan dengan gambar habitat aslinya.



Di akhir buku, disertakan juga ajakan untuk menjaga bumi kita dengan cara-cara yang mudah dilakukan anak-anak. Misalnya mengurangi sampah, memilih naik sepeda dan berjalan kaki dibanding kendaraan bermotor, dan menggunakan serbet dibanding tisu.

Buku ini terlihat menarik karena penuh dengan ilustrasi dan warna. Orangtua perlu mendampingi anak-anak saat membacanya mengingat isinya yang cukup kompleks, misalnya tentang fungsi dari vitamin karbohidrat dan mineral dalam aneka makanan manusia. Lalu ada pula penjelasan tentang berapa persen ketersediaan air tawar di muka bumi, dan juga persentase wilayah laut Indonesia, ditambah lagi bahasan tentang aneka batu-batuan di muka bumi (obsidian, andesif, basal, dan masih banyak lagi).



Semoga dengan semakin mengenali bumi tempat kita tinggal, anak-anak juga dapat makin sadar dan berperan aktif dalam menjaga kelestarian bumi, meskipun dengan cara-cara yang sederhana. Yuk jadikan serial ini sebagai koleksi bacaan anak-anak di rumah.

Penulis: D.K. Wardhani
Ilustrator: InnerChild Studio
Penerbit: Tiga Ananda-Solo
Jumlah halaman: 36 halaman

6 Comments

  1. avatar
    ninit yunita August 4, 2017 10:13 am

    bacaan yang seru untuk weekend ini! reviewnya menarik as always. thanks mel!

    1. avatar
      Imelda Sutarno August 4, 2017 10:33 am

      terima kasih complimentnya mbak ninit :)
      Mari mengoleksi bukunya :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  2. avatar
    Cindy Vania August 3, 2017 9:28 pm

    Bukunya bagus banget!
    Masukin wishlist dulu ah :)

    1. avatar
      Imelda Sutarno August 4, 2017 9:45 am

      iya mbak cindy...jangakan buat anaknya, buat mamanya ini buku tergolong asik buat dibaca. Jadi semacam belajar pelajaran geografi lagi deh hehe. Yuk jadikan koleksi di rumah

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  3. avatar
    dieta hadi August 3, 2017 9:45 am

    Wah bukunya kece nih, bisa buat referensi anak-anak lebih kenal bumi lebih jauh dan lebih paham ya. Ilustrasinya juga kece jd bikin anak bakal betah bacanya.

    1. avatar
      Imelda Sutarno August 4, 2017 9:45 am

      betul mbak dieta. selamat mengoleksi yaaa

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.